Kebutuhan Sistem Informasi dalam Perkembangan Perguruan Tinggi

Kebutuhan Sistem Informasi dalam Perkembangan Perguruan Tinggi

Perguruan Tinggi merupakan tujuan bagi siswa SMA dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan. Perguruan Tinggi di Indonesia terbagi atas perguruan tinggi Negeri dan Swasta yang dibagi dalam beberapa kategori antara lain akademik, politeknik, sekolah tinggi, institut, dan universitas.

Dalam website resmi DIKTI, jumlah perguruan tinggi di Indonesia mencapai 4.259 unit dengan rincian sebagai berikut : Akademik 1.097 unit, Politeknik 228 unit, Sekolah Tinggi 2.303 unit, Institut 122, dan Universitas 509 unit. Perguruan tinggi ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Walaupun jumlah terbanyak masih berada di Pulau Jawa yang mencapai 1.708 unit. (Baca Juga : Cara Cek Data Forlap Dikti )

Perguruan Tinggi Indonesia

Sebagai Kota Pelajar, D.I.Yogyakarta memiliki 136 unit perguruan tinggi yang tersebar di berbagai wilayah. Hal ini tentunya dapat menjadi pertimbangan ketika seorang pelajar memilih untuk melanjutkan kuliah di Yogyakarta. Pilihan perguruan tinggi yang cukup beragam sebanding dengan jurusan yang bervariasi. Calon mahasiswa dapat menyesuaikan pilihan perguruan tinggi maupun jurusan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Jumlah perguruan tinggi yang cukup besar tentunya harus memiliki kualitas yang baik supaya dapat menarik minat calon mahasiswa. Karenanya, perguruan tinggi harus bisa memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa maupun calon mahasiswa. Salah satunya adalah pemilihan sistem pengolahan data yang baik.

Dewasa ini, seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia mulai berbenah dalam pengolahan data dan pelayanan akademiknya. Sebagian besar sudah menggunakan Sistem Informasi Akademik berbasis digital elektronik dengan pertimbangan efektifitas dan efisiensi penanganan datanya. Sistem Informasi Akademik memberikan kemudahan dalam penanganan data – data mahasiswa dengan kelebihan fast accesslow cost dan paperless.

Untuk sektor pendidikan, Gamatechno berkonsentrasi pada sistem pengolahan data perguruan tinggi yaitu Gamatechno Campus Suite dan telah merilis versi cloudnya yaitu eCampuz. eCampuz merupakan salah satu software andalan Gamatechno yang dibangun dengan basis cloud computing. Kenapa jagoan? Karena eCampuz dapat mewujudkan sistem perguruan tinggi sekelas Gamatechno Campus Suite dengan budget terbatas. Jagoan ini akan membuat kampus anda hemat biaya infrastruktur, biaya berlangganan, sekaligus biaya maintenance sistem. (BacaPerbedaan Antara Gamatechno Campus Suite dan eCampuz )

Dengan memiliki sistem informasi terintegrasi, perguruan tinggi akan lebih mudah melakukan pengolahan data mahasiswa. Di sisi lain, mahasiswa juga akan merasakan kemudahan untuk melakukan pendaftaran, pembayaran, maupun melihat laporan akademiknya.

Fasilitas yang berkualitas tentunya menjadi nilai tambah bagi perguruan tinggi. Perkembangan kualitas perguruan tinggi harus sejalan penggunaan teknologi informasi. Karena itu mari kita tingkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan meningkatkan kualitas teknologi informasi. (lia)

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment