Langkah Wujudkan Transparasi Perizinan Online dengan Aplikasi gtPerijinan

Langkah Wujudkan Transparasi Perizinan Online dengan Aplikasi gtPerijinan

Sudah menjadi hal yang lumrah jika dalam pengurusan perijinan selalu dihadapkan pada sekelumit permasalahan. Masalah tersebut diantaranya prosedur yang berbelit-belit, tidak jelasnya jangka waktu pengurusan, syarat dan ketentuan yang rumit, biaya mahal dan persoalan lain yang seringkali dirasa memberatkan bagi pemohon perijinan. Pelayanan yang dinilai masih kurang berkualitas sering menjadi hambatan dalam mengurus perijinan, seperti perijinan pendirian usaha.

Ada banyak faktor yang menjadi kendala sulitnya meningkatkan pelayanan publik dalam hal perijinan (Baca : 3 Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik pemerintahan). Mulai dari sumber daya manusia yang terbatas, waktu yang singkat serta sistem yang tidak mendukung masih menjadi kendala dalam prosedur penerbitan perijinan dari pihak pemerintah atau dinas.

Masalah lain yang sering muncul adalah banyaknya “oknum calo”. Masyarakat dihadapkan dalam situasi dimana berbagai hal bisa lebih mudah dengan adanya uang. Siapa yang salah ketika praktik korupsi masih ada dimana-mana? Potret kondisi seperti ini masih sangat lazim di Indonesia. Jika pemerintah tidak sigap dan “melek” teknologi, cara-cara konvensional bisa saja merenggut kepercayaan masyarakat.

gtPerijinan Bantu Wujudkan Prosedur Perijinan yang Transparan

gtPerijinan merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh PT Gamatechno Indonesia untuk memberikan kontribusi dalam mewujudkan sistem pengajuan perijinan yang terbuka dan transparan. Mulai dari pengajuan ijin, verifikasi berkas-berkas persyaratan, perhitungan retribusi, informasi proses hingga penerbitan SK (Surat Keputusan) dapat dilakukan secara transparan. Sehingga masyarakat tidak lagi dihadapkan dengan berbagai macam keribetan dan harus mondari-mandir ke kantor instansi terkait.

Apa saja yang bisa dilakukan aplikasi gtPerijinan? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi gtPerijinan:

  • Mengedepankan Prinsip Customizable

Aplikasi gtPerijinan dibuat sesuai dengan desain custom dari masing-masing pemerintah daerah atau kantor dinas. Sehingga tampilan aplikasi dari satu pemerintahan akan berbeda dengan kantor pemerintah yang lain. Memiliki 3 model OSS atau One Stop Service untuk mendukung struktur Kelembagaan Pemerintah Daerah, baik Kabupaten maupun Kota.

  • Menciptakan Layanan Publik yang Transparan

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwasanya proses pengajuan perijinan saat ini cenderung tertutup. Penggunaan aplikasi gtPerijinan diharapkan dapat membantu mengurangi praktik-praktik korupsi di lingkungan internal pemerintahan. gtPerijinan dibuat sebagai sistem yang mudah dipahami dan transparan bagi masyarakat. Sehingga dengan terciptanya layanan publik yang terbuka dapat membangun kembali kepercayaan masyarakat.

  • Mendorong Produktivitas Pelaku Usaha

gtPerijinan didesain untuk meningkatkan kuallitas layanan perijinan dari instansi pemerintahan terhadap kebutuhan masyarakat. Sehingga dengan layanan yang mudah, cepat dan transparan, diharapkan dapat meningkatkan minat para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk membuat surat ijin usaha. Dengan begitu pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia pun akan turut meningkat.

  • Menghemat Biaya Operasional

Tidak bisa dipungkiri bahwa cara perijinan konvensional masih membutuhkan biaya yang mahal dan seringkali dibebankan kepada pemohon perijinan. Disinilah yang menjadi faktor banyaknya masyarakat yang enggan untuk mengajukan perijinan. Oleh karena itu, gtPerijinan menjadi solusi untuk menghemat biaya operasional. Tidak perlu lagi mencetak berlembar-lembar formulir pendaftaran, karena semua informasi dan data bisa disimpan dalam aplikasi.

Dari pembahasan diatas, gtPerijinan tidak hanya sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan publik saja, melainkan sudah menuju langkah untuk mewujudkan “smart citydan “good governance” yang sudah sejak lama terus digencarkan oleh pemerintah kita. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membawa kita pada sistem-sistem yang sudah modern.

Hal-hal yang dapat menyita waktu, tenaga dan juga anggaran dana bisa diminimalisir dengan sistem yang terpadu. Sehingga publik tidak lagi dibuat resah dengan berbagai masalah yang berkaitan dengan pemerintahan, apalagi jika alasannya karena tidak mengetahui prosedur yang berlaku. Masyarakat dapat mengakses layanan gtPerijinan dimana saja dan kapan saja, sekalipun di bukan jam kerja. (BacaLangkah Cerdas Mewujudkan Good Governance dengan Meningkatkan Efektifitas Layanan Publik )

Mari bantu wujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik. Tinggalkan cara-cara lama yang tidak efektif dan membuang-buang waktu. Sudah saatnya penduduk negara ini menjadi masyarakat yang lebih maju melalui pengenalan sistem-sistem yang lebih modern. Sehingga kedepannya diharapkan tidak ada lagi keluhan-keluhan yang mengatasnamakan layanan publik yang buruk.

Code Heroes Merc
Leave a comment