5 Teknologi Smart City yang menjadikan Kota Lebih Hemat Sumber Daya

5 Teknologi Smart City yang menjadikan Kota Lebih Hemat Sumber Daya

Blog.Gamatechno.com – Berkembang menjadi Smart City di Indonesia memiliki beragam tantangan tersendiri. Diantaranya tentang banyak penduduk yang bermigrasi dari tempat tinggal di daerah terpencil ke daerah urban. Untuk gambaran nyata, kota-kota besar di Indonesia menjadi langganan serbuan penduduk baru tiap arus balik lebaran. Misalnya Jakarta dan Surabaya yang sampai melakukan pengecekan status kependudukan.

Dalam salah satu riset, pada 2050 diperkirakan 86 persen penduduk di negara maju akan tinggal di kota. Sedangkan di negara berkembang persentasenya sekira 64 persen yang tinggal di kota. Hal ini didorong oleh anggapan bahwa kota bisa meningkatkan kesejahteraan penduduk karena terbukanya lapangan pekerjaan.

Dari fenomena ini, penting untuk menggunakan sumber daya di kota dengan lebih bijak. Gamatechno merangkum lima teknologi smart city untuk kota-kota di Indonesia yang bisa menghemat sumber daya kota. Cek daftar di bawah ini.

1. Smart Energy

 sumber daya smart city smart-energy-www-gogreenculture-org
Smart Energy Smart City

Sistem ini akan memonitor dan mengontrol penggunaan energi ke level penanganan yang lebih efisien. Dalam rilisnya, Cisco memperkirakan bahwa kota yang memiliki informasi penggunaan energi yang komprehensif mampu meningkatkan tingkat efisiensi sekira 30 persen dalam kurun 20 tahun. Dengan menggunakan sumber energi terbarukan, mengontrol penyaluran air, dan memiliki sistem penanganan sampah, smart city di Indonesia mampu mengurangi polusi sekaligus menghemat energi.

2. Smart Mobility

 sumber daya smart city smart-mobility_hitachi-com
Smart Mobility Smart City

Teknologi ini berkaitan dengan pilihan transportasi yang lebih efektif. Kemacetan menjadi permasalahan di banyak kota besar di dunia. Banyak orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya di jalan raya, terjebak macet. Tentu saja hal ini berpotensi meningkatkan tingkat depresi. Teknologi smart mobility mampu memberi solusi supaya lalu lintas bisa berjalan lancar. Teknologi ini juga mampu merekam pola gerakan kendaraan sehingga bisa mengurangi potensi kecelakaan di jalan. Dengan pelaksanaan yang optimal, hal ini bakal mengurangi ongkos yang mesti dikeluarkan dan tentu saja lebih ramah lingkungan. Teknologi BRT adalah salah satu contoh teknologi yang bisa diterapkan untuk smart mobility. BRT adalah sebuah sistem bus yang cepat, nyaman, aman dan tepat waktu dari infrastruktur, kendaraan dan jadwal.

3. Smart Infrastructure

 sumber daya smart city Indonesia smart infrastructure
Smart infrastructure smart city

Infrastruktur sangat berperan dalam terwujudnya smart city. Dengan pemanfaatan teknologi terbaru, kota sebagai penyedia layanan bisa mengubah data yang masih mentah menjadi informasi yang bisa dikonsumsi oleh publik. Selain itu berbagai pengembangan bisa direncanakan untuk kebutuhan implementasi kota ke depannya. Dan lagi, teknologi ini bisa menganalisis data yang terekam oleh sensor seperti pola lalu lintas, serta sistem pelacakan publik.

4. Smart Public Services

 sumber daya smart city smart public services
Smart public services smart city

Smart city bisa menghubungkan tempat tinggal penduduknya dan pihak berwenang dengan teknologi komunikasi yang lebih inovatif. Teknologi ini bakal menciptakan lingkungan yang lebih aman dan meningkatkan standar kelayakan hidup di kota. Misalnya saja warga bisa langsung melaporkan kalau ada gorong-gorong yang tersumbat dan menyebabkan banjir sehingga pihak terkait bisa secepatnya bertindak. Smart public service semacam ini sudah dicontohkan oleh DKI Jakarta dengan pasukan pelanginya.

5. Smart Care

smart care sumber daya smart city Indonesia
Smart Care Smart City

Semakin maju sebuah kota, semakin kompleks juga kebutuhan kesehatan yang harus dipenuhi. Smart care bisa menyediakan layanan yang berkualitas dan menekan biaya yang harus dikeluarkan oleh pasien. Teknologi ini juga bisa menyediakan informasi kesehatan bagi masyarakat umum.

Berkembang menuju konsep smart city memiliki tanggung jawab yang cukup berat terutama dalam aspek lingkungan. Oleh karena itu, lima teknologi di atas sangatlah penting untuk menangani sumber daya yang ada secara lebih bijak. Teknologi termutakhir mampu memberikan pelayanan yang lebih efisien, menghemat pengeluaran, dan meningkatkan kualitas hidup penduduknya.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment