7 Teknologi Barcelona Smart City yang Bisa Diadopsi Indonesia

7 Teknologi Barcelona Smart City yang Bisa Diadopsi Indonesia

Apa yang anda bayangkan ketika mendengar kata Barcelona? Kemungkinan orang membayangkan kota di daratan Spanyol dan tentu saja klub sepak bola. Belum banyak yang tahu bahwa kota Barcelona adalah kota pertama di dunia dengan penerapan konsep Smart City.

Apa itu Smart City? Secara singkat Smart city adalah konsep pengelolaan dan tata kota secara efisien. Indonesia, salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar, tentu banyak memiliki masalah pengelolaan kota yang perlu diatasi secara efisien. Penerapan Smart City ini bisa jadi salah satu solusi masalah tersebut.

Mewujudkana konsep Smart City harus didukung dengan pemanfaatan teknologi yang tepat. Kota Barcelona bisa menjadi acuan dalam pengembangan teknologi Smart city. Berikut tujuh teknologi yang berhasil diterapkan di Barcelona dan bisa di adopsi negara kita.

  1. Layanan “Telecare” bagi Lansia dan warga disabilitas


11-02-7 teknologi Barcelona - telecare
Barcelona sangat peduli pada layanan Lansia usia diatas 75 tahun serta warga disabilitas. Layanan Telecare merupakan bentuk usaha mereka untuk meningkatkan kemandirian dan kualitas hidup kelompok warga ini.

Teknologi yang digunakan pada Telecare adalah pemasangan perangkat digital dirumah. Perangkat tersebut langsung terhubung ke layanan telpon Call Center. Layanan Call Center siap 24 jam memberikan segala bantuan bahkan melakukan kontak berkala agar mereka tidak kesepian. Layanan Call Center juga terhubung ke layanan lain misalnya dokter atau ambulan. Total sudah ada 70.000 orang yang menggunakan layanan ini di Barcelona.

  1. Smart Trafic Light, solusi bagi penyebrangan darurat dan warga disabilitas

11-02-7 teknologi Barcelona - traffic light

Pemanfaatan teknologi juga diterapkan di jalan raya. Trafic light memiliki remote untuk bisa diubah menjadi mode suara. Sangat membantu orang buta untuk menyebrangi jalan. Ketika ada pemadam kebakaran atau kondisi darurat, sistem bisa mengetahui dan mematikan trafiic light demi kelancaran perjalanan. Sistem akan kembali normal ketika kondisi darurat sudah lewat.

  1. Barcelona Wifi, Internet gratis disetiap sudut kota

11-02-7 teknologi Barcelona - wifi

Akses internet saat ini jadi kebutuhan penting, terutama bagi warga kota. Untuk itu pemerintah Barcelona memberikan layanan wifi gratis di setiap area. Total ada 461 access point yang menjadikan Barcelona kota dengan akses wifi terbesar.  Warga atau wisatawan bisa mengakses internet dengan kecepatan tertentu serta mendapatkan informasi terbaru mengenai kota Barcelona secara gratis.

  1. Telemanaging irrigation, sistem cerdas untuk pengairan kota

11-02-7 teknologi Barcelona - watering

Teknologi pengatur sistem irigasi kota dalam perangkat tablet pc. Teknologi ini bertujuan mengoptimalkan pemanfaatan air agar efisien. Alat pengairan terhubung dengan sensor dan remot kontrol, supaya bisa diakses kondisinya dimanapun dan kapanpun.

Dengan sensor tersebut, staff kebun cukup memeriksa kondisi tanaman dan pengairannya melalui tablet pc. Pengaturan jumlah air yang disiram juga bisa diatur melalui tablet pc. Ketika hujan sistem irigasi akan berhenti secara otomatis.

  1. MobileID, sistem dentitas digital

11-02-7 teknologi Barcelona -mobile id

Cukup mengunduh aplikasi MobileID, warga Barcelona bisa mendapatkan identitas digital di smartphone ( IOs atau Android). Identitas ini berguna menggantikan kartu identitas konvensional. Bisa bermanfaat untuk melengkapi data administrasi di dewan kota, misalnya membutuhkan salinan dokumen pajak, mendaftar sensus, menemukan mobil yang ditilang. Sangat memudahkan karena semua sistem sudah terintegrasi dengan MobileID.

  1. Barcelona Open Government, penerapan teknologi bagi sistem pemerintahan yang transparan

11-02-7 teknologi Barcelona - opengovernment

Sebagai bagian dari negara demokrasi, Barcelona juga menerapkan sistem Open Government. Mereka memanfaatkan teknologi berupa website berisi data transparan kinerja pemerintahan. Warga bisa menyampaikan ide dan masukan dengan mengajukan proposal melalui website. Ide dan proposal yang masuk akan di periksa dewan kota. Terdapat sistem vote yang terintegrasi, untuk menentukan jumlah dukungan dari warga pada tiap usulan.  Sistem Open Data juga diterapkan pada data pemerintahan.

  1. School routes, agar siswa aman berangkat sekolah

11-02-7 teknologi Barcelona -school rute

Program ini adalah pembuatan rute jalan kaki bagi siswa untuk berangkat dan pulang sekolah. Siswa yang berjalan kaki akan mendapatkan jaminan keamanan karena program ini juga bekerja sama dengan beberapa instansi, diantaranya polisi. Rute yang dibuat membantu mengenalkan lingkungan kesiswa. Pembelajaran dan penanaman kesadaran lalu lintas juga diterapkan ke siswa melalui program ini.

Sebagai provider teknologi smart city, Gamatechno, terus berkomitmen mewujudkan penerapan smart city di Indonesia. Walau jelas butuh waktu dan kerjasama berbagai pihak. Setidaknya saat ini telah ada progress menuju ke sana. Sehingga jelas sangat memungkinkan suatu saat Indonesia menjadi salah satu negara dengan penerapan Smart City di dunia. Lets build smarter city!

Sumber : http://smartcity.bcn.cat/en

build smarter city

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment