GTFW, Framework PHP Karya Anak Bangsa

GTFW, Framework PHP Karya Anak Bangsa

Blog.Gamatechno.com – Berawal dari perbedaan cara dalam membangun aplikasi antar tim pengembang di Gamatechno. Membuat para developer harus mengalokasikan waktu tertentu guna mempelajari kembali pekerjaan developer lainnya. Hal ini menimbulkan effort produksi yang besar. Melihat keadaan tersebut para pengembang di Gamatechno merasa perlu menyeragamkan proses pengembangan aplikasi dalam suatu kerangka kerja, sehingga dapat memudahkan proses transfer-knowledge, instalasi, maupun maintenance aplikasi yang sedang dikembangkan. Kerangka kerja inilah yang kemudian sejak tahun 2006 dikembangkan oleh Gamatechno dengan nama Gamatechno Framework (GTFW).

Sejak pertama kali dikembangkan, framework yang menggunakan model pendekatan Model-View-Controller (MVC) ini telah digunakan Gamatechno dalam pengembangan aplikasi berbasis website untuk klien perguruan tinggi, pemerintah, maupun korporasi. Beragam produk Gamatechno telah dikembangkan dengan menggunakan framework ini, diantaranya Gamatechno Campus Suite, gtPerizinan, dan EVOIZ. Dengan berbagai perbaikan, dan penambahan fitur yang ada, saat ini GTFW telah mencapai versinya yang ke-3.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Gamatechno Framework, kali ini kami akan membagikan beberapa kelebihan yang dimiliki GTFW.

1. Struktur yang simpel

Framework GTFW memiliki tampilan antarmuka yang sederhana. Struktur menunya juga dapat langsung digunakan. Sehingga mudah untuk dipelajari, serta sangat berguna dalam pengembangan aplikasi dengan jumlah developer yang banyak, dan turnover yang tinggi.

2. Aplikatif

Karena strukturnya yang simple membuat GTFW lebih aplikatif daripada framework PHP lainnya. Aplikatif disini berarti GTFW dapat disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi yang dikembangkan. Pengembang tidak perlu menulis kode dari awal, pun kesulitan ketika mengimplementasikan proses autentikasi, dan autorisasi pada aplikasi yang sedang dikembangkan.

3. Modular dan Scalable

Dengan sifatnya yang modular membuat modul-modul di GTFW dapat dengan mudah ditambahkan, atau dikurangi. Sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan beragam aplikasi dari yang sederhana maupun aplikasi yang kompleks sekalipun.

4. Upgradeable

Base framework pada GTFW dapat ditingkatkan, dan disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi, dan perkembangan teknologi.

5. Training dan Sertifikasi

Sebagai pengembang framework GTFW, Gamatechno juga menyediakan pelatihan, dan sertifikasi GTFW bagi individu atau instansi yang ingin mempelajari lebih dalam Gamatechno Framework, dan konsep object oriented programming (OOP) dalam pemrograman web.

Saat ini GTFW 3 secara berkelanjutan terus dioptimalkan sesuai trend teknologi terutama infrastruktur berbasis cloud, dan arsitektur berbasis microservices, guna mendukung pengembangan aplikasi-aplikasi dengan konsep SaaS.

Semoga GTFW mampu menjawab kebutuhan para developer nasional, ataupun dunia pendidikan terutama sekolah/kampus yang mengajarkan framework pengembangan aplikasi berbasis website. Sebagai salah satu karya anak bangsa, harapanya GTFW dapat lebih banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam pengembangan aplikasi-aplikasi yang bersifat non-profit ataupun untuk kebutuhan pendidikan.

Untuk mendownload GTFW package berisi base, aplikasi dasar, dan database standar, Anda dapat melakukan registrasi terlebih dahulu, atau juga bisa menghubungi gtfw@gamatechno.com untuk memperoleh informasi lebih lanjut. (ulfia)

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment