11 Pekerjaan yang Diperkirakan akan Hilang Karena Perkembangan Teknologi

11 Pekerjaan yang Diperkirakan akan Hilang Karena Perkembangan Teknologi

Kemajuan teknologi berkembang pesat seiring perubahan zaman. Di era Revolusi Industri 4.0 di mana semuanya kita dituntut untuk tetap efektif dan efisien dalam melakukan pekerjaan. Tidak dapat dipungkiri, kehadiran teknologi memiliki andil yang cukup besar dalam hidup manusia, Kemudahan yang ditawarkan lewat teknologi menjadikan setiap pekerjaan yang dilakukan terasa lebih mudah dibandingkan tanpa adanya teknologi seperti sebelumnya.

Meskipun banyak kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi, seperti automasi, kecerdasan buatan, tetapi perkembangan teknologi di atas juga memiliki dampak negatif untuk manusia. Hal ini dikarenakan beberapa bidang pekerjaan bisa digantikan dengan hadirnya teknologi.

Berikut adalah 10 profesi yang diperkirakan akan punah beberapa tahun ke depan karena perkembangan teknologi :

1. Pengantar surat

pekerjaan yang akan punah, pengantar pos

Jumlah pekerja pos semakin hari semakin berkurang berkurang dan ada beberapa alasan yang menyebabkan hal tersebut. Perusahaan swasta seperti JNE, TIKI, Go-send, Grab-deliver, Wahana, UPS, dan FedEx mengambil sebagian dari pekerjaan tukang pos. Tapi ada hal yang paling utama, yakni perkembangan teknologi.
Surat-menyurat tidak lagi harus secara fisik karena melalui email seseorang bisa mendapatkan dokumen, data, respons tanpa harus menunggu kedatangan tukang pos. Dari segi efisiensi dan efektivitas hal ini sangat membantu manusia dalam hal pekerjaan atau apapun yang membutuhkan dokumen atau informasi secara cepat. Adapun, tukang pos tidak bisa melakukan hal tersebut.

Fakta :
– Pada 2016, sekitar 676.990 orang dipekerjakan pada posisi ini
– Pertumbuhan yang diproyeksikan untuk posisi ini adalah -2% pada tahun 2024

2. Loan Officer

pekerjaan yang akan punah, loan officer

Untuk mengajukan pinjaman KPR, KTA, hingga kartu kredit, nasabah harus pergi ke cabang secara langsung dan bertemu dengan loan officer untuk mengisi/melengkapi dokumen yang cukup banyak. Selanjutnya nasabah harus menunggu approval dari loan department. Proses ini sangat tidak efisien dari sisi waktu.

Di Amerika Serikat ada istilah peer-to-peer untuk menghubungkan peminjam dan kreditur melalui platform online untuk jumlah pinjaman KTA berkisar antara US$1.000 sampai US$40.000. Pemimpin industri di AS saat ini adalah Lending Club dan Prosper, dengan banyak pesaing P2P lain yang meningkat. Bahkan SoFi yang awalnya dikenal dengan refinancing pinjaman mahasiswa telah melakukan perluasan ke KPR dan KTA.

Pemberi pinjaman seperti QuickenLoans dan Guaranteed Rate menawarkan KPR dengan proses online, dari aplikasi hingga persetujuan dan penutupan. Sepertinya, petugas pinjaman bank akan menjadi bagian dari masa lalu dengan peningkatan P2P.

Fakta :
– Pada 2016, sekitar 305,700 orang dipekerjakan pada posisi ini
– Pertumbuhan yang diproyeksikan untuk posisi Loan officer pada tahun 2024 adalah 8%

3. Tenaga Pengajar / Dosen

tenaga pengajar, dosen, pekerjaan yang akan punah

Kampus atau tempat belajar mengajar di masa mendatang tidak akan memiliki dosen untuk mengajar. Mahasiswa menimba ilmu agar mendapat pekerjaan, tapi pekerjaan profesional yang saat ini dipelajari oleh mahasiswa akan dikerjakan oleh mesin dan teknologi. Jadi, untuk apa lagi mahasiswa datang ke kampus dan bertatap muka dengan dosen?

4. Kasir

kasir, pekerjaan yang akan punah

Dalam sepuluh tahun ke depan, robot dan teknologi diprediksi akan menggantikan 6-7,5 juta pekerja ritel. Hal ini terungkap dalam studi yang dilakukan oleh layanan finansial Cornerstone Capital Group.

Angka ini mengancam setidaknya 38% dari pekerja bidang ritel yang ada saat ini yaitu sebanyak 16 juta orang. Akibat otomasi ini, porsi pekerjaan yang hilang di sektor ritel bisa lebih besar dari manufaktur. Proses otomasi yang terjadi di sektor ritel ini akan lebih banyak memengaruhi proses pembayaran otomatis sebagai pengganti kasir.

Fakta :
– Pada 2016, sekitar 3.541.010 orang dipekerjakan sebagai Kasir.
– Pertumbuhan yang diproyeksikan untuk Kasir pada tahun 2024 adalah 2%

5. Travel Agen

pekerjaan agen travel, pekerjaan yang akan punah, agen travel

Saat ini untuk bepergian ke dalam atau luar negeri bisa dengan mudah dilakukan, bahkan untuk mencari paket wisata semua bisa menggunakan ponsel. Hal itu yang menjadi ancaman bagi travel agen analog, bila tidak cepat beralih ke ranah digital.

