Alasan Penting Perusahaan Anda Harus Miliki Konsultan IT

Alasan Penting Perusahaan Anda Harus Miliki Konsultan IT

Blog.Gamatechno.com – Tugas utama seorang konsultan adalah mendampingi organisasi di area tertentu dalam kerja inklusif. Pada umumnya, konsultan terlihat seperti pemberi materi pelajaran, menjadi katalis yang bisa mengarahkan pada perubahan yang lebih jauh lagi, menjadi sumber daya, atau menjadi fasilitator. Perlu diingat bahwa konsultan tetaplah bukan pemimpin perusahaan.

Dalam dunia teknologi informasi (IT), seorang konsultan sangat dibutuhkan. Kita mengenalnya dengan istilah konsultan IT. Konsultan ini bertugas untuk menangani partnership dengan klien, memberikan masukan kepada mereka tentang bagaimana menggunakan teknologi untuk membantu mencapai tujuan perusahaan, hingga ikut menyelesaikan masalah yang dihadapi. Di banyak organisasi, konsultan IT bertugas untuk meningkatkan struktur dan efisiensi dari sistem IT.

Kemampuan Konsultan IT Mendukung Efektifitas Proses Bisnis

Secara umum, konsultan IT memiliki kemampuan dasar terkait dengan pelayanan jasanya: kemampuan memberi masukan, kemampuan teknis, kemampuan bisnis, kemampuan komunikasi, kemampuan manajemen, kemampuan analisis kebahasaan, kemampuan bahasa bisnis dan manajemen, serta kemampuan bahasa teknis.

Kemampuan tersebut bisa diperoleh dari pendidikan formal yang diperkuat oleh sertifikasi. Sebab konsultan IT harus menguasai ilmu bisnis dan teknologi informasi secara mendalam. Umumnya lulusan yang berada di bidang ini adalah dari jurusan ilmu komputer, sistem manajemen informasi, maupun ilmu informasi. Selain itu, konsultan IT harus melewati beberapa tahapan lagi kalau ingin bekerja sebagai profesional.

Dalam keadaan normal, konsultan IT bisa bersifat lepasan maupun kerja tetap. Lepasan biasanya dihitung berdasarkan hari kerja. Sedangkan konsultan dengan status kerja tetap umumnya menangani kontrak khusus seperti: proyek penyegaran infrastruktur, desain jaringan, implementasi spesifik (misalnya platform monitoring), hingga perencanaan kapasitas infrastruktur. ( Baca juga: Tips Penting Memilih Konsultan IT untuk Perusahaan Anda )

Indonesia yang saat ini sedang berada di masa di mana banyak perusahaan baru yang tidak bisa lepas dari teknologi tentu saja memerlukan konsultan IT. Konsultasi dibidang IT di Indonesia bisa membantu perusahaan memutuskan teknologi mana yang cocok digunakan dan relevan dengan kebutuhan.

Ambil contoh tentang penyusunan masterplan. Sebuah masterplan IT harus bisa bersifat fleksibel dalam merespon pembaruan terbaru atau kemungkinan-kemungkinan lainnya yang bisa muncul secara dinamis dan cepat. Sampai di bagian ini, kesalahan yang bisa terjadi adalah memilih jasa konsultan yang tidak berpengalaman dalam hal implementasi. Mengembangkan dan memperbarui konten di dalam sistem masterplan IT membutuhkan waktu serta keputusan yang tepat dari konsultan pilihan. Maka, jangan pertaruhkan aset berharga masterplan IT ke tangan yang tidak tepat. (BacaPentingnya Masterplan dalam Penerapan Anggaran Belanja Daerah )

Ketika pemilik suatu bisnis telah mematok kebutuhan yang mesti dipenuhi supaya bisa mencapai tujuan selanjutnya, seorang konsultan IT akan melakukan perhitungan. Seberapa besar cakupannya, berapa biayanya, dan berapa alokasi waktu yang diperlukan. Kerja dari seorang konsultan IT adalah untuk mendukung serta membantu langkah perusahaan ini dari awal mula proyek hingga selesai. Ditambah, bantuan yang diberikan tidak hanya di ranah yang telah disebutkan di atas, tetapi sampai ke kepuasan klien.

Image: thebluediamondgallery.com

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment