Keuntungan Menggunakan Aplikasi Penagihan Berbasis Online Bagi E-Commerce

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Penagihan Berbasis Online Bagi E-Commerce

E-commerce dapat diartikan sebagai transaksi bisnis atau keuangan yang memfasilitasi pembayaran elektronik dari barang yang dibeli dari toko online. E-commerce mencakup berbagai aktivitas bisnis dengan memakai teknologi elektronik yang akan menghubungkan perusahaan, konsumen, dan masyarakat dalam bentuk transaksi online, pertukaran atau penjualan barang dan servis. E-commerce mengalami kemajuan yang pesat karena penggunaan internet yang praktis memudahkan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tanpa mengeluarkan banyak waktu dan tenaga.

Belanja online merupakan format e-niaga, di mana transaksi jual beli terjadi di waktu yang sama ketika konsumen membeli barang atau layanan dari toko online. Dalam belanja online, tidak ada perantara, yang ada hanya interaksi antara pembeli online dan penyedia toko atau layanan. Transaksi yang aman merupakan faktor penting untuk memupuk kepercayaan konsumen dengan penjualnya. Baik penagihan maupun pembayaran, akan menghasilkan banyak keuntungan apabila menggunakan aplikasi berbasis online yang memiliki fitur terbaru ( BacaMudahnya Pengelolaan Penagihan Invoice bagi Perusahaan ). Tentunya karena konsep e-commerce itu sendiri adalah transaksi elektronik, maka baik penagihan maupun pembayaran juga dilakukan dengan cara online. Berikut merupakan keuntungan yang didapatkan jika menggunakan aplikasi penagihan berbasis online bagi e-commerce.

Cepat dan Sederhana
Dengan menggunakan apikasi penagihan berbasis online, semua informasi klien akan disimpan secara online. Nama dan alamat klien, syarat pembayaran, dan metode pembayaran akan disimpan dan dilindungi keamanannya. Yang harus dilakukan hanyalah memilih klien yang akan menerima invoice, mengisi jumlah, jam, atau produk yang dibeli, kemudian memilih tanggal jatuh tempo, dan invoice akan terkirim secara otomatis secara elektronik ke klien. Proses ini hanya membutuhkan satu sampai dua menit saja untuk menyelesaikannya. Singkatnya, aplikasi penagihan berbasis online tidak hanya mempercepat seluruh proses pembayaran, tetapi juga sangat user friendly. Pengaturan pada aplikasi tidak membutuhkan waktu lama dan bisa segera memulai mengirim invoice pada klien dalam hitungan menit.

Menetapkan Identitas Merek
Keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi penagihan berbasis onlinebagi e-commerce adalah adapat memperkuat identitas merek. Aplikasi bisa disesuaikan dengan menambahkan logo, skema warna, dan font yang cocok dengan konsep pada merek. Aplikasi penagihan berbasis online juga bisa membuat pesan yang disesuaikan, seperti ucapan terima kasih. Ketika identitas merek kuat, hal tersebut akan meningkatkan peluang untuk klien membayar invoice tepat waktu. Riset mengatakan bahwa ketika logo dicantumkan akan meningkatkan pembayaran sebanyak 3 kali.

Hal-hal tersbut mungkin tampak sepele, namun pesan-pesan tersirat tersebut juga bisa meningkatkan merek. Identitas merek menunjukan kepribadian dan keahlian pemiliknya.

Menangani Banyak Mata Uang dan Bahasa
Pada dasarnya semua warga dunia saat ini menjadi “warga global” berkat teknologi yang kian berkembang. Seseorang di Inggris bisa menagih klien mereka di belahan dunia lain. Pelanggan di Indonesia bisa memesan barang dari perusahaan di Korea.

Karena itu, aplikasi penagihan berbasis online memungkinkan pengguna untuk memilih mata uang dan bahasa pilihan mereka. Hal yang tidak mungkin sebelumnya menjadi mungkin saat ini. Penagihan berbasis online dan pembayaran membuat pebisnis dan klien jauh lebih nyaman untuk memasuki pasar globat. Aplikasi ini juga menghilangkan hambatan pembayaran.

Pengiriman Instan = Pembayaran Lebih Cepat
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, hanya dibutuhkan hitungan detik untuk mengirim invoice secara online dan akan lebih cepat dengan menggunakan sistem penagihan yang berulang. Invoice yang dikirim lebih cepat akan membuat kompensasi juga diterima lebih cepat. Tanpa perlu menunggu surat yang datangnya sampai berminggu-minggu.

Ramah Lingkungan
Invoice digital atau berbasis online empat kali lebih ramah lingkungan daripada penagihan kertas. Hal ini tentu sangat menghemat pohon. Menghemat beberapa hal yang diperlukan untuk menghasilkan kertas serta menghemat energi dan mengurangi polusi. Dengan ini kita bisa mengurangi limbah padat dengan tidak lagi membuang invoice kertas.

Mengurangi Kesalahan dan Perselisihan
Membuat invoice manual dengan kertas memerlukan beberapa langkah. Setiap proses yang dilakukan oleh manusia rentan terhadap kesalahan. Salah memproses jumah penagihan atau salah dalam mengirim tagihan pada klien bisa saja terjadi. Namun dengan menggunakan aplikasi penagihan berbasis online akan menghentikan kesalahan-kesalahan kecil namun berdampak pada hubungan kita dengan klien. Kesalahan akan menunda proses pembayaran. Dan akan menyebabkan kita membayar hal-hal yang sebenarnya bisa dihindari untuk memperbaiki hal tersebut. menggunakan aplikasi yang dapat menyimpan data klien secara online merupakan solusi yang terbaik.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment