8 Situs Terpercaya untuk Mengakses Jurnal Internasional

8 Situs Terpercaya untuk Mengakses Jurnal Internasional

Akses referensi materi kuliah untuk perguruan tinggi menggunakan jurnal ilmiah terkadang mengalami hambatan karena tidak memiliki ID akses atau tidak berlangganan. Melihat hal ini beberapa kampus telah berusaha memberikan fasilitas hak akses agar civitas akademika dapat mengakses jurnal internasional tersebut. (BacaKontribusi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz Terhadap Penilaian Akreditasi )

Beberapa situs penyedia jasa jurnal internasional memiliki akses yang berbayar, meskipun begitu situs yang berbayar ini akan memberikan nilai lebih terutama pada jumlah akses jurnal yang bisa unlimited dari pada yang gratis. Berikut setidaknya 8 situs jurnal internasional yang bisa diakses secara online, terpercaya, berbayar dan gratis yang bisa menjadi sumber acuan.

1. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

daftar situs jurnal internasional
DOAJ ~ www.kuk.ac.in

DOAJ merupakan sebuah situs yang memuat direktori jurnal dan artikel ilmiah yang memiliki akses terbuka (open access) dari seluruh penjuru dunia. Di luncurkan tahun 2003 hingga saat ini tercatat telah lebih dari 11.000 jurnal dari 127 negara dan lebih dari 3 juta artikel tersimpan pada situs ini.

2. Microsoft Academic

daftar situs jurnal terpercaya
Microsoft Academic ~ lib.untidar.ac.id

Situs yang menawarkan akses pada jurnal ilmiah ini menyediakan data jurnal dengan bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris. Anda dapat mengakses dengan link https://academic.microsoft.com/ dan mengetikkan kata kunci yang ingin dicari pada kotak yang telah disediakan. Sistem pencarian didalam situs jurnal ini juga dapat menggunakan kriteria untuk mengerucutkan pencarian seperti “Date Range” untuk tahun terbit, “Author” untuk nama pengarang, “Affiliation” untuk sumber jurnal, “Field of Study” untuk subyek program studi Anda, “Journal” untuk sumber jurnal sama seperti menu Affiliation.

3. Academia.edu

daftar situs penyedia jurnal internasional
Academia ~ phys.org

Situs ini cukup terkenal dikalangan para akademisi seperti, mahasiswa, dosen, dan peneliti. Situs ini umumnya dikenal dengan sebutan jejaring sosial para akademisi untuk berbagi hasil penelitian yang telah dilakukan, mengikuti atau  follow seseorang yang memiliki bidang penelitian yang sama dengan Anda dan juga sebagai media untuk mempublikasikan karya ilmiah yang telah selesai. Untuk mendapatkan jurnal pada situs ini Anda harus memiliki akun didalamnya dengan mendaftar dan sinkron dengan akun Google atau Facebook.

4. Research Gate

daftar situs penyedia jurnal
researchgate

Hampir sama dengan Academia, situs Research Gate merupakan platform media sosial untuk para peneliti karena didalamnya terdapat forum diskusi yang bisa melibatkan banyak peneliti dari seluruh dunia. Situs ini bisa digunakan untuk Anda mencari referensi jurnal yang sangat berguna pada jenjang pendidikan S1 dan S2. Tampilan website yang lebih ringan dari Academia, website ini berisi jurnal publikasi yang memang tidak terlalu terbuka aksesnya. Beberapa publikasi membutuhkan izin dari pemiliknya jika akan digunakan.

5. Google Scholar

situs penyedia jurnal terpercaya
Google Scholar

Situs yang sangat mudah diakses milik perusahaan Google ini menyediakan ratusan ribu jurnal ilmiah yang bisa diakses dengan beragam format. Situs ini menyajikan berbagai macam paper, tesis, jurnal, artikel, electronic books (ebook), dan literatur ilmiah lainnya secara gratis.

6. ProQuest

situs penyedia jurnal terpercaya
ProQuest ~ ace.edu.np

ProQuest sebagai pangkalan data menyediakan banyak sumber artikel dan jurnal ilmiah dari banyak disiplin ilmu yang bisa Anda manfaatkan!

7. Ebsco

situs penyedia jurnal terpercaya
ebsco

Situs jurnal ilmuah Ebsco membantu Anda dalam pencarian keperluan tugas dan referensi ilmiah dari berbagai interdisipliner pendidikan mulai dari kesehatan, kepemerintahan, hingga kemiliteran, semuanya ada.

8. ScienceDirect

situs penyedia jurnal terpercaya
ScienceDirect ~ elsevier.com

Website yang sudah tidak asing dikalangan para peneliti, guru, dan pekerja profesional ini menyimpan banyak artikel ilmiah dengan akses yang berbayar.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment