Ini Perbedaan Antara Gamatechno Campus Suite dan eCampuz

Ini Perbedaan Antara Gamatechno Campus Suite dan eCampuz

Blog.Gamatechno.com – Sebagai salah satu penyedia solusi teknologi smartcity di Indonesia, Gamatechno terus menerus berinovasi sehingga produknya dapat selalu up to date dengan trend teknologi informasi saat ini. Dibawah naungan gtSmartCity Solution yang diusung, Gamatechno berfokus pada 4 sektor yaitu industri lifestyle, trasportasi logistik, pemerintah, serta pendidikan yang harapannya dapat mewujudkan suatu kota cerdas dengan ciri less paper, less time, less cash, dan less complexity.

Pada segmen pendidikan perguruan tinggi, gtCampus Suite adalah produk unggulan dari Gamatechno. GtCampus Suite yang merupakan sistem informasi akademik terintegrasi ini telah diimplementasikan di lebih dari 150 perguruan tinggi dari Sabang sampai Merauke. Dengan jumlah client yang terus bertambah dari tahun ke tahun menunjukkan bahwa gtCampus Suite dapat menjadi solusi yang handal dalam mempermudah pengelolaan banyak perguruan tinggi di Indonesia. Sistem gtCampus Suite sendiri terdiri atas beberapa software modular diantaranya pengelolaan administrasi dan manajemen akademik, pengelolaan perkuliahan mahasiswa hingga lulus, pengelolaan seluruh sumber daya yang dimilki kampus meliputi aset dan sumber daya manusia, pengelolaan aset pengetahuan, hingga sistem untuk mendukung keputusan manajemen perguruan tinggi.

Sistem cloud kemudian dikembangkan pada gtCampus Suite. Demi memberikan pelayanan setara dengan gtCampus Suite dengan harga yang lebih terjangkau Gamatechno meluncurkan eCampuz. Ya, eCampuz merupakan versi lite dari gtCampus Suite. Terdapat empat modul utama yang disediakan oleh eCampuz yakni Admisi, Pembayaran, Registrasi, dan Akademik.

GtCampus Suite dan eCampuz sama-sama dapat Anda diandalkan sebagai solusi terintegrasi pengelolaan perguruan tinggi. Apabila Anda merasa kebingungan produk mana yang paling cocok untuk perguruan tinggi Anda. Berikut kami ulas perbedaan antara keduanya.

  1. Fitur

fitur gtCampus suite sistem informasi akademik Gambar 1. Fitur gtCampus Suite

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya gtCampus Suite memiliki 14 modul diantaranya pengelolaan calon mahasiswa baru, akademik, sumber daya manusia, inventaris, keuangan, perpustakaan, penelitian, beasiswa, dan pimpinan kampus.

eCampuz sistem informasi akademik fitur

Gambar 2. Pilihan Fitur eCampuz

Sedangkan eCampuz memiliki 4 modul lengkap untuk pengelolaan manajemen akademik perguruan tinggi, yaitu Admisi, Registrasi, Pembayaran Mahasiswa, Administrasi Akademik.

Berangkat dari fitur-fitur yang tersedia, Anda dapat menilai layanan apa saja yang paling dibutuhkan kampus Anda. Apakah layanan yang berfokus pada core pengelolaan manajemen akademik, atau one-stop service yang mencakup semua pengelolaan entitas kampus.

  1. Instalasi

Instalasi sistem informasi akdemikGambar 3. Instalasi Server Sistem Akademik

Dari segi instalasi dibutuhkan pembangunan infrastruktur berupa dedicated server untuk dapat menikmati layanan gtCampus Suite. Infrastruktur ini perlu dipersiapkan dengan matang mengingat layanan yang disediakan gtCampus Suite adalah one-stop service. Artinya hampir sebagian besar entitas di kampus akan dikelola layanan ini sehingga membutuhkan space storage server, ruang fisik untuk penyimpanan server dan instalasi listrik yg cukup besar. Pembangunan ruang fisik, instalasi dan integrasi ini membutuhkan persiapan dan alokasi waktu yang cukup. Tim Gamatechno akan mensupport proses instalasi gtCampus Suite langsung ke kampus.

Berbeda dengan eCampuz, layanan yang telah disupport teknologi cloud computing. Proses setup dapat dilakukan dengan cepat dan mudah karena semua sistem telah tersimpan di cloud. Anda memang dapat menikmati sistem informasi ini dalam kurun waktu sepekan.

  1. Dukungan Operasional Support

layanan support sistem informasi akademik gamatechno
Gambar 4. Layanan support sistem

Dukungan operasional dibutuhkan untuk menikmati layanan terpadu dari gtCampus Suite. Hal tersebut dikarenakan infrastruktur sistem membutuhkan pemeliharaan, pengelolaan backup, dan sebagainya. Sebagai fasilitasnya gtCampus Suite memiliki layananan support pada Senin- Jumat pukul 07.30 – 16.30. Maintenance aplikasi juga telah disediakan sejak implementasi pertama aplikasi dengan durasi waktu 6 bulan. Ketika masa tersebut berakhir support bisa dilanjutkan dengan memperpanjang kontrak untuk maintenance.  

Sedangkan untuk eCampuz karena menggunakan teknologi cloud computing dukungan operasional diberkan selama 24/7 dan semua sudah masuk pada biaya langganan eCampuz.

  1. Keamanan Data

keamanan sistem informasi akademik gamatechnoGambar 5. Keamanan data sistem informasi akademik

Penyimpanan data gtCampus Suite ada server fisik milik kampus. Semua dikelola secara mandiri oleh kampus. Karenanya kampus perlu menerapkan jadwal backup secara rutin. Untuk mengantisipasi jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti kebakaran atau bencana alam menyelamatkan data-data kampus.

Sementara eCampuz yang hadir dengan teknologi cloud telah menerapkan teknologi DRC. DRC adalah Disaster Recovery Center yang menjamin data tetap aman saat terjadi musibah di kampus. Selain itu eCampuz menerapkan kebijakan menjamin bahwa data yang disimpan di server eCampuz dijamin kerahasiannya, dan hanya akan digunakan untuk kepentingan klien.

  1. Biaya

biaya sistem informasi akademik gamatechnogtCampus Suite membutuhkan dana investasi yang cukup besar. Kedepannya juga perlu direncanakan anggaran untuk biaya pemeliharaan infrastruktur, dan biaya untuk pengembangan aplikasi. Ini tak jadi masalah jika kampus Anda adalah kampus yang besar dengan jumlah mahasiswa yang  banyak. Namun, jika ingin menikmati versi yang lebih ekonomis, eCampuz adalah jawabannya. eCampuz merupakan layanan sistem informasi akademik berbasis teknologi cloud computing, teknologi yang membuat kampus tak perlu biaya investasi dan merekrut pegawai baru untuk maintenance sistem. Sangat tepat untuk perguruan tinggi yang masih memiliki mahasiswa belum terlalu banyak dan hendak menghemat pengeluaran dengan layanan yang maksimal.

Gamatechno Campus Suite maupun eCampus masing-masing memiliki keunggulan. gtCampus Suite dengan dukungan 14 modulnya yang saling terintegrasi akan memberikan pengelolaan yang menyeluruh bagi perguruan tinggi Anda. Sangat cocok untuk perguruan tinggi yang besar dan ingin memiliki sistem yang kompleks.

Sedangkan eCampuz meski hanya terfokus pada core proses pengelolaan manajemen akademik perguruan tinggi, tetapi dukungan teknologi cloud computingnya menawarkan kemudahan untuk memiliki sistem akademik kampus Anda sendiri dengan harga yang lebih terjangkau. Pilih gtCampus Suite atau eCampuz, semuanya kembali kepada kebutuhan kampus Anda.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment