9 Tempat Wisata Ngabuburit Asyik di Sleman

9 Tempat Wisata Ngabuburit Asyik di Sleman

Blog.Gamatechno.com- Zaman telah berubah, pembangunan semakin merata. Akibatnya, destinasi wisata tidak lagi tersentralisasi. Kalau dulu tempat-tempat yang asik buat ngabuburit—menghabiskan waktu menunggu waktu berbuka puasa—banyak yang berada di Kota Yogyakarta, seperti Malioboro dan Nol Kilometer, sekarang wisata Sleman pun tidak kalah ramainya.  Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang beberapa tahun terakhir menjadi sangat hits di kalangan anak muda. Namun, selain remaja, tentu saja pengunjung yang datang juga terdiri dari beragam usia, dari anak-anak hingga dewasa.  Banyak spot-spot manarik di Sleman yang selalu padat di jam-jam berbuka puasa.  Berikut ini Gamatechno rangkum sembilan tempat wisata di Sleman yang asik buat ngabuburit. Dan yang pasti, kamu harus ikut mencoba ke tempat-tempat ini dan merasakan atmosfernya!

1. Lembah UGM

lembah UGm
Ngabuburit Lembah UGM | yogyes.com

Fenomena di Lembah Universitas Gadjah Mada (UGM) ini cukup menarik. Seolah Lembah UGM memiliki daya tarik yang sangat besar di mata banyak orang. Di hari Minggu biasa, tempat ini dipadati oleh berbagai lapak yang menjual bermacam makanan hingga pernak-pernik berharga miring—Sunday Morning (SunMor).  Tidak cukup sampai di situ, di bulan Ramadhan, terutama di sore hari, Lembah UGM kembali dipadati oleh banyak pelapak yang terkhusus menjual berbagai makanan berbuka puasa. Mulai dari sup buah, es pisang ijo, sosis bakar, batagor, dan sebagainya. Karena variasi menunya yang banyak, tidak heran Lembah UGM selalu ramai di sore hari di bulan Ramadhan.

2. Pasar sore Ramadhan Sleman

Pasar Sore Ramadhan Sleman
Pasar Sore Ramadhan Sleman | dinaspasar.slemankab.go.id

Pernah dengar Kampoeng Ramadhan Jogokariyan? Begitulah kira-kira gambaran pasar sore Ramadhan Sleman. Seperti pasar sore lainnya, pasar sore Ramadhan Sleman juga menyediakan berbagai pilihan menu berbuka. Dibandingkan dengan lapak dadakan di Lembah UGM, pasar sore ini memiliki akses yang lebih leluasa karena lokasinya lebih luas.

3. Sepanjang Jalan Kaliurang

Jalan Kaliurang jogja.semberani
Jalan Kaliurang | Jogja.semberani.com

Di siang hari, Jalan Kaliurang mungkin bukan favorit banyak orang. Selain kemungkinan macet sangatlah terbuka, di siang hari Jalan Kaliurang benar-benar panas. Tetapi, di sore hari, jalan ini seolah berubah wajah. Sepanjang Jalan Kaliurang adalah tempat yang asik buat ngabuburit. Baik untuk sekedar jalan-jalan sendiri, bareng teman-teman, atau sekalian berburu tempat dan menu berbuka dengan pilihan yang beragam.  

museum-gunung-merapi triptusdotcom
Museum Gunung Merapi | www.triptrus.com

4. Taman Museum Gunung Merapi

Museum ikonik di Jogja dulu identik dengan Monjali. Tetapi, sejak 2010 hadir Museum Gunung Merapi. Museum ini berlatarkan Gunung Merapi dengan bentuk bangunan yang tidak kalah unik, trapesium. Berlokasi di Hargobinangun, Sleman, museum ini memiliki taman yang bisa diakses oleh para pengunjung untuk jalan-jalan menghabiskan waktu.

5. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko RR
Candi Ratu Boko | www.rri.co.id

Candi Ratu Boko dari dulu memang sudah terkenal. Tetapi perbedaannya, dulu candi ini hanya ramai sebagai destinasi wisata sejarah, sedangkan sekarang candi ini ramai karena banyak dijadikan seting di film-film populer. Selain itu, karena semakin dekat dengan preferensi anak muda—dengan share yang tinggi di berbagai media sosial—, popularitas Candi Ratu Boko pun semakin melambung.  Bangunan ini diperkirakan berdiri pada abad ke-9. Letaknya di daerah perbukitan, tepatnya di kaki Bukit Boko, sebelah selatan kompleks Candi Prambanan. Tanahnya lebih tinggi daripada daerah sekitarnya, sehingga dari sini orang-orang cukup leluasa melihat sekelilingnya. Nah, sekarang paham kan mengapa candi ini menjadi tempat wisata yang sangat tepat untuk melakukan ngabuburit?

6. Candi Sambisari

candi sambisari
Candi Sambisari | Indonesiana.merahputih.com

Berbeda dengan Candi Ratu Boko, popularitas Candi Sambisari meningkat secara perlahan. Saat ini, Candi Sambisari menjadi salah satu tempat wisata sore yang sangat menyenangkan. Candi ini tergolong unik, karena letaknya berada 6,6 meter di bawah permukaan tanah. Hal ini disebabkan karena candi ini pernah terkubur lahar letusan Gunung Merapi pada 1006. Sekeliling candi ini dipenuhi oleh pepohonan rimbun yang sangat pas buat piknik ramai-ramai.

7. Alun-alun Sleman

taman-lapangan-denggung tripadvisor
Taman Lapangan Denggung | www.tripadvisor.com

Alun-alun Sleman—alun-alun Denggung—adalah tempat yang tepat untuk refreshing. Tempat ini menyediakan berbagai fasilitas dan permainan yang bisa diakses oleh semua pengunjung. Oleh karenanya, alun-alun Denggung sangat tepat dijadikan tempat wisata sekeluarga. Anak-anak hingga orang tua sama-sama bisa refreshing di sini sambil menunggu waktu berbuka puasa.

8. Sindu Kusuma EduPark

ske-4tripjogja.co.id
Sindu Kusuma Edupark | tripjogja.co.id

Berdiri di lahan seluas tujuh hektar, Sindu Kusuma EduPark (SKE) adalah destinasi hiburan keluarga berbasis budaya yang sangat lengkap. Mulai dari anak-anak hingga dewasa semuanya diakomodasi oleh berbagai pilihan fasilitas. Meskipun SKE masih tergolong baru, mulai hadir pada 2014, namun tempat wisata ini sudah dikenal luas dan banyak dijadikan sebagai destinasi wisata utama banyak kalangan. Sambil menunggu berbuka, pengunjung bisa memanfaatkan berbagai wahana yang tersedia—wahana yang ada pun setiap tahunnya selalu ditambah.

9. Embung Donomulyo Asri

embung donomulyo asri
Embung Donomulyo Asri | jogja.mblusuk.com

Embung Donomulyo Asri sangatlah tepat dipilih untuk pengunjung yang mengharapkan suasana tenang. Embung ini memiliki ukuran yang cukup besar. Selain itu, di beberapa lokasi disediakan tempat berteduh yang muat untuk menampung beberapa orang. Sambil menunggu berbuka puasa, pengunjung bisa duduk-duduk santai di pinggir embung sambil menikmati hamparan air yang menenangkan.

Itu tadi sembilan tempat wisata di Sleman yang bisa menjadi alternatif ngabuburit di Ramadhan tahun ini. Oh, dan sebenarnya, masih sangat banyak tempat wisata di Sleman yang bisa dikunjungi dan dieksplor.

Berbagai informasi tersebut sudah terangkum di aplikasi Amazing Sleman buatan Gamatechno. Di dalamnya, tidak hanya tempat-tempat wisata umum saja yang disajikan, namun juga wisata alam, budaya, religi, dan kuliner. Selamat ngabuburit!

Leave a comment