Kelola Data Pegawai dengan Sistem HR Management

Kelola Data Pegawai dengan Sistem HR Management

Di era modern ini, human resource menjadi salah satu faktor kunci sebuah perusahaan untuk dapat terus berkembang. SDM yang berkualitas akan menjamin kinerja optimal dan proses inovasi yang berkelanjutan pada sebuah perusahaan. Dan pada akhirnya akan berpengaruh pada pencapaian target dan visi perusahaan. Di samping itu, era MEA di 2015 mendatang akan semakin menguatkan pentingnya peran HRD sebagai motor penggerak perusahaan. Ketiadaan batasan antar negara menyebabkan semua perusahaan harus bersaing ketat dalam memenangkan kompetisi. MEA 2015 menjadi titik krusial bagi semua perusahaan di Indonesia, apakah mampu berkompetisi secara global dengan perusahaan asing. Dan sektor HRD memainkan peran kunci di setiap perusahaan dalam menghadapi MEA 2015.

Di sisi lain, masih banyak perusahaan yang mengesampingkan peran strategis HRD terhadap pencapaian visi & misi perusahaan. Perusahaan masih menganggap HRD hanya sebagai supporting unit dan bukan strategic partner di dalam organisasi. Manajemen perusahaan masih sering melakukan pengelolaan HRD secara tradisional dan manual. Pengelolaan pegawai seperti ini akan menyebabkan perusahaan tidak mampu bersaing secara global. Mengingat era MEA sudah di depan mata, top manajemen harus mulai membuka mata betapa penting dan strategisnya peran HRD dalam menjamin keberlangsungan bisnis perusahaan.

Pertanyaan besar bagi kita semua adalah bagaimana melakukan pengelolaan pegawai yang mampu bersaing di kancah global dalam rangka menghadapi era MEA 2015? Banyak pendekatan yang dapat dilakukan manajemen berdasarkan konsep teori dan best practice yang telah diimplementasikan. Namun dari semua itu, poin paling penting adalah adopsi framework manajemen HRD yang jelas dan sesuai diterapkan di masing-masing perusahaan. Mengingat karakteristik perusahaan berbeda-beda, maka pendekatan framework HR management yang digunakan juga akan berbeda disesuaikan culture perusahaan. Namun, secara besaran pengelolaan HR dapat dibagi 4 area: compensation & benefit, employment, career management dan governance, seperti framework di bawah.

HR Framework
HR Framework

Mengingat kompleksnya pengelolaan HR dan peran strategis HRD dalam sebuah perusahaan, diperlukan tools atau sistem yang dapat membantu HRD dalam melakukan pengelolaan SDM perusahaan. Dengan dukungan sistem HRD akan semakin memudahkan proses administrasi data pegawai, menggantikan sistem manual dengan sistem berbasis data komputer sehingga dapat memudahkan akses dan analisis. Penggunaan sistem tidak hanya mempercepat perolehan informasi, tetapi juga akan meningkatkan layanan, baik ke seluruh pegawai maupun kepada manajemen. Dengan bantuan sistem, pencarian data dapat dilakukan secara cepat, akurat, rekap data yang konsisten, dan penyajian data yang detail untuk kebutuhan pengambilan keputusan top management.

Sistem pengelolaan HRD dari Gamatechno yang bernama gtHR, hadir menjadi solusi yang tepat untuk menangani permasalahan pengelolaan pegawai di perusahaan. Beberapa fitur unggulan gtHR antara lain: pengelolaan master data pegawai, mutasi & transfer, pengelolaan waktu pegawai, kompensasi & benefit, payroll, rekruitmen serta portal pegawai untuk kemudahan akses sistem HRD bagi setiap pegawai. (puthut)

Jika anda tertarik untuk mengimplementasikan gtHR di institusi anda, silahkan untuk melakukan Request Inquiry

build smarter city

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment