Smart City Indonesia: Kota Denpasar Menuju Smart City

Smart City Indonesia: Kota Denpasar Menuju Smart City

Blog.Gamatechno.com – Smart city Indonesia saat ini makin menggeliat. Makin banyak kota yang terus melangkah menuju konsep pengelolaan kota cerdas, smart city. Salah satunya adalah kota Denpasar, Bali. Saat ini Kota Denpasar sedang serius berbenah menuju smart city sebagai jawaban atas tantangan global, terutama dibukanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Sejak tahun 2015 melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, pemerintah kota Denpasar resmi menerapkan layanan sistem terpadu. Sistem pelayanan ini dapat dengan mudah diakses masyarakat karena telah mendukung akses via teknologi mobile.

Selain kemudahan bagi warga dalam menggunakan layanan yang telah disediakan oleh pemerintah.  Berkat penerapan sistem informasi terintegrasi pula produk-produk pun destinasi wisata di seluruh penjuru Kota Denpasar dapat semakin ­berkembang pesat. Untuk mengetahui lebih dekat tentang penerapan teknologi informasi di Kota Denpasar yang tengah serius melangkah menjadi salah satu smartcity di Indonesia. Berikut kami sajikan ulasannya.

1. Taman Digital Lumintang

taman digital lumintan
Taman Digital Bali

Buah hasil kerjasama antara Pemerintah Kota Denpasar dengan PT. Telkom adalah menyediakan wifi di kurang lebih 50 titik umum di penjuru kota Denpasar, salah satunya di Lapangan Lumintang. Lapangan kota yang disulap menjadi taman edukasi ini berlokasi di depan Gedung Sewaka Dharma yang merupakan Kantor Pemerintahan. Fasilitas wifi yang tersedia di tempat ini dapat dengan mudah dan murah dimanfaatkan oleh warga kota.

2. Pengaduan Rakyat Online

pro denpasar
Pro Denpasar, Pengaduan Rakyat Online

Aplikasi PRO DENPASAR ini merupakan aplikasi berbasis website maupun android yang bersifat dua arah sehingga dapat meningkatkan partisipasi publik. Berperan sebagai alat bantu untuk melakukan monitoring dan verifikasi program pembangunan, serta pengaduan masyarakat di Kota Denpasar. Masyarakat umum dapat memberikan laporan mengenai masalah di Kota Denpasar untuk kemudian tim verifikasi PRO DENPASAR akan meninjau dan memposisikan laporan tersebut kepada instansi terkait untuk segera ditindaklanjuti.

3. Smart Digital Lounge untuk Pelajar

smart digital lounge bali
Smart Digital Lounge Bali

Lounge digital yang dikelola secara professional oleh Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia (MIKTI) Kota Denpasar serta Balai Diklat Industri Denpasar bertujuan untuk mewadahi mereka pelaku technopreneur baik yang menjalankan secara professional maupun yang sedang dalam tahap belajar. Sehingga industri technopreneur seperti games, edutainment, music, animation, maupun software solutions dapat tumbuh subur di Denpasar dan sekitarnya.

4. Denpasar Trading

Denpasar Bali Smart City
Denpasar Trading Smart City

Bali Denpasar Trading adalah sebuah laman e-commerce yang dikelola oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Denpasar. Katalog barang-barang yang dijual pada laman tersebut adalah hasil karya industri kreatif dari seluruh Bali. Mulai dari herbal, aksesoris, perhiasan, kain, bahkan ukiran. Informasi tiap-tiap item yang dijual pun lengkap. Info detail seperti warna, ukuran, berat, hingga bahan juga turut disampaikan. Melalui laman ini tidak hanya pembeli dari lokal semata yang dimudahkan, lebih dari itu buyer dari luar untuk mencari barang yang diinginkan. Hal ini tentu membuka peluang pasar yang lebih luas lagi bagi seluruh pelaku bisnis dan industri kreatif di Bali. Denpasar Trading merupakan salah satu strategi pemerintah kota Denpasar dalam mempersiapkan pelaku industrinya guna menghadapi masyarakat ekonomi Asean.

5. Denpasar Seightseeing 

Aplikasi yang dapat dijadikan pegangan saat ingin jalan-jalan di Denpasar ini melengkapi Denpasar sebagai sebuah smart city. Melalui aplikasi ini wisatawan lokal, maupun mancanegara dapat dengan mudah menemukan tempat wisata, tempat bersejarah, kuliner, penginapan, pusat kerajinan, pementasan, hingga event-event yang berlangsung di seluruh penjuru Denpasar. Aplikasi berbasis Android besutan Gamatechno ini  dilengkapi navigasi map dan informasi hotel terdekat dari lokasi event sehingga memudahkan wisatawan yang berkunjung. Tak ketinggalan, aplikasi Denpasar Sightseeing juga dilengkapi dengan fitur sosial media yang memungkinkan penggunanya mengabadikan, dan berbagi moment saat menjelajahi Denpasar.

Menarik untuk dibaca: Ini 5 Alasan Penting Tiap Kota Harus Memiliki Aplikasi Mobile Resmi Perkotaan

Saat ini kota yang menjadi ibu kota provinsi Bali tersebut masih terus berbenah menjadi salah satu smart city di Indonesia. Denpasar tengah membuat segala aspek kehidupan warganya menjadi lebih cerdas melalui teknologi informasi. Mulai dari pemerintahan, perekonomian, kesehatan, lalu lintas, lingkungan, hingga warga kotanya sendiri. Dengan langkah pasti Denpasar ini menambah daftar panjang kota yang melangkah menjadi smart city Indonesia.

build smarter city

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment