8 Alasan Mengapa PNS harus menggunakan SKP Online

8 Alasan Mengapa PNS harus menggunakan SKP Online

Blog.Gamatechno.com – Terhitung sejak tahun 2014, pemerintah Indonesia resmi memberlakukan Peraturan Pemerintah No. 46/2011 yang mengatur soal penilaian prestasi kerja pegawai negeri sipil. Karenanya setiap PNS berkewajiban menyusun Sasaran Kerja Pegawai (SKP) berdasarkan rencana kerja tahunan PNS tersebut.

Dengan adanya SKP ini dapat diketahui sampai dimana pencapaian kinerja masing-masing pegawai. SKP memuat kegiatan tugas pokok jabatan PNS, serta target yang harus dicapai dalam kurun waktu penilaian yang dinilai dengan jumlah bobot keseluruhan 100. Penilaian SKP dilakukan dengan membandingkan realisasi kerja dengan target yang telah ditetapkan berdasarkan aspek kualitas, kuantitas, waktu, dan biaya. Prilaku kerja juga turut menjadi penilaian dalam SKP.

Dengan beragam metode penilaian yang ada, SKP terlihat bagaikan sebuah pekerjaan rumah yang berat bagi PNS. Oleh karena itu, saat ini banyak tersedia beragam sistem informasi yang dapat memudahkan PNS dalam menyusun SKP secara online. Jika Anda salah satu PNS yang berkewajiban menyusun SKP. Sebagai bahan pertimbangan Anda, berikut kami sajikan 8 alasan mengapa PNS harus menggunakan SKP online.

1. Mudah & Efisien

Melalui fitur – fitur yang tersedia pada sistem informasi SKP online, Anda dapat dimudahkan dalam melakukan penyusunan, monitoring, dan pengarsipan data SKP. Anda cukup memasukan data yang dibutuhkan secara jujur, dan sistem akan menyusun SKP secara otomatis. Anda tinggal mengirimkan hasil jadi, sekaligus menyimpan laporan SKP Anda. Jadi, tak perlu risau kehilangan laporan SKP Anda.

2. Standar BKN

Tanpa perlu takut laporan SKP Anda ditolak oleh pemerintah karena format yang menyalahi aturan. Sistem informasi SKP online biasanya telah menyesuaikan format pelaporannya sesuai standar nasional yang diberlakukan BKN (Badan Kepegawaian Negara). Jadi Anda tak perlu repot memikirkan ukuran kertas, margin, maupun font mana yang paling tepat. 

3. Validitas Data

SKP online biasanya dapat diintegrasikan dengan data kepegawaian sehingga data yang ada di SKP online sesuai dengan data Anda di sistem kepegawaian. Validitas data ini meminimalisir adanya duplikasi data, maupun perbedaan data Anda antara sistem kepegawaian dan sistem SKP online.

4. Menunjang Kenaikan Karir dan Jabatan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa SKP merupakan sistem penilaian kinerja PNS dalam kurun waktu tertentu. Jika pelaporan SKP Anda terkontrol dimana semua pekerjaan Anda tercatat dengan lengkap, dan rapi tentu hal ini memudahkan pemerintah pusat untuk menilai pekerjaan Anda. Tidak menutup kemungkinan hal ini dapat menjadi suatu nilai tambah yang dapat menunjang kenaikan karir dan jabatan Anda.

5. Kemudahan Monitoring

Karena sifatnya yang online maka SKP dapat diakses oleh siapapun yang berhak, termasuk Anda yang menjabat sebagai kepala. Tanpa perlu menunggu SKP bawahan Anda selesai disusun, Anda dapat memantau progress pekerjaan bawahan Anda setiap saat. Secara real time Anda dapat mengetahui sampai sejauh mana penyusunan SKP mereka. Akan dengan mudah terlihat siapa saja yang rajin, atau sebaliknya.

6. Penilaian SKP dari mana saja

Berkat sifat sistem yang online, SKP Anda dapat dinilai dari mana saja. Tak perlu gundah saat atasan Anda sedang melakukan perjalanan dinas sementara SKP Anda belum dinilai. Mobilitas perjalanan dinas tak akan mengganggu persetujuan dan penilaian SKP Anda. Hal ini karena kemampuan SKP online yang dapat diakses dari mana saja termasuk dari perangkat mobile sekalipun.

7. Memudahkan proses mutasi pegawai

Saat diperlukan mutasi pegawai, Anda tak perlu memasukkan data pegawai kembali sehingga mengakibatkan duplikasi data. Semua dokumen SKP guna proses kelengkapan mutasi pegawai sudah tersimpan di dalam sistem SKP online. Mudah bukan?

8. Bebas repot saat akhir tahun

SKP online memungkinkan Anda mencicil penyusunan SKP sejak awal tahun. SKP akan mencatat, dan menyimpan progress Anda. Hal ini tentu dapat meringankan beban Anda di akhir tahun. Berkat SKP online Ada tak perlu menumpuk berkas SKP hingga akhir tahun untuk dibuat laporannya.

Nah, sudah tahu bukan mengapa PNS harus menggunakan SKP online? Saat ini banyak tersedia sistem SKP online di pasaran. Salah satunya adalah sistem SKP Online besutan Gamatecho. Tergabung dalam satu paket aplikasi gtSDM, sistem SKP online  Gamatechno hadir membantu memudahkan pekerjaan mengisi SKP tahunan. SKP Online Gamatechno akan jadi aplikasi yang selalu siap memudahkan penyusunan SKP Anda. 

Download infografis Kontribusi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz Terhadap Penilaian Akreditasi Perguruan

Dapatkan penawaran menarik menggunakan aplikasi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz khusus untuk Anda!

Leave a comment