5 Strategi Ampuh Promosi Lowongan di Linkedin

5 Strategi Ampuh Promosi Lowongan di Linkedin

Blog.Gamatechno.com – Berkat perkembangan yang positif, beberapa tahun belakangan banyak perusahaan dan individu pencari kerja yang menaruh perhatian lebih pada LinkedIn. Baik yang sekadar membaca informasi yang dibagikan di beranda, memperbarui daftar riwayat pekerjaan, maupun yang mencari lowongan kerja. Platform ini memberikan kemudahan relasi dua arah bagi pencari maupun penyedia lapangan pekerjaan.

Berkaitan dengan strategi promosi, postingan lowongan pekerjaan di media sosial sekarang ini merupakan langkah yang diutamakan. Hal ini didasari oleh hasil riset bahwa 70% pekerja tetap termasuk ke golongan kandidat pasif, artinya mereka tidak aktif mencari info pekerjaan baru berikutnya. Namun, terdapat 85% pekerja global yang menyatakan bahwa mereka terbuka kepada rekruiter asal dikontak duluan dengan pendekatan yang tepat. Untuk melakukan pendekatan yang tepat ini, terutama via platform LinkedIn, berikut Gamatechno rangkumkan list strateginya:

  1. Postingan lowongan pekerjaan

LinkedIn Jobs memiliki algoritma unik yang mampu menghubungkan kandidat pasif dengan rekruiternya. Tentu saja cara ini lebih efektif dibandingkan dengan strategi promosi manual, misalnya dengan menempelkan pengumuman di papan informasi. Setelah postingan dibuat, sistem Linkedin secara otomatis akan menargetkan informasi tersebut ke daftar penggunanya. Target itu didasarkan pada data profil, rangkaian variabel hasil olahan algoritma, serta keterangan apakah pengguna memang sedang mencari iklim kerja baru.

  1. Gunakan fitur Sponsored Jobs/Posts

Kalau cara pertama masih kurang memperoleh respon, perusahaan Anda bisa mencoba menggunakan postingan berbayar. Melalui fitur sponsored posts ini, informasi yang diiklankan akan disebarkan ke audiens yang tepat dengan penempatan iklan yang diutamakan oleh sistem LinkedIn. Selain itu, info lowongan kerjanya akan tersemat di versi desktop maupun mobile secara continue. Tipe postingan ini umumnya akan memperoleh jangkauan 30-50% lebih baik dibandingkan dengan yang organik (versi gratis). Karena kelebihannya, sponsored jobs sangat pas digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan respons pelamar yang cepat. Anda pun bisa mengatur seberapa sering iklan bisa dilihat dan disesuaikan dengan budget promosinya.

  1. Postingan di grup

Kalau memang ada grup LinkedIn yang relevan dan masih aktif, jangan sia-siakan kesempatan ini. Perusahaan Anda bisa memanfaatkan komunitas spesifik ini sehingga hasil akhirnya bisa lebih terkontrol. Ambil contoh, misalnya Anda mencari pengembang web, maka apa salahnya kalau salah satu strategi promosinya adalah dengan menyebarkan informasi rekrutmen di grup para pengembang web.

Namun, perlu diingat, jenis postingannya pun jangan asal buat dan bahkan malah menjadi spam sebab beberapa grup mencegah anggotanya untuk memposting iklan. Anda bisa mengakalinya dengan cara berbagi informasi baru tentang sebuah pekerjaan, maupun membuat postingan yang bisa memancing diskusi tentang pekerjaan yang sebenarnya sedang Anda promosikan.

  1. Postingan dari akun resmi perusahaan

Manfaatkan saluran resmi yang dimiliki oleh perusahaan. Selain menunjukkan kredibilitas, informasi dari akun resmi umumnya akan lebih menonjol dibandingkan dengan akun individu. Perusahaan bisa mempromosikan lowongan pekerjaan yang sedang dibuka melalui update singkat yang tertarget langsung kepada para pengikutnya. Kelebihan dari cara ini, followers yang terdaftar umumnya memang punya ketertarikan dengan lini bisnis perusahaan Anda. Akan tetapi perlu diingat, karena ini menggunakan saluran resmi, jangan sampai membuat postingan yang nantinya malah terkesan spam. Tetap selingi dengan informasi bermanfaat lainnya.

  1. Bantuan langsung dari karyawan

Seperti yang umum terjadi, meski informasi sudah tersedia di mana-mana, masih banyak kandidat yang lebih percaya ketika diinfokan langsung oleh orang yang dia kenal. Dengan menggunakan jaringan yang dimiliki oleh karyawan Anda, potensi pelamar bisa semakin besar. Serta, tentu saja karena ini berbasiskan rekomendasi, kapasitas pelamar bisa jadi sudah memenuhi standar yang ada.

Itulah lima stategi promosi lowongan yang bisa Anda coba di LinkedIn. Semakin matang materi dan strategi promosi yang digunakan, hasilnya pun bisa semakin memuaskan. Selamat mencoba!

Leave a comment