5 Alasan Pentingnya Mengelola Data Alumni Kampus

5 Alasan Pentingnya Mengelola Data Alumni Kampus

Blog.gamatechno.com – Alumni adalah salah satu komponen penting atau stackholder dalam peningkatan mutu perguruan tinggi. Peningkatan yang dimaksud adalah kemajuan almamater yang didapatkan dari sumbang saran alumni terhadap beberapa aspek di kampus yang perlu dibenahi. Selain itu ada sumbangan materi untuk kemajuan kegiatan keterampilan atau softskill adik tingkat.

Selain memajukan almamater, alumni juga sebagai perpanjangan tangan atau pembentuk jaringan kerja yang diharapkan dapat menciptakan ruangan kondusif di lingkungan kerja sehingga memudahkan adik tingkat untuk diterima di lingkungan kerja yang sama.

Peran alumni akan terhenti begitu saja ketika tidak ada komunikasi yang baik antara perguruan tinggi dengan alumni itu sendiri. Seyogyanyalah kampus memfasilitasi alumni untuk saling berinteraksi antar alumni maupun antara alumni dengan perguruan tinggi. Apabila perguruan tinggi tidak turut serta mengelola data alumni, akan terjadi missing link sehingga fungsi kehumasan kampus tidak akan berjalan dengan baik. Berikut 5 alasan penting mengapa kampus harus mengelola data alumni.

1. Tracer Study Untuk Akreditasi

data alumni
Data alumni untuk akreditas – www.ugm.ac.id

Akreditasi adalah pengakuan secara resmi yang diberikan badan akreditasi terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi dalam melakukan kegiatan dengan kriteria penilaian tertentu. Hasil akreditasi biasanya dijadikan pedoman bagi instansi dalam penerimaan karyawan. Akreditasi sendiri sebagai upaya pemerintah untuk menjamin mutu alumni perguruan tinggi. Itulah mengapa akreditasi selalu dipersiapkan dengan baik. Salah satu aspek akreditasi adalah keberhasilan lulusan di dunia kerja. Pelacakan alumni yang bekerja pada suatu instansi salah satunya dapat melalui sistem khusus yang menyediakan info update alumni. Data terbaru alumni dapat berupa instansi tempat bekerja atau info lowongan kerja sehingga kampus dapat lebih menyiapkan kembali keterampilan mahasiswa-mahasiswanya melalui pelatihan yang sesuai dengan dunia kerja.

2. Mengetahui Hasil Outcome Pendidikan

aplikasi alumni gamatechno2
Penilaian hasil pendidikan – Alumnifarmasi.blogspot.com

Perguruan Tinggi tentu menghasilkan keluaran pendidikan. Hasil outcome tersebut dapat diidentifikasi berdasarkan tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang. Tujuan jangka pendek yang berkaitan dengan aspek pembelajaran biasa ditampilkan pada sistem akademik. Untuk outcome jangka menengah juga masih dalam lingkup kampus berupa kegiatan yang meliputi penilaian perilaku, praktik, penentuan keputusan, kebijakan, dan aksi sosial di bidang pendidikan. Tujuan jangka panjang yang menekankan pada kondisi sosial hanya dapat diakomodasi melalui situs alumni sehingga kampus juga dapat memantau outcome lulusan. Outcome jangka panjang itu seperti kebermanfaatan alumni dalam perubahan kondisi sosial, ekonomi, kependudukan, dan lingkungan. Dalam situs alumni tersebut disampaikan partisipasi alumni dalam pembangunan negeri sesuai dengan program studi yang diambil semasa kuliah dan persebarannya.

3. Memonitor Sebaran Lulusan

www.commerce.uct.ac.za alumni
Sebaran lulusan termonitor – www.commerce.uct.ac.za

Perguruan Tinggi biasanya menjadi tempat berkumpul pelajar-pelajar di seluruh Indonesia. Jumlahnya yang ribuan akan terus bertambah setiap tahunnya. Setiap tahun pula, kampus akan meluluskan mahasiswanya hingga 4 periode wisuda. Lulusan perguruan tinggi akan menyebar baik secara geografis maupun instansi. Untuk merancang strategi promosi dari segi geografis maupun instansi dari lulusan, dibutuhkan situs alumni yang memberikan kemudahan alumni untuk update kondisi terbarunya. Hal tersebut tentu akan memudahkan kehumasan kampus dalam menjaring mahasiswa baru pada daerah geografis lulusan maupun jaringan kerja pada instansi lulusan.

4. Bahan Evaluasi Perguruan Tinggi

evaluation_resized httpsec.europa.eu
Alumni untuk data evaluasi – http://sec.europa.eu

Evaluasi merupakan kegiatan membandingkan realisasi masukan (input), keluaran (output), dan hasil (outcome) terhadap rencana dan standar selama kegiatan pemantauan berlangsung. Perbandingan tersebut nantinya dijadikan dasar pengambilan keputusan terkait tingkat keberhasilan yang telah dicapai dan tindakan selanjutnya yang diperlukan. Alumni yang telah tergabung dengan situs alumni dianjurkan untuk selalu mengirimkan info terkini lulusan. Selain pada peningkatan skill yang dibutuhkan industri dengan menambah mata kuliah tertentu, evaluasi juga bisa dijadikan bahan pengkajian permasalahan manajemen seperti alur pendaftaran mahasiswa baru yang lebih mudah sesuai kondisi geografis atau hal lain dari kolom sumbang saran alumni.

5. Membangun Relationship dengan Alumni

photo_2016-09-26_21-31-52
Mengumpulkan alumni – www.ugm.ac.id

Ikatan alumni dan almamater yang kuat memberikan benefit secara tidak langsung baik bagi alumni maupun perguruan tinggi. Menyadari pentingnya hal ini, hampir di setiap perguruan tinggi membuat organisasi kealumnian masing-masing. Kekerabatan dan jaringan relasi dengan alumni akan semakin erat karena dengan memanfaatkan teknologi internet maka dimungkinkan interaksi tanpa batasan tempat dan waktu. Melalui aplikasi gtAlumniKarir kampus dapat mewujudkan hal tersebut.

Aplikasi gtAlumni dikembangkan agar alumni maupun pengunjung situs dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Navigasi yang mudah menjadi kelebihan aplikasi tersebut meliputi profil, berita, pengumuman, agenda, dan download center. Selain itu, kampus tentu akan memiliki database alumni yang lebih terstruktur sehingga dapat dikelola dengan lebih baik.

Sumber img: Cardiff.ac.uk

Aplikasi mCity Gamatechno

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*