6 Faktor Untuk Dipelajari Dibalik Suksesnya Pertumbuhan Taksi Berbasis Online

6 Faktor Untuk Dipelajari Dibalik Suksesnya Pertumbuhan Taksi Berbasis Online

Blog.Gamatechno.com – Tahun 2017 polemik dunia transportasi publik di Indonesia masih sering kali mencuat diberagam pemberitaan nasional. Persaingan antara bisnis transportasi berbasis teknologi, dengan operator taksi konvensional yang saling berebut pasar yang sama menjadi topik hangat di berbagai media. Tak hanya berakhir pada aksi banyak driver taksi konvensional yang mengeluhkan setoran ke perusahaan bertambah sedangkan uang yang diberikan untuk mencukupi kebutuhan keluarga semakin sedikit.

Taksi konvensional tertinggal beberapa langkah dibelakang taksi online berbasis teknologi. Jika sudah begini, apakah taksi konvensional dapat mengembalikan eksistensinya? Ya, tentu saja bisa. Apabila taksi konvensional mau banyak belajar agar dapat turut menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi seperti yang dilakukan perusahaan taksi online seperti Grab, Gojek, dan Uber.

Berbicara soal kesuksesan salah satu taksi online, Uber, ada banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari perusahaan asal San Fransisco California ini. Berikut beberapa faktor yang berperan dalam suksesnya pertumbuhan Uber. Yang mungkin, dapat menjadi referensi bagi pengelola taksi konvensional di Indonesia.

1. Benefit dan layanan terhadap konsumen

Ditengah reputasi taksi konvensional yang tidak memiliki kepastian harga, dan waktu tunggu yang lama. Taksi online hadir menempatkan posisinya sebagai pemecah masalah bagi konsumen yang membutuhkan layanan taksi dengan pelayanan yang cepat, dan harga yang masuk akal. Salah satunya adalah Uber perusahaan taksi online yang berdiri sejak tahun 2009 ini memperbaiki citra industri penyedia layanan taksi dengan memberikan pelayanan yang memuaskan.

Selain cepat, dan harga yang masuk akal. Uber menambahkan armada yang lebih bersih pun nyaman, memberikan pengalaman berkesan bagi penumpangnya, serta fleksibel dalam metode pembayarannya. Driver uber dapat menerima pembayaran baik cash, uber credit, maupun kartu kredit.

Tidak hanya itu, sistem pelayanan yang lebih berorientasi kepada konsumen memungkinkan konsumen memonitor posisi armada yang dipesannya melalui aplikasi yang terinstall di smartphone mereka.

2. Benefit bagi driver

Tidak hanya dari sisi konsumen, driver taksi online pun juga diuntungkan. Perusahaan layanan ini juga membuka lahan pekerjaan bagi mereka yang memiliki kendaraan roda empat. Tidak hanya membuka lahan mata pencaharian. Uber juga menyediakan benefit seperti bonus maupun diskon servis dibeberapa bengkel khusus untuk mitra-mitranya. Jadi, kedua belah pihak sama-sama diuntungkan.

3. Cepat menangkap peluang

Salah satu kesuksesan taksi online Uber bermula dari kejelian Travis Kalanick dan Garret Camp founder Uber dalam melihat peluang. Mereka menemukan fakta bahwa pasaran taksi di San Fransisco tidak terlalu baik reputasinya. Jadi, Uber hadir sebagai jawaban untuk memberikan pelayanan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan taksi konvensional yang saat itu tersedia. Ide yang sama ditambah beberapa inovasi tambahan berupa sentuhan teknologi modern akan menghasilkan hasil yang berbeda.

Baca juga: Mengulas Taksi Berbasis Aplikasi dan Aplikasi Berbasis Taksi

4. Menjadi buah bibir di masyarakat

Strategi marketing pertama yang digunakan Uber bukan dengan memasang iklan di TV maupun memasang baliho besar. Mereka memilih teknik pemasaran yang cerdas, dan murah yakni menjadi bahan pembicaraan semua orang, dan mendorong orang-orang untuk membagi pembicaraannya di sosial media. Ya, menjadi word of mouth.

Mereka yang pernah menggunakan Uber akan membagikan pengalaman mereka kepada teman, dan saudara mereka di sosial media. Semakin baik pelayanan Uber, maka semakin banyak dan positif pula berita yang tersebar secara viral melalui sosial media. Untuk meningkatkan tingkat word of mouth, Uber banyak memberikan kejutan kepada konsumennya. Mulai dari konsumen yang dijemput dengan mobil super mewah, mobil eskrim, hingga dijemput oleh artis terkenal sebagai drivernya yang kesemuanya sukses menjadi bahan perbincangan, dan beredar viral di Youtube

5. Harga yang sebanding

Faktor lain kesuksesan pertumbuhan taksi online adalah harga yang sebanding. Semakin tinggi orderan , maka harga juga ikut dinaikkan. Tentu dengan tetap memberikan pelayanan prima dalam kondisi apapun. Sekalipun hujan deras disertai angin sekalipun Uber tetap menghadirkan pelayanan yang cepat, aman, dan nyaman.

6. Mengadopsi Kebiasaan Baru

Perusahaan taksi online mengubah industri transportasi khususnya taksi menjadi industri yang benar-benar baru. Industri yang sarat akan teknologi. Taksi online berhasil mengubah pemikiran masyarakat soal pola pemesanan taksi yang manual, dan harga yang mahal. Menjadi lebih mudah, harga transparan, dan tentu saja dengan pelayanan yang lebih baik. Hal inilah yang membuat Uber berada beberapa langkah didepan taksi konvensional.

Belajar dari kesuksesan taksi online, seperti Uber diatas semoga dapat mendorong pengelola taksi konvensional untuk terus berbenah memperbaik sistem, dan layanan agar dapat bersaing dengan perusahaan taksi online.

Dapatkan aplikasi taksi online untuk armada taksi Anda di sini.

Sumber image: mtdata.com.au

Code Heroes Merc
Leave a comment