Smart City Dunia India

Ini 8 Strategi India yang Bisa Jadi Inspirasi Smart City Indonesia

Blog.Gamatechno.com – Ada beberapa kesamaan antara Indonesia dan India. Pertama, dua negara ini masih dianggap sebagai negara berkembang. Kedua, jumlah penduduknya sama-sama masuk ke daftar lima besar dunia. Dan ketiga, Indonesia sedang gencar mengembangkan smart city Indonesia, pun juga dengan India.

Perbedaannya, India telah menentukan langkah strategis dan terpadu guna mewujudkan smart city. Sedangkan di Indonesia, proyek smart city masih nampak sporadis sehingga untuk melihat hasil akhirnya, kita membutuhkan waktu cukup lama.

Atas dasar itulah, tidak ada salahnya apabila Indonesia belajar dari strategi yang dikeluarkan oleh India Smart City. Poin-poin yang ditawarkan bisa diadopsi dan menjadi inspirasi untuk pengembangan dan implementasi smart city di Indonesia.

  1. Memberi identitas khas pada kota
Smart city India karakter ciri khas
Karakter India Smart City

Smart city hadir dengan keunikannya. Saking uniknya, definisi smart city pun tidak bisa dibakukan karena tergantung dengan target yang ditentukan oleh suatu kota. Karena faktor inilah, pemberian identitas yang khas menjadi sangat penting. Identitas bisa ditemui dari kegiatan ekonomi yang berjalan, misalnya makanan lokal, kesehatan, pendidikan, seni dan kerajinan, budaya, olahraga, tekstil dan sebagainya.

  1. Membuat pelayanan yang mudah ramah dan biaya efektif
smart city Indonesia layanan
Pelayanan Yang Mudah dan Ramah

Tindakan menjadikan pelayanan publik bersifat online adalah salah satu indikator menuju smart city. Sistem online akan memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan yang diinginkan, praktis. Selain itu, permasalahan akuntabilitas dan transparansi pun bisa di-cover. Pelayanan real-time juga akan mengurangi penggunaan biaya yang biasanya dihabiskan untuk menggandakan berkas-berkas fisik.

  1. Menerapkan smart solution di infrastruktur dan pelayanan kota
ide smart city india Indonesia
Infrastrukutr & Pelayanan Publik Di Tingkatkan

Solusi pintar adalah bagian yang tidak terpisahkan dari konsep smart city. Untuk lebih mempermudah, solusi pintar yang dimaksud bisa mencakup area tahan bencana, kompleks yang ramah lingkungan, maupun menyediakan pelayanan yang murah sehingga bisa diakses oleh lebih banyak orang.

  1. Promosi bermacam pilihan transportasi kota
Smart city India transportasi ide
Transportasi Kota

Transportasi berkaitan langsung dengan mobilitas warga kota. Transportasi yang baik akan meningkatkan level produktivitas warganya. Di India, konsep yang diterapkan adalah Transit Oriented Development (TOD), penyediaan transportasi publik, serta konektivitas model para-transportasi.

Baca juga : Smart City Indonesia: Kota Denpasar Menuju Smart City

  1. Menyiapkan dan mengembangkan ruang terbuka/playground
Smart city India anak anak bermain playground
Ruang terbuka anak

Selama ini, kota identik dengan minimnya ruang publik. Inilah bedanya smart city dengan kota pada umumnya. Smart city harus bisa menyediakan ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh warganya. Ruang terbuka ini bisa berbentuk taman, area bermain, serta area rekreasi yang bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, ruang publik juga akan mengurangi efek pemanasan global serta mendukung keseimbangan lingkungan.

  1. Menciptakan area ramah pejalan kaki
Smart city India area jalan kaki
Area Jalan Kaki

Tersedianya area ramah pejalan kaki akan berimplikasi pada kesadaran warga untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi yang dapat mengurangi kadar polusi di udara. Di India, smart city yang diluncurkan tidak hanya berpihak pada transportasi publik, namun juga pesepeda dan pejalan kaki.

  1. Membuat perumahan untuk warga
ide smart city india indonesia perumahan rumah
Perumahan Warga India

Smart city harus layak huni. Salah satu indikatornya adalah menyediakan hunian yang memberikan kesempatan bagi semua warga untuk bisa tinggal di dalamnya.  

  1. Memanfaatkan lahan yang belum dipakai secara efektif
Smart city India ladang perkembangan
Pemanfaatan Lahan Secara Efektif

Di India, konsep smart city yang dibawa juga harus mampu memanfaatkan lahan yang belum terpakai secara efektif. Lahan ini bisa dipakai untuk berbagai kegiatan, selain itu, lahan yang belum terpakai juga memungkinkan untuk menerima perubahan di masa mendatang.

 

Delapan strategi India Smart City di atas sangat bisa diadopsi oleh smart city di Indonesia. Apalagi pertumbuhan ekonomi serta perubahan teknologi semakin positif mendukung percepatan terwujudnya smart city di banyak lokasi. Tinggal menunggu waktu saja sampai berbagai konsep unik smart city bisa mewujud kenyataan di berbagai tempat.

Leave a comment