Langkah Digitalisasi Perusahaan di Era Digital dengan Sistem Informasi yang Efektif dan Efisien untuk Divisi Human Resources

Langkah Digitalisasi Perusahaan di Era Digital dengan Sistem Informasi yang Efektif dan Efisien untuk Divisi Human Resources

Blog.Gamatechno.com – Salah satu langkah digitalisasi penting di perusahaan era digital ini adalah di divisi Human Resources (HR). Posisinya yang selalu berhubungan dengan aktivitas kerja karyawan beserta rangkaian proses pengelolaannya membuat divisi ini selalu sibuk. Maka, tidak heran kalau kemudian sistem HR yang dibuat pun diniatkan supaya menghasilkan output sistem informasi yang efektif dan efisien.

Dari situlah, kemudian hadir sistem bernama Eoviz. Eoviz khusus HR merupakan perangkat lunak yang memberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengelola data karyawan. Termasuk di dalamnya mencakup pencatatan proses mutasi, penyederhanaan pengelolaan gaji, penilaian atas kinerja yang telah dilakukan, rangkuman tingkat kehadiran karyawan, hingga perhitungan PPh.

Tujuan penciptaan Eoviz memang sejalan dengan spirit HR perusahaan, yaitu guna membantu perusahaan untuk mengelola dan mengetahui kondisi karyawan. Dari situ kemudian perusahaan dapat mengambil keputusan tepat guna, terutama yang berhubungan dengan strategi sumber daya manusia-nya (SDM).

Sebelum berbicara lebih lanjut tentang Eoviz, kita harus paham terlebih dahulu tentang peran penting HR terhadap karyawan. Dari sini, kemudian kita bisa lebih baik dalam memahami tentang urgensi kehadiran sistem Eoviz.

Peran pertama adalah tentang pemeliharaan dan pengelolaan karyawan. Perusahaan bisa berjalan karena faktor karyawan dan produktivitas yang berjalan. Tanpa keduanya, tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan akan berjalan tersendat-sendat. Pemeliharaan karyawan akan berdampak pada produktivitas yang meningkat. Hubungan antara perusahaan dan karyawan pada akhirnya tidak hanya terkesan satu arah, melainkan berlaku timbal-balik.

Selanjutnya, peran kedua adalah apresiasi produktivitas. Produktivitas adalah salah satu faktor terpenting dalam perusahaan. HR harus mampu menentukan level produktivitas karyawannya guna menentukan strategi serta alasan apabila produktivitasnya menurun. Permasalahan ini bisa diatasi dengan menggunakan software HR yang terintegrasi dan mampu mencatat penilaian kerja karyawan. Cara ini akan sangat memudahkan dalam hal pemantauan produktivitas kerja.

Berikutnya, peran ketiga adalah evaluasi tingkat disiplin karyawan. Produktivitas membutuhkan kedisiplinan kerja. Dalam hal ini, kedisiplinan bisa berjalan ketika ada aturan yang jelas. Selain itu, pemantauan dalam bentuk pencatatan kinerja karyawan juga bisa membantu proses ini. Solusi yang bisa dilakukan tim HR misalnya dengan menggunakan software yang bisa mencatat kehadiran serta bersifat terintegrasi.

Eoviz hadir dengan tidak melupakan tiga peran di atas. Dampak positif yang bisa dirasakan secara langsung tentu saja berkaitan dengan peningkatan efisiensi serta pengurangan biaya teknologi informasi sebab sistemnya yang telah terintegrasi.

Lebih lanjut Eoviz memungkinkan perusahaan untuk memangkas pengeluaran biaya belanja modal yang selama ini dikenal cukup menguras budget di awal penerapan. Dalam arti lain, dengan kehadiran sistem ini, perusahaan Anda tidak perlu memiliki sistem khusus yang bertugas mengoperasikan perangkat teknologinya.

Selain itu, karena Eoviz berwujud perangkat lunak yang kompatibel dengan sistem operasi yang umum digunakan, pengaksesannya pun bisa dilakukan dari sembarang tempat, kapan saja, serta dari perangkat apa pun. Selama memiliki akses internet, Eoviz bisa diakses via laptop, tablet, bahkan smartphone.

Berkat kelebihan di bidang pengaksesan tersebut, tentu saja sistem Eoviz dibangun dengan tujuan supaya performa yang dihasilkan mumpuni, pemrosesan datanya cepat, dan tentu saja menghasilkan output kalkulasi yang akurat.

Baca juga Cara Teknologi Digital Bantu Ringankan Tugas Administrasi HR

Di bagian terakhir, dengan berbekal sebuah sistem terintegrasi, bukan berarti Eoviz menjadi rumit. Justru sebaliknya, Eoviz didesain dengan mengedepankan kenyamanan intuitif sehingga sangat mudah digunakan. Karena kemudahan ini pula, tingkat kegagalan implementasi bisa diminimalisir.

Leave a comment