8 Sektor Ini Butuhkan Big Data Analytic

8 Sektor Ini Butuhkan Big Data Analytic

Blog.gamatechno.com – Penggunaan Big Data semakin masif dari hari ke hari. Peruntukannya pun tidak hanya di industri informasi dan telekomunikasi, tetapi sudah berjalan di semua sektor. Bahkan, lebih dari itu, orang-orang pun kini semakin familier dengan istilah tersebut dan sering memperbincangkannya.

Sedikit mengulang pengertian, Big Data bisa dimaknai sebagai sekumpulan data yang belum terstruktur. Data yang dimaksud tidak berwujud spesifik dan ukurannya biasanya sangatlah besar. Dalam penanganannya, Big Data pun dijuluki very large database (VLDB) yang pengaturannya menggunakan database management system (DBMS).

Keuntungan penggunaan data yang bersinggungan dengan bisnis umumnya berkaitan dengan penemuan “ceruk pasar” sehingga meningkatkan keuntungan yang dapat diraup oleh perusahaan. Sedangkan, untuk mencapai level itu, tentu saja perusahaan membutuhkan analisis Big Data. Apa itu?

Analisis Big Data adalah proses menguji set data yang berukuran sangat besar dan beragam untuk menyingkap pola tersembunyi, korelasi yang belum diketahui, tren pasar, ketertarikan pelanggan, dan ragam informasi lain yang bermanfaat bagi perusahaan untuk mengambil keputusan.

Dengan bantuan sistem dan software yang tepat, analisis Big Data mampu menghasilkan beragam rekomendasi yang menguntungkan bisnis, termasuk: potensi sumber pendapatan baru, strategi pemasaran yang lebih efektif, pelayanan pelanggan yang lebih baik, meningkatkan efisiensi, dan memiliki tawaran bisnis yang lebih kompetitif dibandingkan kompetitor.

Berikut ini Gamatechno rangkumkan 8 sektor yang terdampak langsung dengan adanya analisis Big Data.

1. Perbankan dan sekuritas

Analisis Big Data digunakan untuk memonitor pasar finansial melalui monitor aktivitas jaringan dan bahasa prosesor guna mengurangi potensi kecurangan transaksi. Komisi nilai tukar maupun komisi trading menggunakan analisis Big Data untuk memastikan bahwa tidak ada trading illegal yang terjadi dalam monitor pasar modal.

2. Komunikasi dan media

Big Data digunakan untuk melakukan pelaporan real-time atas kejadian di seluruh dunia lewat beberapa platform sekaligus (mobile, laman daring, televisi). Di industri musik, yang merupakan bagian dari media, menggunakan analisis ini untuk mengantisipasi dan membaca tren terkait kecenderungan tipe suara yang digandrungi oleh pendengar.

3. Olah raga

Big Data digunakan untuk memahami pola antusiasme penonton di beragam event serta memonitor penampilan dari pemain maupun tim lewat metode analisis. Event olah raga besar seperti Piala Dunia FIFA dan Wimbledon jelas menggunakan analisis Big Data khusus.

4. Kesehatan

Big Data digunakan untuk mengumpulkan data kesehatan publik agar bisa digunakan untuk memberikan respons masalah kesehatan secara lebih cepat. Data ini juga dipakai untuk mengidentifikasi lebih dini penyebaran virus baru seperti Ebola. Umumnya kementerian kesehatan di seluruh dunia rutin menggunakan analisis Big Data untuk membantu pengolahan hasil sensus maupun surveinya.

5. Pendidikan

Big Data digunakan untuk memperbarui dan meningkatkan khasanah literatur di berbagai cabang keilmuan yang semakin cepat berkembang. Universitas-universitas di seluruh dunia memanfaatkankannya untuk memonitor dan melacak performa dari mahasiswa maupun fakultasnya, pun untuk memetakan ketertarikan mahasiswa berdasarkan beragam mata kuliah yang diambil.

6. Produksi

Big Data digunakan untuk meningkatkan produktivitas melalui peningkatan penyediaan rantai menajemen. Perusahaan produksi menggunakan analisis yang ada untuk memastikan bahwa mereka telah mengalokasikan sumber daya produksi secara optimal sehingga menghasilkan keuntungan maksimal.

7. Asuransi

Big Data sangat berguna untuk mengembangkan produk baru melalui alat analisis prediktif. Perusahaan asuransi menggunakan analisis ini untuk melacak skema dari aturan yang ada: mana yang permintaannya paling banyak dan menghasilkan lebih banyak keuntungan.

8. Perdagangan

Big Data digunakan untuk memprediksi dan mengatur staf dan kebutuhan inventori. Perusahaan di bidang perdagangan menggunakan analisis ini untuk meningkatkan penjualan

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment