Aplikasi mCampus di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Aplikasi mCampus di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

aplikasi mCampus Mahasiswa
Aplikasi mCampus

mCampus merupakan salah satu aplikasi pendukung transfer informasi dari kampus untuk mahasiswanya. Dengan adanya aplikasi ini, kampus akan lebih mudah menyampaikan informasi akademik maupun non akademik yang terkait dengan perkuliahan. Untuk mahasiswa, aplikasi ini tentunya dapat menghemat waktu dan tenaga karena mahasiswa tidak perlu datang ke kampus untuk melihat papan pengumuman atau ke bagian Tata Usaha.

Kemudahan akses informasi ini tentunya menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik kampus maupun mahasiswa. Hal inilah yang kemudian membuat salah satu kampus di Yogyakarta ingin menggunakan aplikasi ini untuk melengkapi fasilitas kampus. Kampus yang telah menjadi salah satu klien terpercaya Gamatechno ini tidak lain adalah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST). UST memiliki komitmen yang kuat untuk menggunakan TIK dalam memberikan layanan terbaik kepada para mahasiswa dan sudah mengimplementasikan sistem informasi terintegrasi dari Gamatechno.

2014_07_23_launching_mCampus
Launching aplikasi mCampus

Sebagai peresmian implementasi aplikasi mCampus untuk UST, diselenggarakan acara launching pada tanggal 23 Juli 2014 yang lalu. Acara launching ini berlangsung di Jalan Kusumanegara 157 yang merupakan kampus pusat UST. Rektor UST Yogyakarta Drs. H. Pardimin, M.Pd. dan Direktur Gamatechno Adityo Hidayat, S.Kom, MBA, CISA turut hadir dalam acara ini. Peresmian ini menjadi berkesan untuk kedua belah pihak karena UST merupakan pengguna pertama aplikasi mCampus.

mCampus
Tampilan Aplikasi mCampus

Solusi mCampus saat ini tersedia dalam platform Android dan dapat diunduh dari akun pengembang Gamatechno di Google Play Store. Mahasiswa UST Yogyakarta dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan mendapatkan beberapa fitur utama mCampus. Salah satu fitur utama yang ada dalam aplikasi ini adalah informasi layanan akademik yang meliputi jadwal kuliah dan ujian, nilai, transkrip, beasiswa dan pembayaran, serta layanan berbagi informasi akademik tersebut melalui media sosial.

Sebagai salah satu bentuk evaluasi untuk aplikasi mCampus, Gamatechno mengadakan survey yang ditujukan bagi mahasiswa UST. Survey ini dilaksanakan pada bulan Februari 2015 dan melibatkan 107 responden dari berbagai fakultas di UST.

Sejauh ini, sebagian mahasiswa UST sudah menginstall aplikasi mCampus ini ke dalam smartphone dan memanfaatkannya sebagai media informasi kampus. Dengan penggunaan yang cukup mudah, mahasiswa merasa tidak kesulitan dalam mengakses informasi melalui mCampus.

Fitur yang paling banyak digunakan adalah informasi akademik karena berkaitan langsung dengan proses perkuliahan. Untuk ke depannya, mahasiwa berharap ada penambahan fitur di mCampus antara lain fitur konsultasi dosen pembimbing dan pembayaran online. Menurut mahasiswa, supaya sosialisasi aplikasi ini berjalan dengan baik maka kampus harus melakukannya lewat media sosial yang biasa diakses oleh mahasiswa. Contohnya adalah facebook dan twitter.

preview
Banyak masukan dari mahasiswa yang didapatkan dari survey ini berkaitan dengan aplikasi mCampus. Karenanya Gamatechno akan terus menambah performa mCampus sebagai bentuk apresiasi dan akan terus mengembangkan aplikasi ini menjadi aplikasi terbaik yang dapat melengkapi kebutuhan kampus dan mahasiswa.(lia)

Leave a comment