7 Proyek Smart City Amsterdam Ini Bisa Jadi Inspirasi untuk Dikembangkan di Indonesia

7 Proyek Smart City Amsterdam Ini Bisa Jadi Inspirasi untuk Dikembangkan di Indonesia

Blog.Gamatechno.com – Amsterdam, ibu kota negara Belanda menjadi salah satu kota yang sukses menjadi salah satu kota cerdas di dunia. Seluruh sektor kehidupan warga kotanya semuanya telah terkoneksi dengan teknologi canggih. Rancang bangun kota yang masterplannya mulai dibuat sejak tahun 2009 ini menggandeng seluruh dinas, dan perusahaan terkait demi mewujudkan Amsterdam Smart City.

Dari beragam proyek yang telah diterapkan di Amsterdam. Berikut beberapa proyek yang bisa jadi inspirasi untuk dikembangkan di smart city Indonesia.

1. The Digital Road Authority- Air quality

digital road authority

Di area bisnis, dahulu truk bongkar muat harus berputar-putar terlebih dahulu hingga menemukan tempat parkir yang kosong. Hal ini mengakibatkan emisi yang terbuang percuma, dan tingginya polusi udara di kota Amsterdam.

Oleh karena itu, pemerintah kota membangun The Digital Road Authority. Jadi, sebelum berangkat untuk menurunkan barang di area Amsterdam, driver dapat memesan  tempat parkir melalui sistem yang tersedia di laman maupun aplikasi mobile. Sistem akan mengkalkulasi kapan, dan tempat mana yang paling tepat untuk truk tersebut dapat melakukan penurunan barang lengkap dengan estimasi kedatangan yang realtime. Hal ini mempersingkat waktu driver untuk memperoleh lahan parkir, hemat bahan bakar sekaligus menekan tingkat polusi.

2. Flexible Street Lightdigital road lampAmsterdam fokus sangat concern terhadap penyediaan fasilitas publik yang realtime. Salah satu penerapannya adalah adanya lampu lalu lintas yang dapat dikontrol pola pergantiannya. Hal ini memudahkan dinas perhubungan untuk menyesuaikan kinerja lampu lalu lintas sesuai dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang terjadi. Proyek smartcity yang telah dimulai sejak tahun 2013 ini saat ini sudah diterapkan di seluruh penjuru Amsterdam.

3. Smart Sports Parks

digital sport park
Seperti yang kita ketahui sarana prasarana olahraga seperti gelanggang, dan stadion memakan banyak energi listrik. Melalui Smart Sport Parks pemerintah kota membuat seluruh failitas olahraga lebih hemat energi, dan ramah lingkungan dengan turut melibatkan klub-klub olahraga di Amsterdam. Mulai dari penerapan solar panel, lampu hemat energi, dan beragam solusi cerdas lainnya. Projek yang berfokus pada energi, cahaya, dan komunitas ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan energi secara lebih efektif dan efisien, dan meningkatkan kesempatan untuk berbagi ilmu kepada lebih banyak orang.

4. Fuel Cell Technology

digital fuel

Setelah penelitian selama hampir 20 tahun saat ini telah ditemukan teknologi full cell yang dapat menghasilkan energi lebih besar bahkan lebih besar dari pembangkit listrik berbahan bakar gas saat ini sehingga mampu menekan emisi CO2 hingga 50%. Teknologi ini pertama kali diterapkan di gedung ‘De Groene Bocht’ yang saat ini mampu memenuhi kebutuhan energi listriknya sendiri. Sistem yang dirancang untuk menghasilkan energi berdasarkan lokasi penggunanya ini membuat teknologi ini dapat menghemat energi hingga 85%  karena tidak ada energi yang terbuang percuma.

Baca juga : 7 Teknologi Barcelona Smart City yang Bisa Diadopsi Indonesia

5. Amsterdam Free Wifi

NYC To Turn Some Of Its 12,000 Phone Booths Into Free Wifi Spots

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Amsterdam terus meningkat membuat pemerintah Amsterdam tergerak untuk menyediakan fasilitas wifi gratis bagi warga Amsterdam, khususnya wisatawan yang berkunjung ke Amsterdam. Fasilitas wifi gratis ini dapat dinikmati di banyak titik di seluruh penjuru Amsterdam mulai dari beragam fasilitas publik, hingga cafe-cafe pinggir jalan.

6. AmsterdamOpent.nl

digital amsterda
Melalui laman amsterdamopentl.nl warga Amsterdam dapat mengirimkan ide maupun pertanyaan melalui sosial media. Untuk kemudian memperoleh tanggapan tidak hanya dari sesama warga Amsterdam, tetapi oleh pemerintah juga. Tidak menutup kemungkinan ide tersebut dikelola oleh pemerintah untuk kemudian diterapkan sebagai perbaikan sistem yang sudah ada, maupun sebagai jawaban atas permasalahan yang dihadapi oleh warga kota Amsterdam.

7. PICO Geographic Information System

MGIS

Demi kepentingan bisnis biasanya pemegang saham, pengusaha, maupun konsumen biasanya belum mengetahui dengan baik akan potensi suatu area. PICO berperan untuk memberi pandangan kepada investor mengenai investasi jangka panjang pada suatu area. Pico dapat membantu memfasilitasi investor dalam pengambilan keputusan, pembuatan kebijakan hingga keputusan untuk melakukan investasi. PICO juga dapat dimanfaatkan sebagai alat komunikasi antar investor dalam pembangunan suatu area tertentu. Pemerintah pun dimudahkan dalam proses pengawasan karena dapat memonitor perkembangan suatu area dengan mudah.

Sebenarnya lebih dari 70 proyek yang berhasil dilaksanakan hingga membuat semua komponen di kota ‘Venice of The North’ tersebut dapat terhubung antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat umum. Tujuh proyek yang sudah diulas diatas bisa di jadikan referensi untuk mengembangkan smart city di Indonesia. Semakin banyak inovasi teknologi yang dilakukan suatu kota, diharapkan makin mudah dan efisien dalam pengelolaan dan pelayananan ke masyarakat.

Leave a comment