10 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Wajib untuk Anda Kunjungi

10 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Wajib untuk Anda Kunjungi

Kota Solo atau yang dikenal dengan slogan “The Spirit of Java” memang menjadi salah satu kota di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi. Solo menyimpan banyak koleksi tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja hingga yang paling populer adalah wisata kuliner. Ada 10 tempat wisata kuliner di Solo yang wajib Anda cicipi saat berkesempatan ke Solo. Kira-kira ada sajian kuliner apa saja ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Selat Solo Mbak Lies

Wisata Kuliner di Solo
via goodindonesianfood.com

Pernah mendengar sajian Selat Solo? Selat Solo merupakan olahan masakan yang berisi potongan daging giling yang dikombinasikan bersama wortel, selada, buncis, kentang dan kacang polong. Selat Solo disajikan bersama siraman kuah kental dengan cita rasa manis asin yang sangat khas. Salah satu kuliner Selat Solo di Kota Solo yang paling populer adalah warung milik Mbak Lies yang berada di Jalan Veteran Gang Yudistira Cerengan Solo. Dijamin rasanya bakalan nampol banget dan bikin ketagihan.

2. Soto Gading Alun – Alun Selatan

wisata kuliner solo
via pergipergiyuk.com

Berkunjung ke Solo Anda bisa mencicipi salah satu jajanan kuliner yang populer yaitu Soto Gading yang berada dekat Alun-Alun Selatan Kraton Solo. Dari sekian banyak warung soto tersohor, warung soto ini memang yang paling rame pembeli. Nasi putih disajikan bersama mie soon dan suwiran daging ayam. Kuah bening yang kaya aroma rempah-rempah membuat pagi hari Anda terasa lebih hangat dan bersemangat.

3. Timlo Sastro

wisata kuliner solo
via travel.detik.com

Timlo memang sudah menjadi kudapan khas Solo yang dengan mudah ditemukan dimana saja. Mulai dari warung-warung kecil pinggir jalan hingga resto-resto banyak yang menyajikan kuliner tradisional khas Solo ini. Namun salah satu warung Timlo yang paling legendaris adalah Timlo Sastro yang sudah berdiri sejak 1952. Timlo sendiri merupakan sajian berupa sop kaldu ayam yang memiliki isian berupa wortel, ati ampela, sosis, kentang dan daging ayam. Sangat mantap dinikmati bersama kerupuk kulit.

4. Bale Padi Resto

wisata kuliner solo
via tripadvisor.com

Bale Padi Resto yang terletak di Jalan Kadilangu Baki Pandeyan ini juga menjadi salah satu wisata kuliner di Solo yang wajib Anda cicipi. Paling pas dinikmati bersama keluarga di tengah semilir angin nan sejuk yang memanjakan suasana. Uniknya, resto ini menyajikan menu masakan yang berbeda antara pagi dan malam hari. Pagi hingga sore hari biasanya disajikan empal gepuk, tumis tahu, oseng tempe pare dan gulai kakap. Sedangkan pada malam hari ada olahan seafood yang sangat lezat.

5. Serabi Notosuman

wisata kuliner solo
via isigood.com

Bagi masyarakat Jawa Tengah, serabi memang sudah populer sejak lama sebagai makanan khas tradisional. Tak terkecuali di Solo, ada warung serabi legendaris yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke kota ini yaitu Serabi Notosuman yang terletak di Jalan Moh. Yamin. Kuliner yang dibuat dari adonan tepung beras dan santan ini tidak pernah sepi peminat meskipun hanya tersedia dua varian rasa saja yaitu original dan coklat.

6. Es Dawet Telasih Milik Bu Dermi

kuliner khas solo
via foody.id

Dengan cuaca Kota Solo yang terbilang panas, pastikan Anda mencicipi kesegaran es dawet telasih milik Bu Dermi. Cukup mengeluarkan kocek sebesar lima ribu saja Anda bisa menikmati semangkuk es yang berisi bubur sumsum, ketan hitam, tape ketan, cendol dan biji telasih.

7. Es Gempol Pleret

wisata kuliner solo
via tribunnews.com

Selain es dawet, di Solo Anda juga bisa menemukan es gempol pleret Pak Suhar yang berada di Jalan Dr. Wahidin. saat ini tidak banyak yang menjual es ini. Gempol sendiri merupakan tepung beras yang dibentuk bulat pipih dan dipapatkan. Sedangkan pleret adalah adonan tepung beras yang dicampur dengan gula jawa. Gempol dan pleret dicampur menjadi satu dan disiram kuah es.

8. Nasi Liwet

nasi liwet kuliner khas solo
via resep-bunda.web.id

Kurang lengkap rasanya jika Anda tidak menjajal kenikmatan sajian kuliner khas Kota Kraton yang satu ini. Nasi liwet merupakan hidangan nasi putih gurih yang dilengkapi sayur labu, telur rebus dan suwiran ayam yang menjadi favoritnya masyarakat Solo. Salah satu warung nasi liwet yang populer adalah Warung Nasi Liwet Wongso Lemu yang sudah ada sejak 1950.

9. Tahu Kupat Pak Brewok

tahu kupat wisata khas solo
via kuliner.panduanwisata.id

Wisata kuliner di Solo yang satu ini berupa irisan ketupat yang dilengkapi kol, tauge, tahu goreng, dan mie kuning. Kuah kecap dan air bawang yang disiramkan diatasnya memiliki cita rasa yang sangat khas. Anda wajib menjajal Tahut Kupat Pak Brewok yang berada di Jalam R.M Said.

10. Sate Kere Yu Rebi

sate kari makanan khas solo
via food.detik.com

Buat Anda yang suka sate-satean, Sate Kere Yu Rebi bisa menjadi tujuan kuliner Anda saat berkunjung ke Solo. Sate ini dibuat dari jeroan sapi dnegan harga yang sangat terjangkau tentunya ketimbang dagingnya. Seperti sate-sate pada umumnya, sate kere juga disajikan bersama lontong dan sambal kacang.

Fyi, Kota Solo saat ini sudah memiliki platform travel terbaik yang bisa Anda manfaatkan saat berjalan-jalan ke Solo. Aplikasi ini bernama “Solo Destinastion” yang bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. “Solo Destination” sendiri merupakan inovasi Platform mCity di Kota Solo yang dikembangkan bersama PT Gamatechno Indonesia (Baca : Kembangkan Potensi Pariwisata Daerah dengan mCity ). Dengan aplikasi ini Anda bisa mendapatkan data dan informasi lengkap tentang Kota Solo mulai tempat wisatanya hingga spot-spot kuliner menarik seperti yang sudah disebutkan diatas. So, dalam satu platform Anda bisa mendapatkan informasi yang lengkap serta up to date.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment