Format Invoice yang Tepat Untuk Memperlancar Proses Penagihan

Invoice biasanya terkait dengan pesanan dan pembayaran yang telah tercatat yang dilakukan oleh pemilik usaha kepada klien sebagai bukti atas pesanan. Invoice sendiri adalah dokumen yang berisi pernyataan terkait dengan tanggal pembelian, rincian jumlah item yang dibeli dan harga yang harus dibayar.

Jika pada artikel sebelumnya membahas tentang bagaimana agar pembayaran bisa tepat pada waktunya, pada bahasan kali ini pembuatan invoice yang dikirimkan kepada klien memiliki format tertentu yang bisa dilihat. Format ini tergantung dengan kebutuhan sehingga setiap pemilik usaha memiliki masing-masing tampilan format invoice. Format berupa elemen ini berguna agar klien juga dapat memantau catatan pembayaran dan transaksi yang sudah dilakukan. Biasanya format invoice sudah dilengkapi atau masuk kedalam fitur yang ada didalam software invoice yang dimiliki. oleh karena itu, ada beberapa hal yang selalu ada didalam format invoice yang lengkap.

Beberapa elemen ini harus ada ketika membuat invoice, apa saja?

1. Identitas Perusahaan
Identitas perusahaan menjadi penting terutama jika menjalin kerjasama dengan klien yang mereka butuhkan.

2. Nama Klien
Beri keterangan jelas mengenai identitas nama klien termasuk alamatnya karena akan digunakan sebagai data bukti bagi pemilik usaha maupun klien.

3. Kode dan Nomor Transaksi
Catat setiap transaksi yang telah dilakukan agar dapat membedakan masing-masing transaksi dari setiap klien. Beri nomor pada semua transaksi yang sudah dilakukan agar semuanya terdokumentasikan dengan baik

4. Tanggal Transaksi
Pemberian tanggal transaksi akan menjelaskan tentang informasi waktu transaksi terjadi, akan lebih baik dan detail jika ditambah jam ketika transaksi.

5. Detail Transaksi [Keterangan Barang/Jasa yang Dibeli]
Pemilik usaha jasa yang membutuhkan klien memberikan detail transaksi yang dibutuhkan seperti jenis pekerjaan yang dilakukan, durasi pengerjaan.

6. Jumlah Harga yang Harus Dibayar
Pemilik usaha jasa dan klien yang mengerjakan harus sepakat untuk menetapkan harga yang masing-masing pihak tawarkan. Jumlah harga yag dibayar penting untuk

7. Keterangan Lain
Penambahan keterangan lain diperlukan apabila terdapat ketentuan dan syarat lain diluar status transaksi.

Contoh Format Invoice yang Benar

contoh invoice, contoh invoice yang lenglap, format invoice, invoice yang benar

Kurang lebih itulah hal yang harus ada didalam format sebuah invoice yang akan digunakan untuk keperluan penagihan kepada pemilik usaha. Pastikan semua hal yang sudah didiskusikan dan ditetapkan ketika proses penawaran sudah jelas tertera didalam invoice sehingga tidak ada masalah dikemudian hari terkait transaksi pembayaran.