Ini 10 Kartini Tangguh Yang Mewarnai Industri Teknologi Indonesia (Bagian 1)

Ini 10 Kartini Tangguh Yang Mewarnai Industri Teknologi Indonesia (Bagian 1)

Blog.Gamatechno.com – Dunia teknologi informasi selalu identik dengan dunia laki-lakI, hal ini karena laki-laki dianggap memiliki kemampuan eksakta dan logika yang lebih tajam dibandingkan dengan perempuan. Tak jarang perempuan cenderung dinomorduakan setelah laki-laki yang dianggap lebih kompeten pada bidang ini.  Tetapi bukan berarti perempuan tidak memiliki kesempatan sama sekali untuk meraih sukses di bidang teknologi informasi.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh besok pada 21 April 2016, berikut penulis suguhkan 10 sosok kartini yang mewarnai industri teknologi Indonesia. Berkat kegigihan, serta kerja kerasnya mereka berhasil meraih sukses.  Atas usaha yang tak pernah kenal kata menyerah mereka patut disejajarkan, dan diperhitungkan kemampuannya.

 

  1.       Aulia Salsabeela, Founder NulisBuku.com

kartinigt1

Wanita cantik yang akrab disapa Ollie ini merupakan founder nulisbuku.com, sebuah startup yang memiliki misi mewujudkan mimpi para penulis amatir untuk menerbitkan buku. Saat ini NulisBuku telah mewadahi 150.000 penulis untuk menerbitkan tulisannya secara independen. Ollie sendiri sudah menelurkan lebih dari 20 buku. Ia juga sangat peduli pada perkembangan bisnis berbasis teknologi di Indonesia, karenanya Ollie aktif membagi ilmu pun pengalamannya pada berbagai komunitas seperti StartupLokal, GirlsInTechID, serta FreshForum.

  1.       Shinta Witoyo Dhanuwardoyo, Founder BuBu.com

kartini gt sintabubu

Perjalan panjang wanita kelahiran 18 Juni 1970 bersama Bubu.com dimulai sejak tahun 1996 dengan nama Bubu Advertising. Startup yang bergerak dibidang advertising internet kemudian berkembang menjadi sebuah perusahaan yang berfokus pada digital agency. Perempuan yang pernah masuk dalam daftar Inspiring Women 2013 Honor Roll versi majalah Forbes Indonesia ini bertekad ingin mengembangkan iklim IT di Indonesia dengan aktif memberikan kuliah umum di berbagai perguruan tinggi, menyelenggarakan event Indonesian Digital Byte (IDBYTE), serta membantu start-up IT lokal untuk memperoleh investor dari luar negeri guna mengembangkan usaha mereka.

  1.       Hanifa Ambadar, Founder & CEO Female Daily Network

kartini gt femaledaily

Hanifa merintis Female Daily berkat kesukaannya pada dunia blogging. Female Daily Network (FDN) sendiri merupakan startup portal, dan komunitas online untuk wanita yang berfokus pada dunia fashion serta kecantikan. Kini portal komunitas yang satu ini telah memiliki lebih dari 180.000 anggota terdaftar sejak tahun 2005 dengan jumlah anggota yang aktif mencapai 1,5 juta pengunjung tiap bulannya yang dikelola oleh 26 pegawai tetapnya. Sejak 2012 lalu, Female Daily aktif menjadi community center terutama dalam bidang women empowerment. Kerja keras untuk mengembangkan usahanya telah membawanya masuk dalam 100 Digital Entrepreneurs 2012 SWA Magazine, SWA Magazine Young and Cool Entrepreneurs 2013, serta masuk sebagai finalis dalam Ernest & Young (EY) Entrepreneurial Winning Woman 2014.

  1.       Cynthia Tenggara, CEO & Co Founder BerryKitchen

kartinigt3

Entrepreneur wanita satu ini sukses mengembangkan startup katering online dengan nama berrykitchen.com yang dikelola secara profesional dan higienis. Usaha yang didirikan Cynthia sejak tahun 2012 ini sekarang ordernya telah mencapai 1000-1300 pax/hari dengan total karyawannya yang mencapai kurang lebih 65 orang. Tak tanggung-tanggung wanita cantik yang satu ini juga telah berhasil menahkodai BerryKitchen hingga mendapatkan investasi sebesar 1.25 juta US dollar dari Soverign’s Capital, dan East Venture. Wah!

  1.       Rini Sugianto, Animator Kelas Dunia

EFBC19C5-7637-48BF-AE83-9194B4C9863E_cx0_cy6_cw0_mw1024_s_n_r1

Sudah nonton film ‘Ted 2’, ‘The Hobbit : An Unexpected Journey’, ‘The Desolation of Smaug’, atau ‘The Adventure of Tintin’ ? Ya, dialah sosok Rini Sugiarto, salah satu animator yang ikut mengerjakan film-film laris manis tersebut. Wanita berbakat yang saat ini bekerja di Industrial Light and Magic ini bahkan di film Tintin bertindak sebagai animator dengan andil paling besar yakni mengerjakan 70 shot di film tersebut. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi dunia animasi Indonesia.

Itu tadi kelima dari sepuluh sosok kartini tangguh yang sukses mewarnai industri teknologi di Indonesia versi Gamatechno.  Siapa lima sosok kartini Indonesia selanjutnya ada di artikel bagian kedua ya. 

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment