Sharing Session : Berbagi Pengetahuan Mengenai Efisiensi Pengelolaan Perguruan Tinggi dengan Cloud Computing

Sharing Session : Berbagi Pengetahuan Mengenai Efisiensi Pengelolaan Perguruan Tinggi dengan Cloud Computing

 

Perguruan tinggi merupakan salah satu penghasil tenaga kerja. Untuk meningkatkan kualitas lulusan, maka perguruan tinggi perlu meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas yang ada dalam perguruan tinggi. Misalnya kualitas pengajar dan kualitas tata kelola perguruan tinggi.

Tata kelola yang baik dalam perguruan tinggi merupakan faktor utama bagi lancarnya setiap kegiatan di dalamnya. Karenanya penting bagi sebuah perguruan tinggi untuk memiliki sistem informasi yang terintegrasi dengan semua elemen yang ada di dalamnya. Terutama kebutuhan-kebutuhan utama seperti akademik, operasional dan finansial, hingga kebutuhan kontrol dan monitoring semua proses.

Penggunaan sistem informasi yang tepat dapat mempermudah penanganan administrasi pada saat penerimaan mahasiswa baru, pengelolaan data akademik mahasiswa, pelaksanaan kegiatan perkuliahan, manajemen sumber daya. Proses pengambilan kebijakan dari eksekutif juga dapat dilakukan secara lebih efektif dan optimal.

Implementasi TIK dengan baik di sebuah perguruan tinggi memang memerlukan dana yang cukup besar. Mulai dari pembangunan infrastruktur, menyewa tenaga ahli dan perawatan/maintain. Namun dengan adanya perkembangan teknologi informasi, hal ini bukan lagi menjadi masalah besar. Metode Cloud Computing yang kini mulai merambah di berbagai aspek, mulai diimplementasikan dalam dunia pendidikan. penggunaan metode ini memungkinkan kampus memotong biaya pembelian hardware dan software serta menghemat biaya pengeluaran untuk merekrut tenaga IT. Kampus hanya perlu membayar per bulan sesuai penggunaan dan memperoleh layanan back up data dan update software secara otomatis tanpa biaya tambahan.

Sebagai pionir perancang tata kelola lembaga pendidikan tinggi di Indonesia, Gamatechno ingin berbagi informasi mengenai cloud computing dengan mengadakan Sharing Session bertema “Efisiensi Pengelolaan Perguruan Tinggi dengan Cloud Computing”. Gamatechno yang memiliki pengalaman implementasi di lebih dari 100 kampus ini ingin mengajak perguruan tinggi di berbagai daerah untuk berbagi pengetahuan mengenai cloud computing dan manfaatnya dalam membantu pengelolaan kampus dengan narasumber dan praktisi berpengalaman di bidangnya.

Setelah beberapa waktu lalu menggelar acara serupa di Yogyakarta, Bali dan Malang, kini giliran Solo dan Purwokerto.  Keduanya akan diselenggarakan pada bulan April 2015. Solo pada tanggal 15 April 2015 di Aston Solo Hotel Jl. Slamet Riyadi 373 Laweyan, sedangkan Purwokerto pada tanggal 29 April 2015 bertempat di Santika Hotel Purwokerto Jl. Gerilya Barat No.30A.

Pembicara yang akan mengisi acara ini adalah Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D. yang menjabat sebagai Kepala Pusat Sistem dan Sumber Daya Informasi (PSDI), Universitas Gadjah Mada dan Awaludin Zakaria S.Kom sebagai Academic Software Manager, PT Gamatechno Indonesia.

Acara ini terbuka untuk pengelola Akademik Kampus dan pengelola IT Kampus yang ingin menambah pengetahuan seputar Cloud Computing dan ingin meningkatkan performa layanan informasi di kampus masing-masing.(lia)

Untuk informasi detail dan konfirmasi dapat dilakukan dengan dengan mengakses: www.gamatechno.com/sharingsession  atau menghubungi Arif – 0857 1222 5620/Anin – 0857 4283 2888.

 

Download infografis Kontribusi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz Terhadap Penilaian Akreditasi Perguruan

Dapatkan penawaran menarik menggunakan aplikasi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz khusus untuk Anda!

Leave a comment