4 Alasan SMS dapat Meningkatkan Customer Engagement untuk Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi menjadi sebuah perusahaan yang memiliki kegiatan usaha di bidang asuransi dan penunjang asuransi. Asuransi yang ditawarkan tentu bermacam-macam seperti kesehatan, pendidikan, asuransi penyakit kritis, kecelakaan, property, jiwa, dan sebagainya. Menawarkan dan memberikan edukasi mengenai asuransi tentu akan dapat dilakukan bila secara personal ke beberapa orang. Strategi door to door mungkin masih banyak dilakukan namun kurang efektif bila dilihat dari segi waktu. Maka dari itu perlu adanya membangun customer engagement dari perusahaan asuransi agar konsumen dapat menggunakan produk asuransi sesuai dengan kebutuhannya.

Customer engagement berperan dalam membentuk hubungan personal dengan konsumen. Tentu saja dalam membangunnya diperlukan kepercayaan dan komitmen antara perusahaan dan konsumen. Selain itu customer engagement menjadi pondasi dalam menciptakan pengalaman konsumen dengan brand Anda melalui faktor emosi konsumen. Secara otomatis maka customer engagement berpengaruh pada customer relationship. Salah satu media yang digunakan dalam meningkatkan customer engagement adalah SMS atau mobile marketing. (Baca juga : Gunakan SMS Sebagai Media Promosi? Hindari 5 Kesalahan Berikut )

SMS dikatakan menjadi salah satu alasan untuk meningkatkan customer engagement untuk perusahaan asuransi, dikarenakan beberapa hal berikut ini,

1. Menjadi salah satu fitur yang mudah digunakan oleh semua kalangan

 

Dalam meningkatkan customer engagement maka diperlukan adanya keterlibatan aktif dengan konsumen. Media yang dipilih dalam menjangkau kalangan konsumen juga merupakan media yang dapat digunakan oleh seluruh kalangan. Apalagi jika perusahaan asuransi banyak digunakan oleh target market usia dewasa. Maka SMS menjadi salah satu fitur yang dapat mudah digunakan oleh semua kalangan dengan jenis handphone yang bermacam-macam. SMS juga dapat digunakan tanpa harus ada jaringan internet dan instal aplikasi lain saat untuk menerima pesan.

2. Peluang SMS untuk dibaca lebih besar dibandingkan email

 

SMS memiliki response rate yang lebih besar dibandingkan email. Peluang pesan SMS untuk dibaca hampir 3 kali lipat dari pesan email. Beberapa konsumen lebih senang mendapatkan informasi melalui SMS yang langsung ada dalam genggaman dibandingkan email yang harus dihubungkan dengan berbagai perangkat media.

3. Komunikasi lebih aktif dan instant

 

Customer engagement perlu adanya komunikasi yang aktif dan cepat untuk disampaikan kepada konsumen. Salah satu keunggulan SMS adalah dapat dengan cepat menerima dan memberikan respon tanpa adanya jeda. Sehingga ketika perusahaan asuransi ingin memberikan informasi produk pada momentum khusus, maka akan tersampaikan dengan cepat.

4. Komunikasi personal dengan kualitas yang baik

 

SMS memiliki karakter konten singkat, padat dan jelas dikarenakan ada batasan yang digunakan. Maka dengan menggunakan SMS untuk menyampaikan informasi selama satu bulan sebanyak 4 sampai 6 kali, tetap akan membuat pelanggan terpancing untuk menggunakan produk asuransi yang ditawarkan.

Informasi perusahaan asuransi yang cukup banyak dan sebenarnya dibutuhkan oleh beberapa orang akan tersampaikan dengan baik dan jelas melalui SMS. Fitur ini selain dapat menyampaikan informasi produk, juga akan membangun customer engagement sehingga konsumen akan semakin terikat dengan kehadiran produk asuransi Anda.

Exit mobile version