Persiapkan ini Sebelum Gunakan Sistem HR Digital untuk Perusahaan Anda

Persiapkan ini Sebelum Gunakan Sistem HR Digital untuk Perusahaan Anda

Blog.Gamatechno.com –  Teknologi digital terbukti mampu membantu meringankan tugas administrasi HR. Beragam kegiatan administrasi yang merepotkan bisa diselesaikan dengan lebih efisien dan cepat dengan aplikasi HR berbasis digital. Fitur integrasi data yang ada, membuat HR officer tak perlu menyediakan banyak waktu untuk mengulang membaca data-data yang ada.

Teknologi digital disini bukan tentang pemanfaatan komputer dengan aplikasi Excel, melainkan sistem informasi berupa aplikasi yang memuat solusi administrasi HR, mulai dari pengumpulan data, pengelolaan, bahkan sampai automasi sistem.

HR berbasis digital merupakan komputerisasi data SDM yang kemudian digunakan untuk mengorganisir tata kelola dan tata laksana manajemen HR. HR berbasis digital dapat membantu mengorganisasikan data agar administrasi perusahaan menjadi lebih rapi, mudah dicari, serta menyajikan data yang benar dan tepat. Selain itu, HR digital mampu menjaga rahasia perusahaan terutama terkait data-data penting perusahaan.

Butuh persiapan yang matang untuk melangkah menerapkan teknologi digital. Apalagi dengan data dan proses administrasi HR yang sangat banyak, persiapan jadi hal yang vital.

Berikut ini checklist kesiapan yang perlu diperhatikan oleh perusahaan, Tim HR dan Owner

1. Kesiapan Sumber daya manusia

HR selalu berhubungan dengan SDM perusahaan, maka SDM  juga perlu dipersiapkan terlebih dahulu supaya dapat mengoperasikan HR berbasis digital. Bentuk dedicated team / tim khusus untuk menangani masalah IT. Untuk lebih memudahkan, bekali karyawan dengan pengetahuan IT agar karyawan menjadi aware dan terbiasa mengoperasikan IT.

2. Menyiapkan Infrastruktur teknologi

Owner atau tim HR perlu memikirkan Infrastruktur apa saja yang akan digunakan, salah satunya pemilihan server. Ada 2 macam server yang dapat dipilih, yaitu: server milik sendiri atau cloud. Keduanya memilki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Server milik pribadi atau on premis memungkinkan perusahaan untuk mengatur server sesuai kebutuhan, akan tetapi perusahaan harus memiliki pengetahuan lebih tentang penggunaan server ini.

Sedangkan cloud server memiliki fleksibilitas dari sisi sumber daya, cloud server tidak memilki batasan spesifikasi sehingga perusahaan dapat meningkatkan storage, memory dan prosesor sesuai keinginan. Namun, dengan cloud server berarti perusahaan mempercayakan sepenuhnya keamanan dan kerahasiaan data kepada cloud provider maka kerahasiaan data menjadi tidak terjamin keamanannya.

3. Penentuan kebutuhan sistem

Selain server, perlu juga ada perencanaan terhadap sistem yang berlaku. Misalnya bagaimana proses rekrutmen karyawan baru. Bagaimana hubungan antara absensi karyawan, cuti karyawan dengan gaji karyawan. Apa kebijakan perusahaan terhadap karyawan yang kurang disiplin. Perencanaan sistem yang matang akan membuat HR digital menjadi sebuah sistem yang terintegrasi.

4. Konfirgurasi Sistem HR dengan Proses Kerja Perusahaan

Executive perlu menganalisa kebijakan perusahaan dan proses alur kerjanya (workflow) yang ingin diintegrasikan melalui sistem  HR. Dalam hal ini sangat bagus jika proses alur kerja dibuat secara spesifik, sehingga sistem HR yang akan dibangun nanti benar-benar menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Ini perlu koordinasi yang baik antara tim HR dengan executive / owner untuk memiliki cara pandang yang sama terhadap sistem HR diimplementasikan nanti.

Dapatkan sistem HR terintegrasi, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda di gtHR 

Baca juga:  Ide Kreatif Kegiatan Engage Karyawan Agar Kinerja Sesuai Harapan

5. Siapkan Data Untuk Integrasi Sistem

Untuk membantu anda dalam membentuk sistem yang terintegrasi, perlu dipersiapkan kelengkapan data. Data-data yang diperlukan, seperti : (a) data personal karyawan, termasuk informasi kontak, hingga demografi karyawan; (b) Informasi terkait jumlah kompensasi dan gaji masing-masing karyawan; (c) data perhitungan absensi karyawan, hingga data – data lain yang menunjang kinerja perusahaan anda yang ingin diintegrasikan melalui sistem.

Itulah beberapa checklist bagi perusahaan baik industri menengah atau startup yang ingin mulai menggunakan sistem HR ternintegrasi. Konsultasikan kebutuhan anda pada industri – industri penyedia solusi IT HR terintegrasi yang terpecaya, salah satunya Gamatechno

 

Code Heroes Merc

Tags

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*