Kenali PKWT Sebelum Merekrut Karyawan Kontrak

Perjanjian Kerja Waktu Tertentu atau PKWT menjadi sebuah perjanjian yang dibuat dalam masa kontrak kerja antara seorang karyawan dan perusahaan. Tentu saja PKWT sudah diatur secara hokum melalui UU dan Keputusan Menteri Tenaga Kerja.

Ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui tentang PKWT sebelum perusahaan merekrut karyawan kontrak. Mengapa? Perjanjian tersebut akan menjelaskan mengenai jenis pekerjaan yang membutuhkan PKWT, waktu masa kerja, syarat-syarat kerja, serta hak dan kewajiban dari perusahaan maupun karyawan yang bersangkutan. Sehingga kedua pihak mempunyai batasan yang jelas dalam bekerjasama dan tercatat di atas surat perjanjian tersebut

1. Apa saja isi dari PKWT?

isi pkwt, pkwt, Perjanjian Kerja Waktu Tertentu

Isi dari PKWT yaitu mengatur hubungan antara karyawan yang bersangkutan dengan perusahaan secara tertulis dan tidak dapat dibuat secara lisan, yang berisi :

  • Kedudukan atau jabatan,
  • Upah pekerja,
  • Tunjangan atau fasilitas yang didapat karyawan
  • Syarat-syarat kerja dan hal lainnya yang masih berhubungan dengan kontrak kerja.

2. Apakah ada batas waktu maksimal untuk PKWT yang sudah diatur oleh hukum Negara?

waktu maksimal untuk PKWT, pkwt, Perjanjian Kerja Waktu Tertentu

Tentunya, PKWT menurut UU No 13/2003 pasal 59 ayat 4 berlaku paling lama 2 tahun dan diperpanjang 1 kali untuk jangka waktu paling lama 1 tahun. Namun, saat melakukan perpanjangan waktu maka perusahaan harus melakukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada karyawan yang bersangkutan secara tertulis dengan batas waktu 7 hari sebelum perjanjian kerja berakhir.

Selain UU, Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP 100/MEN/VI/2004 juga menyatakan jika PKWT hanya berlaku paling lama 3 tahun saja. Dan jika perusahaan melebihi waktu yang ditentukan maka PKWT akan menjadi PKWTT atau Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu atau menjadikan karyawan kontrak sebagai karyawan tetap.

3. Jenis pekerjaan apa yang harus menggunakan PKWT?

waktu maksimal untuk PKWT, pkwt, Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, jenis pkwt

Nyatanya, saat merekrut karyawan kontrak, PKWT dapat dikeluarkan untuk beberapa jenis pekerjaan seperti:

  • Pekerjaan yang selesai sekali proyek atau sementara paling lama 3 tahun,
  • Pekerjaan musiman atau pekerjaan dengan satu jenis pekerjaan untuk memenuhi target tertentu,
  • Pekerjaan yang terkait dengan produk baru, kegiatan baru atau produk tambahan yang masih dalam percobaan
  • Pekerjaan harian atau pekerja lepas.

Itulah beberapa hal yang wajib Anda ketahui tentang PKWT sebelum merekrut karyawan kontrak pada pekerjaan atau perusahaan Anda. Lebih baik berdasarkan aturan yang berlaku agar kerjasama antara perusahaan dan karyawan yang bersangkutan berjalan dengan professional dan untung bagi kedua pihak.