5 Hal Ini Terjadi Setelah Gamatechno Raih ISO 9001:2015!

5 Hal Ini Terjadi Setelah Gamatechno Raih ISO 9001:2015!

Blog.Gamatechno.com – Terhitung mulai 26 Agustus 2016, Gamatechno telah resmi memperoleh sertifikasi manajeman mutu ISO 9001:2015 dengan ruang lingkup Provision of Software Development, Delivery and Maintenance Services (i.e. Smart Campus, Smart Government, Smart Transportation, Smart Lifestyle, Smart City Solution). Sertifikasi ini diserahkan langsung oleh Head Officer  European  Quality  Assurance (EQA)  Semarang,  Fahmia  Savitri beberapa waktu lalu di Kantor Gamatechno.

Penyerahaan sertifikat ISO secara resmi ini sudah ditunggu dan disiapkan cukup lama oleh Gamatechno. Terhitung sejak berdirinya perusahaan ini lebih dari sebelas tahun yang lalu, Gamatechno sudah mengacu untuk memberikan kualitas layanan terbaik.

“Alhamdullilah penyerahan ini sudah kami nanti-nantikan cukup lama sekali, semenjak pendirian PT. Gamatechno. Dengan proses dan perbaikan-perbaikan yang terus dilakukan, terlebih tiga tahun terakhir ingin memformalkan, akhirnya kesampaian,” ujar Adityo Hidayat.

Sejak awal dua tahun 2015 dokumen-dokumen untuk melengkapi sertifikasi ISO disiapkan. Perbaikan-perbaikan juga dilakukan untuk mendukung proses sertifikasi. Tim internal dibentuk  untuk memastikan proses berjalan dengan baik.

Lalu mengapa kami  begitu senang dan bangga berhasil mendapatkan sertifikat ISO ini? Sertifikat ISO 9001:2015 adalah standar kualitas manajemen mutu yang salah satunya berfungsi untuk meyakinan pelanggan maupun mitra mendapatkan layanan terbaik. ISO 9001:2015 memiliki banyak standar tingkat internasional yang harus dipenuhi, keberhasilan Gamatechno memperoleh sertifikat ini menjadi bukti seriusnya Gamatechno selama lebih dari 11 tahun menyediakan solusi teknologi Informasi di Indonesia.

Apa saja hal-hal penting yang muncul setelah diterapkannya ISO 9001:2015 di Gamatechno?

1. Jaminan Kepuasan Pelanggan

Gamatechno ISO 9001:2016

Kepuasan pelanggan adalah poin penting dalam jaminan mutu ISO 9001:2015. Keberhasilan Gamatechno meraih sertifikat ini tentu dengan upaya selama ini mempertahankan kualitas terbaik terhadap pelanggan.
Menjadi unit usaha pertama di bawah naungan Gama Multi Group yang menerapkan ISO 9001:2015, ini menjadi sebuah deklarasi komitmen bagi Gamatechno untuk terus mengedepankan pelayanan, mempertahankan kepercayaan serta kepuasan pelanggan, dan menjadi amunisi dalam berkompetisi di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

2. Tak Perlu Membicarakan Kredibilitas

tie-690084_1280Tak perlu bercerita tentang kredibilitas, sertifikat ISO sudah menjadi bukti jaminan Gamatechno selalu menjaga kualitas layanan. Audit internal diberlakukan untuk memantau kinerja standar-standar ISO 9001:2015 berjalan efektif. Audit dari tim auditor resmi ISO juga dilakukan rutin untuk memastikan setiap prosedur tetap dijalankan dengan benar.

3. SOP yang Seragam Mengedepankan Kualitas Layanan

19620861981_9e234a54e9_bStandar operasional atau SOP adalah prosedur yang diterapkan di suatu perusahaan/ instansi, termasuk Gamatechno. SOP jadi panduan hasil kerja yang diinginkan serta proses kerja yang harus dilaksanakan oleh setiap karyawan.  Dokumen ini dibuat secara tertulis yang memuat prosedur (alur proses) kerja secara rinci dan sistematis yang bertujuan untuk memberikan layanan dan kinerja terbaik bagi pelanggan. SOP ini tidak hanya berlaku ke Internal, tapi juga ke eksternal terutama terkait dalam proses melayani pelanggan maupun mitra bisnis.

4. Dokumentasi Jadi Hal Penting dan Utama

dokumen ISO 9001:2016

Dokumentasi merupakan dokumen merupakan acuan kerja, alat bukti dan bagian penting dari persyaratan ISO 9001:2015. Dari dokumentasi setiap kegiatan yang bisa memudahkan proses evaluasi dan penyamaan flow kerja dari masing-masing segmen.

Dengan adanya ISO ini, Gamatechno meminta tim-tim di 4 segmen untuk tertib dalam pendokumentasian. Kalau dari segi proses kerja, yang kita lakukan selama ini sudah sesuai, hanya dokumentasi atau rekapnya belum rapi. Sebagai contoh, sekarang tiap Account Manager (AM) harus menuliskan notulensi setelah bertemu dengan client, berbagai proposal penawaran juga lebih dirapikan lagi,” jelas Nanang Ruswianto, General Manager Multimedia Group.

5. Menambah Revenue Perusahaan

pexels-photo-159888-largeSertifikasi ISO tidak hanya sekedar untuk membenahi administrasi perusahaan saja namun juga dapat menjadi alat yang powerfull untuk mengukur performa perusahaan. Hal ini juga memberikan dampak langsung pada revenue perusahaan. Dengan proses manajemen Gamatechno yang sudah menyesuaikan standar internasional, layanan ke pelanggan akan terjaga kualitasnya. Kinerja karyawan juga terjaga dengan adanya SOP, sehingga proses bisnis, manajemen dan evaluasi keuangan bisa terpantau baik.

Itulah sekilas hal-hal penting yang terjadi sejak penerapan standar ISO 9001:2015 di Gamatechno. Diharapkan dengan hadirnya ISO 9001:2015 ini menjadi pedoman bagi Gamatechno untuk terus meningkatkan sistem terutama sistem manajemen mutu terhadap pelanggan. Sehingga makin banyak dampak baik yang mendukung visi Gamatechno menjadi perusahaan provider smart city terbaik di Indonesia.

Code Heroes Merc
Leave a comment