Lacakin: Aplikasi Bagi Pecinta Touring dan Komunitas Mobil

Lacakin: Aplikasi Bagi Pecinta Touring dan Komunitas Mobil

Apakah Anda tergabung jadi anggota salah satu komunitas mobil? Berkat kecanggihan teknologi, komunitas mobil saat ini dapat terhubung secara nasional, meskipun tiap chapter tersebar di setiap daerah-daerah di Indonesia. Jumlah anggota klubnya juga bisa mencapai ratusan hingga ribuan orang. Komunitas–komunitas mobil ini selain melakukan kegiatan di daerah masing-masing juga acap kali melakukan eventnya serentak secara nasional. Beberapa klub mobil yang familiar ditelinga kita diantaranya AXCI (Avanza Xenia Club Indonesia), BMWCCI (BMW Car Club Indonesia), TeRuCI (Terios Rush Club Indonesia), HJS (Honda Jazz Society) dan masih banyak lagi. Apakah club mobil Anda adalah salah satu diantaranya?

Bergabung dengan sebuah komunitas mobil memiliki banyak keuntungan. Bukan hanya membangun rasa kebersamaan pun kekeluargaan antar pemilik kendaraan beroda empat ini. Lebih dari itu, melalui komunitas mobil Anda dapat saling bertukar pengalaman, dan ilmu pengetahuan karena forum diskusi yang terselenggara baik offline maupun online. Tidak jarang melalui komunitas inilah dealer memberikan diskon untuk pembelian suku cadang di bengkel-bengkel resmi. Event-event juga banyak diselenggarakan oleh komunitas mobil ini seperti bakti sosial maupun touring.

Berbicara menyoal kegiatan touring komunitas mobil. Biasanya masalah yang acap kali ditemui adalah ketika jarak yang ditempuh jauh sehingga pengendara satu, dan lainnya tidak dapat saling mengetahui posisi satu sama lain. Koordinator touring kadang kesulitan untuk memastikan apakah semua pengendaranya melalui jalur yang benar. Belum lagi jika tiba-tiba jalan raya yang dilalui macet. Atau salah satu anggotanya mengalami kerusakan kendaraan, atau kecelakaan. Ini lah yang sering kali menjadi masalah tak terduga saat touring mobil.

Tetapi tenang, permasalahan saat touring tersebut bukanlah tanpa solusi. Ada sebuah aplikasi yang dapat membantu penyelenggaraan touring menjadi lebih terkoordinir secara realtime. Aplikasi Lacakin besutan Gamatechno ini bisa menjadi salah satu jawaban dari permasalahan yang dihadapi saat Anda melakukan touring mobil. Beberapa keuntungan yang dapat Anda rasakan saat touring mobil dengan Lacakin adalah sebagai berikut.

1. Buat rute perjalanan sendiri

how-to-plan-road-trip_2

Menggunakan Lacakin Anda dapat membuat rute perjalanan sendiri secara detail. Jadi Anda tak perlu kesusahan lagi menentukan rute secara manual. Tinggal tentukan titik koordinat saja, dan Lacakin akan membantu membuat rute perjalanan touring komunitas Anda, lengkap bersama beberapa check point sesuai kehendak Anda. Rute dan Check point ini kemudian bisa di share ke anggota komunitas agar bisa mengikuti rute yang sama selama touring. Sehingga tak perlu lagi ada yang salah rute, semua bisa saling pantau dalam satu aplikasi secara real time. 

2. Buat dan pantau check point perjalanan

Check point dibuat bertujuan untuk mengetahui apakah anggota touring sudah lengkap seluruhnya, atau belum. Dengan memanfaatkan Lacakin, koordinator touring dapat memperoleh notifikasi secara realtime siapa saja yang telah melewati check point lengkap beserta waktu sampainya. Hal ini tentu dapat memudahkan koordinator untuk mengetahui siapa yang tidak melewati check point karena tersesat, mengalami kerusakan, atau mengalami kecelakaan untuk kemudian dilakukan penanganan segera.

3. Lihat dan tambah marker lokasi penting

maps marker lacakin otomatis

Anda juga dapat menambahkan marker untuk tempat-tempat yang mungkin saja dapat Anda kunjungi selama touring. Seluruh peserta touring akan mendapatkan notifikasi di smartphonenya apabila telah mendekati tempat yang sudah ditandai tersebut untuk kemudian mampir sebentar untuk melepas lelah setelah perjalanan yang jauh.  

4. Pantau pergerakan dan posisi peserta

aplikasi komunitas mobil lacakin pantau perjalanan

Karena setiap peserta akan menginstal aplikasi Lacakin pada smartphonenya. Semua anggota touring dapat menginformasikan keberadaannya, sekaligus dapat memantau pergerakan dan posisi peserta touring lainnya dengan detail. Anda dapat mengetahui dengan pasti siapa yang berada di depan Anda, dan siapa yang ada di belakang Anda. Siapa saja yang telah melalui check point, dan siapa saja yang belum melaluinya. Semua anggota dapat saling memantau posisi satu sama lain secara realtime.

Baca juga : Jangan Mengaku Petualan Sejati Jika Belum Install Aplikasi Ini

5. Mudah ketahui posisi tim safety

mobil ambulan

Tidak hanya saling memantau posisi satu sama lain. Peserta juga dapat mengetahui posisi ambulans terdekat darinya. Hal ini tentu dapat sangat membantu apabila terjadi kecelakaan sehingga dapat ditangani dengan segera.

Itu tadi keuntungan apabila komunitas Anda menggunakan Lacakin saat touring. Aplikasi ini bisa juga digunakan oleh komunitas-komunitas lain, yang ingin melakukan petualangan atau touring secara kolosa.  Untuk mencobanya segera Anda buat event code komunitas mobil Anda di website lacakin disini dan pastikan semua anggota komunitasmu menggunakan event code yang sama.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment