Human Error

Human Error dalam Implementasi IT

Sumber daya manusia dan sumber daya pendukung seperti sarana dan prasarana merupakan dua elemen penting untuk mengulirkan roda kehidupan perguruan tinggi. Kerjasama antara dosen dan karyawan untuk mematuhi dan menjalankan sistem adalah cara untuk mewujudkan manajemen kampus yang baik.

Dalam perjalanannya, sumber daya manusia menempati posisi utama dalam menjalankan sebuah perguruan tinggi. Sumber daya manusia merupakan motor penggerak sumber daya lainnya yaitu sarana dan prasarana. Tanpa adanya sumber daya manusia yang baik, secanggih apapun alat-alat yang digunakan tidak akan mencapai hasil yang maksimal.

Human Error adalah kesalahan yang diakibatkan oleh kelalaian

Adanya keterbatasan manusia mengakibatkan sumber daya manusia ini justru menjadi sumber kesalahan dalam sebuah organisasi. Hal ini dikenal dengan Human Error. Human Error adalah kesalahan yang diakibatkan oleh lalainya sumber daya manusia baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Sebagai contoh, dosen lupa menginput data ke dalam web untuk tugas mahasiswa yang harus dikumpul esok hari. Kelalaian seperti ini mengakibatkan mahasiswa tidak dapat mengerjakan dan menyelesaikan tugas tepat waktu. Untuk meminimalisir adanya Human Error, kampus perlu mengadakan pelatihan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang baik. Pelatihan yang dilakukan meliputi pelatihan organisasi maupun pelatihan mengoperasikan sistem secara maksimal. Sebagai solusi untuk kasus di atas, dosen dapat memanfaatkan media lain sebagai reminder agar selalu ingat to-do-list.

Sistem berguna untuk mempermudah pengelolaan data kampus. Karena itu diperlukan dukungan sumber daya manusia untuk membuatnya berjalan dengan maksimal. Sekarang memang tersedia layanan jasa cloud untuk mengelola data kampus yang tidak perlu menggunakan sumber daya manusia dari kampus. Metode ini dijalankan oleh penyedia jasa sedangkan pihak kampus cukup melakukan monitoring jalannya perputaran data. Seluruh data yang ada dalam cloud dapat dipastikan aman dan melalui proses back-up data.

eCampuz yang merupakan salah satu layanan jasa cloud dapat menjadi solusi untuk meminimalisir adanya Human Error yang terjadi di kampus. Dalam eCampuz, semua tenaga yang dipercaya mengelola data kampus dan sistem adalah orang-orang yang memiliki capability yang tinggi di bidang IT.

Salah satu fasilitas menarik yang ada dalam eCampuz juga dapat mendukung majunya pengetahuan di bidang IT yaitu Training IT. Pelatihan ini bertujuan untuk memaksimalkan implementasi sistem dalam kampus dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di bidang IT.

Dengan memanfaatkan fasilitas ini kampus tentunya mendapatkan keuntungan tersendiri. Kampus dapat meningkatkan potensi dan kemampuan sumber daya manusia di bidang IT sehingga dapat menyelaraskan perkembangan IT dalam kampus dan sumber daya manusia. Dengan ini, sumber daya manusia dalam kampus dapat lebih cepat menyesuaikan diri dengan perkembangan IT untuk mendukung kemajuan kampus.

Download infografis Kontribusi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz Terhadap Penilaian Akreditasi Perguruan

Dapatkan penawaran menarik menggunakan aplikasi Gamatechno Campus Suite dan eCampuz khusus untuk Anda!

Leave a comment