Kembangkan Potensi Pariwisata Daerah dengan mCity

Kembangkan Potensi Pariwisata Daerah dengan mCity

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki berbagai destinasi pariwisata yang patut dibanggakan. Mulai dari wisata pantai, wisata budaya, wisata alam, wisata belanja hingga wisata kuliner sudah dimiliki setiap daerah di Indonesia. Hanya saja pemerintah kita belum secara maksimal mengembangkan potensi pariwisata daerah sehingga masih banyak yang belum terekspos di media. Sehingga tak heran jika pariwisata daerah cenderung masih sepi pengunjung.

Kurangnya informasi menjadi salah satu kendala para touris baik dari penduduk lokal maupun mancanegara ketika berwisata ke daerah. Padahal sekarang ini media yang digunakan sebagai sumber infromasi data paling lengkap dan mudah digunakan adalah internet. Masyarakat tidak lagi mengandalkan papan reklame, spanduk atau brosur yang memiliki informasi terbatas. ( Baca : Penerapan Smart Tourism Dalam Pengelolaan Pariwisata Daerah )

Oleh karena itu, aplikasi mCity yang dikembangkan PT Gamatechno Indonesia menjadi solusi dalam mempersiapkan branding pariwisata daerah yang lebih efektif (Baca : mCity Sebagai Senjata untuk Tarik Wisatawan ). Beberapa daerah yang sudah menggunakan aplikasi mCity antara lain Solo dengan nama SoloDestination, Magelang dengan nama Ayo ke Magelang dan kota lainnya termasuk Kediri, Kendal, Batu dan Yogyakarta yang masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda satu sama lain.

7 Hal yang Bisa Disiapkan dalam Mengembangkan Potensi Pariwisata Daerah melalui Aplikasi mCity

Menggunakan aplikasi mCity merupakan wujud kepedulian dalam meningkatkan potensi pariwisata daerah. Tidak hanya bisa dinikmati warga lokal saja, dengan sebuah aplikasi yang bisa didapatkan melalui Google Play Store, mCity membantu wisata daerah Anda dikenal secara nasional maupun internasional. Beberapa hal yang akan disiapkan dalam aplikasi mCity diantaranya:

1. Branding Pariwisata Lebih Mudah
mCity membantu branding potensi pariwisata daerah lebih cepat dan lebih mudah. Mengingat kebutuhan data dan informasi lebih banyak menggunakan internet dan aplikasi, sehingg mCity menjadi solusi cerdas dalam meningkatkan branding pariwisata daerah. Seperti yang terbukti dalam aplikasi SoloDestination yang hingga saat ini sudah diunduh lebih dari 10 ribu pengguna. Ini menunjukkan antusias yang tinggi dari pengunjung yang ingin menjelajahi potensi wisata Solo secara mendetail dan lengkap.

2. Menjangkau Lebih Banyak Calon Wisatawan
Menggunakan mCity sebagai persiapan untuk mengembangkan potensi pariwisata daerah sangat efektif untuk menjangkau lebih banyak calon wisatawan dari berbagai daerah. Misalnya ketika ada wisatawan dari daerah A ingin berlibur ke daerah B. Cukup dengan menggunakan mCity, pengunjung dari daerah A bisa mendapatkan informasi tentang potensi wisata di daerah B. Termasuk jika ingin mencari informasi tentang penginapan dan kulinernya.

3. Informasi Resmi dan Terpercaya
Tentu saja mCity dibuat dan dikembangkan secara langsung oleh daerah yang bersangkutan. Sehingga informasi yang disajikan real, resmi dan terpercaya. Tujuannya untuk menghindari ketidaksamaan antara apa yang diinformasikan dengan kenyataan di lapang. Misalnya informasi terkait kondisi jalan atau medan menuju lokasi tertentu. Sehingga pengunjung pun dapat memprediksi kendaraan apa yang pas untuk menuju lokasi tersebut.

4. Kontribusi Tinggi dalam Memajukan Pariwisata Daerah
Aplikasi mCity memiliki kontribusi yang tinggi dalam peran serta memajukan potensi pariwisata daerah yang belum terekspos optimal. Diharapakan, mCity bisa menjangkau seluruh daerah di Indonesia sehingga dapat memberi kemudahan dalam mendapatkan informasi bagi wisatawan dari daerah lainnya.

5. Membantu Meningkatkan Pendapatan Daerah
Dampak nyatanya, mCity dapat membantu dalam meningkatkan pendapatan asli daerah. Seperti yang terlihat saat ini banyak bermunculan wisata-wisata desa yang mulai dikembangkan. mCity bisa membantu wisata-wisata desa tersebut agar lebih dikenal sehingga pendapatan daerah pun meningkat.

6. Anggaran Lebih Terjangkau
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dibandingkan menggunakan papan reklame, brosur atau media iklan yang lain tentu akan membuat anggaran dana yang dibutuhkan membengkak. Sehingga penggunaan mCity secara pasti bisa menekan biaya promosi yang dibutuhkan.

7. Update Aplikasi yang Berkelanjutan
mCity menyediakan update aplikasi secara berkelanjutan demi memperbarui informasi-informasi terbaru terkait kondisi pariwisata. Misalnya ada pembaruan terkait penginapan terdekat, pusat oleh-oleh, perbaikan jalan serta update informasi jika ada wisata baru yang sedang dikembangkan.

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa sudah seharusnya pemerintah secara aktif memanfaatkan peran teknologi informasi dan komunikasi secara optimal. Hal tersebut tidak hanya berguna untuk menuju modernitas sebuah negara, namun juga sebagai upaya efektif memajukan pariwisata daerah Indonesia agar lebih dikenal masyarakat luas, termasuk mancanegara.

build smarter city

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment