Lebih dari Sekadar Tools, ERP adalah Investasi

erp adalah investasi

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah solusi teknologi yang digunakan bisnis dan produsen untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mengomunikasikan data di semua fungsi perusahaan. Tapi lebih dari sekadar tools atau alat, ERP adalah investasi  yang menguntungkan perusahaan, dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Saat ini, penggunaan sistem ERP sangat penting untuk mengelola ribuan bisnis dari semua ukuran dan berbagai industri. Sebab dengan sistem ERP, perusahaan dapat mengintegrasikan sejumlah besar proses bisnis dan memungkinkan aliran data di antaranya. Sehingga menghilangkan duplikasi karena semuanya mengacu pada satu sumber data real-time.

Data yang terpusat itu juga nantinya akan mendukung peningkatan produktivitas dan membantu perusahaan membuat keputusan berdasarkan data terakurat. Lebih lanjut, berikut beberapa manfaat ERP yang menjadikan perannya lebih dari sekadar alat.

Monitoring 360 derajat operasional bisnis

Selalu ada kemungkinan bahwa pelanggan mungkin mengajukan perubahan dalam pesanan mereka.Ventura menyebutkan bahwa dengan sistem ERP, request perubahan klien tidak akan terlalu menegangkan karena tampilan 360 derajat ke dalam bisnis. 

Yang mana artinya penjualan, layanan pelanggan, perencanaan, akuntansi, produksi, distribusi, SDM semuanya terintegrasi dan data dibagikan di semua tingkatan, semua departemen terkait diberitahu ketika jadwal atau produk berubah.

Data real-time

Seperti yang sudah disebutkan di awal, salah satu manfaat terbesar dari perangkat lunak ERP adalah akses ke data secara real-time. Artinya, data terbaru selalu tersaji dan perusahaan bisa mengaksesnya saat itu juga kala diperlukan. 

Memiliki data berkualitas tinggi memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan kekuatan alat analitik perangkat lunak ERP untuk perencanaan dan peramalan yang kuat, memprediksi posisi permintaan dan penawaran, bersama dengan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Fleksibilitas

Sistem ERP dapat memberikan banyak fleksibilitas untuk bisnis, dalam arti menangani berbagai bahasa, mata uang, dan standar akuntansi – semuanya sambil mengelola bisnis multi-lokasi Anda. Kemampuan ini membantu mendukung manajemen komprehensif dari proses baru, departemen, dan banyak lagi. 

Pengambilan keputusan yang lebih baik

Antarmuka software ERP yang user-friendly dan mudah dimengerti dapat membantu membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan lebih tepat untuk perusahaan Anda. Tersedia tampilan data dalam bentuk spreadsheet, bagan, dan grafik, sehingga dapat lebih mudah membuat keputusan penting yang akan membantu proses bisnis berjalan dengan lancar.

Otomatisasi proses yang lengkap

Dengan mengotomatiskan proses perusahaan, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi keseluruhan bisnis dalam banyak cara.Contohnya dalam hal entri data, otomatisasi tidak menyisakan ruang untuk kesalahan, sehingga Anda akan selalu yakin bahwa angka yang tertera adalah akurat dan dapat diandalkan. 

Di sisi lain, otomatisasi proses yang lengkap membuat karyawan lebih termotivasi, karena mereka dapat berkonsentrasi pada tugas-tugas non-repetitif yang menantang.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan sistem ERP?

  1. Pemanfaatan alat CRM. Lewat penerapan ERP, perusahaan dapat melacak interaksi pelanggan dan mendapatkan insight (wawasan) yang diperlukan untuk mempelajari perilaku pelanggan dengan lebih baik.
  2. Standarisasi dan percepatan proses manufaktur. Dengan sistem ERP, proses manufaktur utama dan pendukung dapat disatukan demi pengurangan biaya, peningkatan produktivitas, dan penghematan waktu.
  3. Manajemen Akuntansi. Sistem ERP modern yang efektif terintegrasi dengan sistem akuntansi perusahaan, sehingga membantu bisnis menganalisis keuangan lebih baik.
  4. Standarisasi informasi SDM. Banyak bisnis menghadapi tantangan besar dalam menangani informasi pribadi karyawan, pelaporan waktu, pelatihan, penjadwalan, sertifikasi, dan sebagainya. Dengan software ERP, semua proses ini terintegrasi ke dalam alat yang sesuai dan dapat ditangani lebih mudah serta lebih cepat dibandingkan dengan metode tradisional.
  5. Integrasi pesanan. Software ERP membuat semua pesanan perusahaan dikoordinasikan dengan satu alat secara, tentunya dengan mudah dan efisien. Sehingga tidak ada penundaan dan kemacetan.
  6. Integrasi informasi keuangan. Tiap departemen perusahaan yang berbeda dapat menangani aspek keuangan mereka lewat satu tempat, yakni lewat software ERP. Dengan cara ini, tidak perlu membuang waktu untuk mencocokkan data.

Itulah beberapa manfaat dan apa yang bisa dilakukan sistem ERP sehingga menjadikannya lebih dari sekadar tools. ERP adalah investasi yang tak hanya membantu kerja bisnis lebih efisien, tapi juga berdampak pada profit bisnis. 

Mencari sistem ERP untuk investasi? gtERP dari Gamatechno bisa menjadi pilihan tepat!

Exit mobile version