gtFeeder langkah penggunaan

Langkah Mudah Pelaporan Feeder DIKTI dengan gtFeeder Community Version

Blog.Gamatechno.com –  Aplikasi Feeder DIKTI mulai diberlakukan sejak periode semester 2014/2015 Genap. PDDIKTI Feeder digunakan untuk pelaporan data perguruan tinggi, menggantikan pelaporan sebelumnya yang menggunakan EPSBED. Sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia sudah mulai menggunakan PDDIKTI Feeder dalam pelaporan data di setiap semesternya. Dengan diberlakukannya PDDIKTI feeder ini untuk pelaporan data perguruan tinggi, para operator pun juga harus menyesuaikan cara pelaporan data perguruan tingginya yang semula masih menggunakan EPSBED, dan sekarang harus mulai pelaporan data dengan web service.

Pada pelaksanaan pelaporan, sering terjadi operator harus bekerja extra melakukan input data perguruan tinggi ke PDDIKTI Feeder karena untuk input data di PDDIKTI Feeder masih harus dilakukan satu per satu. Hal ini terkadang menjadi masalah bagi operator, terutama bagi operator di perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa yang lumayan banyak. Apalagi bagi perguruan tinggi yang sudah memiliki sistem informasi akademik sendiri, tentu sangat merepotkan ketika harus mengulangi input data lagi ke PDDIKTI Feeder padahal mereka sudah memiliki data yang dibutuhkan untuk pelaporan di sistem informasi akademik mereka.

Karena masalah yang dihadapi operator tersebut, maka mulai banyak pihak atau bahkan operator sendiri yang membuat tools yang mempermudah input data pelaporan ini supaya operator tidak harus mengulangi input data satu per satu ke PDDIKTI Feeder. Mulai dari fasilitas integrasi data dari sistem informasi akademik supaya langsung dapat mengirim data ke PDDIKTI Feeder, dan ada juga membuat tools untuk input data ke PDDIKTI Feeder dengan menggunakan file .csv atau file dari excel.

Salah satu tools yang ada dan dapat digunakan untuk membantu operator dalam input data pelaporan ke PDDIKTI Feeder adalah gtFeeder Community Version. Mari kenalan lebih lanjut dengan gtFeeder Community Version yang akan memudahkan proses pelaporan data perguruan tinggi ini.

gtFeeder Community Version merupakan tools yang dibuat oleh Gamatechno untuk memudahkan pada operator pelaporan data perguruan tinggi yang ditujukan untuk perguruan tinggi yang tidak menggunakan sistem informasi akademik dari Gamatechno (gtAkademik). Operator cukup mengisi template file (excel) yang sudah disediakan di gtFeeder Community Version kemudian file yang sudah diisi lengkap tersebut diimport, dan untuk data yang sudah lengkap dan diisi dengan benar maka data akan otomatis masuk ke PDDIKTI Feeder. Berikut tampilan awal aplikasi gtFeeder Community Version

tampilan Langkah pertama gt feeder community version langkah mudah upload feeder PDDIKTI

Baca juga : gtFeeder, Aplikasi Feeder Gratis Untuk Upload Data Ke PD DIKTI

Dalam gtFeeder Community Version sudah terdapat data – data apa saja yang perlu diisi yang berkaitan untuk keperluan pelaporan data ke PDDIKTI Feeder. Dan di setiap data yang diperlukan, masing-masing sudah ada template excel untuk import. Jadi operator hanya perlu memindahkan data-data akademik yang dimiliki ke dalam template import yang sudah disediakan. Berikut contoh pengisian data mahasiswa sesuai template import yang tersedia

format upload Langkah pertama gt feeder community version langkah mudah upload feeder PDDIKTI

Meskipun pada akhirnya masih perlu untuk menyesuaikan data yang dimiliki perguruan tinggi dengan template import yang tersedia di gtFeeder Community Version, namun setidaknya operator tidak perlu menginputkan data satu per satu dengan feeder DIKTI. Dalam program Excel terdapat fitur – fitur lain yang memudahkan ketika harus mengisi data yang sama. Merupakan suatu nilai plus lagi apabila operator menguasai beberapa fitur ‘andalan’ yang ada di Microsoft Excel, misalnya fitur untuk filter data di Excel dan fitur VLOOKUP. Terutama untuk fitur VLOOKUP akan sangat membantu jika perguruan tinggi memiliki data akademik dalam file excel ketika akan memasukkan data ke template import.

Contoh capture ketika menggunakan fitur VLOOKUP Excel untuk import data ke template import.

tampilan gt feeder community version langkah mudah upload feeder PDDIKTI

Dengan menggunakan gtFeeder Community Version, tugas operator untuk input data ke PDDIKTI Feeder menjadi lebih ringan. Dan yang lebih menarik, tools ini dapat diperoleh gratis dengan cara download ke http://gtfeeder.gamatechno.com/produk/ dengan mendaftarkan email dan mengisi form yang tersedia terlebih dahulu. Untuk diskusi dengan sesama pengguna gtFeeder Community Version, operator bisa bergabung di grup Facebook gtFeeder Gamatechno.(Diannita)

Download infografis Kontribusi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz Terhadap Penilaian Akreditasi Perguruan

Dapatkan penawaran menarik menggunakan aplikasi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz khusus untuk Anda!

Leave a comment