7 Platform Cloud Virtual Terpopuler

7 Platform Cloud Virtual Terpopuler

Blog.Gamatechno.com – Cloud Computing merupakan kegiatan mengakses data, aplikasi, dan layanan dari sebuah “tempat dengan menggunakan jaringan/internet. “Tempat” yang dimaksud ini adalah sebuah sistem penyimpanan dan pemroses yang terintegrasi, sehingga kita bisa mengaksesnya dari manapun dan kapanpun dengan menggunakan internet. Untuk dapat membuat cloud, kita memerlukan server, storage, komputer, dan jaringan internet.  Namun sekarang kita dapat memiliki itu, kita dapat menyimpan data sebanyak mungkin tanpa perlu mengupayakan membeli device penyimpanan yang besar.

Sekarang ini, banyak perusahaan yang menawarkan virtualisasi cloud agar kita bisa membuat rancangan cloud seperti yang Anda inginkan.  Berikut 7 virtualisasi cloud terpopuler di dunia yang wajib Anda ketahui :

1. Proxmox

proxmox virtual cloud platform populerProxmox memiliki keunggulan fleksibilitas tinggi, Anda dapat membangun infrastruktur dengan berbagai spesifikasi dan tujuan tanpa harus menjelaskan bagaimana melakukannya. Migrasi dari server ke server dapat dilakukan dengan mudah. Proxmox memiliki Kernel Virtual Machine (KVM) sehingga Proxmox dapat mendukung hampir semua sistem operasi yang ada. Proxmox juga mendukung container-style visualization yang merupakan gabungan visualisasi yang dimiliki OpenVZ dan Parallels sehingga Anda setiap host dapat diinstall lebih banyak virtual machine.

2. VMware

vmware virtual cloud platform populer“vCloud Air” merupakan server cloud hybrid dari VMware yang belum lama ini dirilis. vCloud Air menawarkan 3 fasilitas

Virtual Private Cloud: layanan cloud dengan keamanan dan jaminan privasi dari user lain.
Dedicated Cloud: Virtual Private Cloud yang dapat dibagikan kepada user lain dengan aturan tertentu.
Disaster Recovery: back-up VM untuk keadaan darurat untuk menunjang kelangsungan bisnis.

3. Oracle

oracle- virtual cloud platform populerOracle Cloud Platform menawarkan kapasitas yang besar dan aplikasi yang terintegrasi. Oracle juga memiliki platform publik maupun privat. Hal ini membantu Anda memasarkan aplikasi melalui SaaS (Software as a Service) yang dimiliki Oracle. Selain itu dilengkapi dengan keamanan tinggi dan kemudahan migrasi antar server.

4. Citrix

Citrix CloudPlatform merupakan solusi untuk menciptakan cloud yang aman dan efisien hanya dengan satu platform manajemen. Citrix CloudPlatform dapat membuat desain arsitektur cloud yang fleksibel dan memantau seluruh aktivitas dalam cloud dengan mudah. Citric CloudPlatform juga mendukung aplikasi 3D berbasis vGPU. Perusahaan animasi ternama, Disney Interactive menggunakan cloud ini.

5. Red Hat

Red_hat_logo virtual cloud platform populerDengan Red Hat Cloud Infrastructure, Anda bisa membangun cloud IaaS yang bersifat open maupun private.  Red Hat Cloud Infrastructure mengintegrasikan 4 komponen, yaitu Red Hat CloudForms, Red Hat Satellite, Red Hat Enterprise Virtualization, dan Red Hat Enterprise Linux yang menjadikannya populer di pasaran. Salah satu perusahaan besar yang menggunakan Red Hat Cloud Infrastructure ini adalah Union Bank

6. Odin

odin-logo- virtual cloud platform populer

Odin Parallels Cloud Server adalah server cloud yang canggih, menggunakan Parallels Containers dan teknologi berkelas internasional serta cloud storage yang fleksibel. Parallels Cloud Server membuat penyimpanan menjadi lebih efisien, selain itu Anda dapat secara bersamaan menyimpan data dan menjalankan mesin virtual Parallels, meminimalisir error dari HDD dan RAID, ketersediaan server yang tinggi, migrasi server mudah, dan media penyimpanan yang besar.

Baca Juga : Trend 7 Wearable Device di Indonesia

7. Microsoft Azure

Cloud-Azure virtual cloud platform populer

Microsoft Azure Virtual Machine mendukung sistem operasi Windows dan Linux. Dengan Azure Virtual machine, Anda dapat men-deploy pekerjaan Anda kemana saja dengan berkat dukungan Microsoft SQL Server, Oracle, IBM, SAP, dan Azure BizTalk Services. Apabila terjadi kecelakaan atau kejadian yang tidak diinginkan, Azure Backup membantu Anda untuk menjaga data Anda.

 

Demikian 7 cloud virtualization terpopuler saat ini. Seiring dengan perkembangan jaman, cloud computing akan terus digunakan di setiap perusahaan salah satunya adalah eCampuz sistem informasi akademik terintegrasi milik Gamatechno versi lite berbasis cloud computing. Jadi, tertarikkah anda untuk mulai menggunakan teknologi Cloud?

Leave a comment