Inbound Marketing vs Outbound Marketing

Inbound Marketing vs Outbound Marketing

Blog.Gamatechno.com – Sudahkah anda mengenal tentang inbound marketing dan outbound marketing? Kedua strategi pemasaran tersebut merupakan metode pemasaran yang dibedakan pada fokus (centrics) pemasarannya. Outbound marketing atau marketing tradisional merupakan strategi pemasaran yang berfokus pada marketer, dengan melakukan kegiatan yang “mengganggu” aktivitas pelanggan. Menggangu disini dalam artian mengirim penawaran kepada klien tanpa sepengetahuan atau keinginan dari pelanggan itu sendiri. Sebagai contoh kegiatan dari outbound marketing adalah mengirim Cold Calling/ Email. 

Sedangkan Inbound marketing lebih berfokus kepada pelanggan (User Centrics). Pemasarannya dikemas dengan konten yang menarik dan berguna bagi pelanggan sehingga pelanggan sendiri lah yang akan mendatangi marketer.

outbond & inbound marketing

Outbound Marketing

Outbound Marketing adalah cara pemasaran tradisional yang dapat ditemui di berbagai macam media seperti radio, TV, majalah, koran, dan lain sebagainya. Di jaman sekarang dapat berbentuk email, banner iklan dan SMS. Namun di jaman sekarang, cara penyampaian pemasaran ini dinilai kurang efektif . Selain mengincar semua orang yang belum siap menjadi konsumen, metode ini juga menghabiskan biaya yang sangat besar. Ditambah besarnya persaingan antar perusahaan yang juga melakukan metode sejenis, membuat metode harus diterapkan dengan hati-hati dan penuh perhitungan.

Inbound Marketing

Interaksi pada metode ini dilakukan dengan “halus” dan tidak mengganggu kenyamanan pelanggan. Menyediakan konten yang menarik dan menjawab kebutuhan pelanggan yang tepat adalah contoh dari metode pemasaran ini. Biaya pemasaran juga bisa ditekan lebih efektif. Metode ini prakteknya diterapkan seperti pada Search Engine Optimization (SEO) , BloggingAttractive Ads Media Sosial, Engine Marketing, Content Marketing, dan lain lain. Inbound marketing menjadi sangat populer saat ini karena kebiasaan konsumen yang memanfaatkan internet untuk mendapatkan informasi. 

Inbound marketing dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara tidak langsung, sehingga nantinya akan mengundang pelanggan yang sesuai dengan target pasar. Konten yang ditawarkan akan menimbulkan ketertarikan. Berawal dari ketertarikan itu mengundang pelanggan potensial, kemudian secara tidak langung akan memberikan pengaruh terhadap proses pemilihan produk/ layanan yang ditawarkan. Dengan menerapkan Inbound Marketing, maka besar kesempatan untuk mendapatkan pelanggan yang loyal, sehingga pada akhirnya target penjualan pun bisa tercapai. 

Leave a comment