Hampir 70 persen calon wisatawan dunia melakukan search and share secara digital, dan 30 persennya melakukan booking secara online. Jika tidak diantisipasi dan tidak bertransformasi ke digital, usaha-usaha seperti agen travel manual tidak lama lagi akan hilang.

Fakta :
– Pada 2016, sekitar 67.680 orang dipekerjakan sebagai Travel Agen.
– Pertumbuhan yang diproyeksikan untuk Travel Agen pada tahun 2024 adalah -12%

6. Teller Bank

pekerjaan yang akan punah, teller bank

Kantor cabang yang dikelola oleh teller akan tergilas dengan kehadiran teknologi teller. Peran teller telah mengalami penurunan tajam dalam 15 tahun terakhir dan 10 tahun ke depan akan menghilangkan sebagian besar pekerjaan dalam bentuk ATM yang lebih maju.

Secara khusus, prospek 10 tahun dari tahun 2014 sampai 2024 adalah pekerjaan teller akan turun sebesar delapan persen. Transformasi digital masyarakat mendorong perubahan yang signifikan terhadap perusahaan dari semua tipe – termasuk bank – untuk memastikan mereka menyesuaikan diri dengan perkembangan dari pengguna saat ini dan masa depan mereka.

Fakta :
– Pada 2016, sekitar 496,760 orang dipekerjakan sebagai Teller Bank
– Pertumbuhan yang diproyeksikan untuk Travel Agen pada tahun 2024 adalah -8%

7. Agen Asuransi

agen asuransi, asuransi, pekerjaan yang akan punah

Kabar buruk bagi agen asuransi karena banyak dari mereka akan gulung tikar dalam lima sampai 10 tahun ke depan.

Fakta :
– Pada 2016, sekitar 385,700 orang dipekerjakan sebagai Agen asuransi
– Pertumbuhan yang diproyeksikan untuk Agen asuransi pada tahun 2024 adalah 9%

8. Telemarketing

telemarketing, pekerjaan yang akan punah

Karir lain yang bermasalah adalah telemarketing. Para telemarketer sedang dalam perjalanan kalah karena kehadiran teknologi. Kabar buruknya adalah keberadaan mereka tidak akan lama lagi karena pemasaran jarak jauh sedang in. Tidak ada prediksi mengenai kapan dan bagaimana penggantian telemarketing menjadi kombinasi teknologi dan robot.

Selain itu, pekerjaan ini cenderung menurun hari demi hari karena orang sudah mulai merasa terganggu dengan adanya telepon dari telemarketing, kasus penipuan oleh telemarketing, hingga pencurian database.

Fakta :
– Pada 2016, sekitar 215,290 orang dipekerjakan sebagai Telemarketing
– Pertumbuhan yang diproyeksikan untuk Telemarketing pada tahun 2024 adalah -3%

9. Pustakawan

pustakawan, pekerjaan pustakawan, pekerjaan yang akan punah

Harga e-book yang cenderung jauh lebih murah dibandingkan buku secara fisik merupakan ancaman bagi pekerja ini. Selain itu, kemudahan bagi pembaca adalah tidak perlu pergi ke perpustakaan atau toko buku karena cukup membuka e-book dari smartphone.
Fakta :
– Pada 2016, sekitar 129.350 orang dipekerjakan sebagai Pustakawan
– Pertumbuhan yang diproyeksikan untuk pustakawan pada tahun 2024 adalah 2%

10. Tukang Parkir

juru parkir, pekerjaan yang akan punah, tukang parkir

Tukang parkir dulu tentu sering kalian temui di beberapa gerai toko. Namun, sejak pemerintah memberlakukan parkir gratis, tukang parkir hanya ada di tempat-tempat tertentu. Sementara kini mesin parkir otomatis tersebut sudah kian banyak dipakai di berbagai kota.

Fakta :
– Pada 2016, sekitar 146.350 orang dipekerjakan sebagai Tukang parkir
– Pertumbuhan yang diproyeksikan untuk Tukang parkir pada tahun 2024 adalah 4%

11. Developer

developer, pekerjaan yang akan punah, programmer, pekerjaan developer, pekerjaan programmer

Tidak bisa dipungkiri, saat ini pekerjaan di bidang TI bisa jadi adalah milik para developer. Baik para developer front end, back end, mobile, atau full stack. Namun, hal ini bisa segera berubah berkat populernya kecerdasan buatan (AI). Bahkan menurut InfoWorld, Pada tahun 2020 nanti dunia tak lagi memerlukan banyak coders, dan 90% coding dilakukan oleh logickomputer dengan machine learning dan low-end AI.

Fakta :
– Pada 2016, sekitar 409,820 orang dipekerjakan pada posisi ini
– Pertumbuhan yang diproyeksikan untuk posisi Developer, pada tahun 2024 adalah 13%

Bagaimana menurut kalian? Apakah 11 Profesi diatas benar-benar akan punah dalam beberapa tahun kedepan, atau akan tetap bertahan? Share pendapat kalian.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment