Pidato Melanie Trump vs Michelle Obama – Deteksi Plagiarism

Pidato Melanie Trump vs Michelle Obama – Deteksi Plagiarism

Blog.Gamatechno.com – Plagiarisme adalah salah satu dosa yang banyak diperangi orang namun juga sering sekali ditemui di dunia akademik dan intelektual. 

Gamatechno mengembangkan Aplikasi Deteksi Plagiat gt-PlagiarismTest atau dalam versi nama lainnya di UGM disebut AiMOS (Academic Integrity Monitoring System) dan TESSY (Test of Literatures Similarity). Aplikasi ini memungkinkan pengguna membandingkan suatu karya dengan karya lain dan menghitung prosentase kemiripannya.

Berikut ini adalah salah satu studi kasus penggunaan gtPlagiarismTest atau AiMOS dalam membandingkan pidato Melanie Trump dan Michelle Obama yang diambil dari post blog notafra.id.

Tahun 2016 telah datang. Artinya saat yang dinanti publik Amerika dalam memilih presiden mereka telah tiba. Berbagai macam cara marketing pun dilakukan agar terpilih. Tak terkecuali dengan mengajukan salah satu dari figur penting, yaitu the first lady and the future of first lady. Kali ini Donald Trump melalui istrinya ingin menarik simpati publik Amerika dengan pidato kampanyenya. Sayangnya pidato kampanye Melanie Trump tersebut dinilai oleh khalayak banyak tidak original karena hampir sama dengan pidato dari Michelle Obama yang pernah dipublikasikan sebelumnya.
Melihat fenomena yang menarik ini. Saya mencoba untuk membandingkan dua naskah pidato dari kedua wanita hebat ini melalui aplikasi AiMOS anti plagiarism. AiMOS adalah salah satu diversifikasi dari produk TESSY atau Test of Literatures Similarity. Untuk mengenal lebih dalam tentang TESSY, silakan membaca tautan berikut ini (dailysocial.net).
Pertama yuk kita ambil cuplikan pidato tersebut dari internet.

No_one_to_be_fired_after_Melania_Trump_speech_plagiarism_episode_-_CNNPolitics_com-768x409

Gambar pidato Melanie Trump pada 2016 dan Michelle Obama pada 2008

Berikutnya kita letakkan kedua teks pidato ini masing masing dalam sebuah file PDF. Setelah itu kita login dan masuk ke sistem AiMOS. kalau ingin mencoba silahkan kirim email ke saya, nanti akan saya buatkan username dan passwordnya [dimasmukhlas@gmail.com]

AiMOS_2_0-768x381

Halaman utama AiMOS

Langkah kedua adalah letakkan file Melanie sebagai testee atau yang akan di tes dan file Michelle sebagai tester atau penguji.

 File Testee
Similarity_Analysis_
File Tester
Similarity_Analysis2
Run dan kita akan lihat hasilnya
Berdasarkan uji coba kita, ternyata kita dapatkan bahwa kemiripan diantara keduanya adalah 30% yang menurut saya cukup tinggi. Bayangkan bila kita memiliki 100 halaman dokumen maka 30 halamannya paling tidak mirip sama persis.
Similarity_Analysis_3
Kemudian kita penasaran dong bagian mana yang mirip.
Nah kita bisa melihat dengan perbandingan komparasi ini. Bagian mana sajakah yang mirip. Ternyata lumayan banyak yang mirip. Kemiripan dimunculkan dengan tulisan berwarna merah.
Similarity_Analysis_prove
Ternyata tanda merah atau plagiarismnya cukup banyak.

Meski AiMOS atau TESSY ini adalah decision support system yang masih membutuhkan keputusan ahli dalam memastikan sebuah speech atau karya tulis terindikasi plagiarism atau tidak, namun dengan memiliki pembanding pada nilai angka maka hal ini akan memudahkan dalam membuat keputusan yang berkaitan dengan plagiarism.

Courtesy of notafra.id

Jika anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, silakan menghubungi info@gamatechno.com.

 

 

Download infografis Kontribusi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz Terhadap Penilaian Akreditasi Perguruan

Dapatkan penawaran menarik menggunakan aplikasi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz khusus untuk Anda!

Leave a comment