Host to Host : Koneksi Antar Server Untuk Menunjang Proses Transaksi Anda

Host to Host : Koneksi Antar Server Untuk Menunjang Proses Transaksi Anda

h2h

Host dapat diterjemahkan ke dalam bahasa secara langsung menjadi tuan rumah. Salah satu tugas seorang tuan rumah dalam sebuah acara adalah untuk menjamu dan memberikan pelayanan para tamu. Pengertian ini juga dapat diaplikasikan dalam dunia teknologi. Host dalam internet hosting adalah tempat menyimpan data atau server yang terhubung dalam jaringan.

Dalam dunia teknologi juga dikenal istilah H2H atau Host to Host. Istilah ini adalah sistem antar server yang terhubung satu sama lain secara langsung. Berbeda dengan P2H atau Point to Host yang melibatkan banyak host yang terhubung dalam proses komunikasinya.

Host to Host banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menjalin koneksi seperti pertukaran data dan transaksi. Dibandingkan dengan Point to Host (P2H), H2H itu bersifat real time, sebagi contoh penggunaan pada transaksi pembayaran  uang semester di kampus. Begitu ada transaksi pembayaran dari mahasiswa, kampus akan langsung mendapatkan notifikasi pembayaran dari bank, sedangkan apabila P2H kampus umumnya baru akan mendapatkan notifikasinya H+1 pembayaran.

Sistem ini digunakan oleh Gamatechno Campus Suite dan eCampuz untuk menunjang pembayaran perguruan tinggi. Dengan menggunakan sistem Host to Host, server Gamatechno dapat langsung terhubung dengan server Bank Mitra yang telah ditunjuk oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. Semua data yang masuk dalam server Bank Mitra akan terintegrasi secara langsung dengan data yang ada dalam server Gamatechno. Beberapa bank yang telah menjadi mitra Host to Host Gamatechno adalah : BNI, BTN, Bank Sumsel,BRI, Bank Papua, Mandiri.

Saat mahasiswa akan melakukan pembayaran uang semester, mahasiswa dapat melakukan pembayaran di Bank Mitra melalui teller. Teller akan langsung masuk ke sistem yang sudah disediakan oleh Gamatechno. Data mahasiswa yang melakukan pembayaran akan muncul lalu teller dapat melanjutkan proses transaksi. Setelah transaksi selesai, status bayar mahasiswa akan berganti dengan otomatis di kedua server.

Dengan mengandalkan Host to Host, mahasiswa mendapatkan kemudahan dalam melakukan pembayaran biaya kuliah. Selain itu, perguruan tinggi juga mendapatkan kemudahan untuk melakukan integrasi data baik dengan Bank Mitra maupun integrasi data internal.

Beberapa kelebihan yang diperoleh perguruan tinggi dalam penggunaan Host to Host eCampuz ini antara lain perguruan tinggi dapat memilih Bank Mitra sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan. Setiap perguruan tinggi tentunya memiliki pertimbangan tersendiri dalam melakukan kerjasama dengan Bank Mitra. Karena itu Gamatechno ingin memberikan kenyamanan dan keleluasaan bagi perguruan tinggi untuk memilih Bank Mitra.

Setelah membahas mengenai kelebihan sepertinya tak adil jika tidak menyinggung kekurangan. Sistem Host to Host ini juga memiliki kekurangan yang patut diperhatikan. Dalam “menjamu tamu” host juga kadang dapat kewalahan. Terutama untuk pembayaran di hari terakhir yang biasanya lebih padat, sistem dapat berjalan dengan lambat atau bahkan menolak untuk merespon selama beberapa saat. Selain itu, karena H2H bersifat realtime ketika koneksi/listrik mati atau terjadi gangguan pada salah satu Host, maka pembayaran tidak bisa berjalan. Sedangkan P2H masih bisa berjalan meski koneksi/listrik mati.

Namun kelemahan dari H2H tersebut masih bisa di kurangi dengan memanfaatkan layanan H2H dari Gamatechno. Layanan server dengan dukungan 24 jam, proses pembayaran dan informasi data tagihan bisa diakses sewaktu-waktu, bahkan ketika koneksi/ listrik mati.

Itulah sedikit penjelasan, kelebihan, dan kekurangan mengenai Host to Host. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan anda untuk memilih layanan yang berkualitas. (lia)

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment