10 Surga Wisata di Magelang ini Bisa Jadi Referensi Liburanmu

10 Surga Wisata di Magelang ini Bisa Jadi Referensi Liburanmu

Blog.Gamatechno.com – Siapa yang tidak kenal Kota Magelang ? Kota yang berdampingan langsung dengan Kota Yogya ini sekarang serius dalam mengembangkan tempat-tempat wisatanya. Tak hanya terdapat banyak candi, namun juga berbagai tempat wisata lainnya seperti air terjun, gunung, dan arung jeram.

1. Golden Sunrise Di Punthuk Setumbu

Golden Sunrise Di Punthuk Setumbu MagelangPunthuk Setumbu adalah bukit yang terletak di sebelah barat candi Borobudur. Tepatnya di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur. Jaraknya kurang lebih 5 kilometer kalau ditempuh dari Candi Borobudur.

Bukit Punthuk Setumbu memiliki pemandangan pagi yang sangat mempesona karena selain bisa menyaksikan mentari yang menyembul perlahan dari Gunung Merapi atau Merbabu, kamu juga bisa menyaksikan kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian pas waktu matahari terbit. Tentu saja ini menjadi keuntungan tersendiri. Tak heran jika akhirnya Punthuk Setumbu menjadi lokasi favorit menyaksikan sunrise bagi wisatawan dan juga spot favorit para fotografer.

2. Curug Silawe

Curug Silawe MagelangCurug  ini terletak di di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah atau berada di lereng Gunung Sumbing pda ketinggian sekitar 500 mdl.

Disebut Curug Silawe karena dalam bahasa jawa Lawe artinya sarang laba-laba. Bagian bawah dari curug ini terdapat semacam kolam yang terbentuk akibat hempasan air dari atas tebing. Di kolam ini pengunjung dapat bermain air karena memang tidak terlalu dalam. Pemandangannya yang sangat indah dan sejuk memanjakan kita dari rutinitas.

3. Gunung Andong

Gunung Andong MagelangGunung Andong adalah salah satu gunung paling ramah untuk pendaki pemula. Gunung yang berada di Kabupaten Magelang ini hanya memiliki ketinggian maksimal 1.726 mdpl. Untuk mencapai Gunung Andhong, ada beebrapa rute yang bisa anda pilih, yaitu: Rute Jalan Dari Utara, (Ungaran, Semarang, Salatiga,  Boyolali dan Solo),  Rute Jalan Dari Selatan (Ketep Magelang, Yogyakarta dan Purworejo), Rute Jalan Dari Barat (Secang, Grabag, Temanggung, Wonosobo dan Parakan)

Selain menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan dapat melihat sunrise, Anda dapat menikmati hamparan kerlap-kerlip lampu kota Magelang akan terlihat begitu cantik jika perjalanan dilakukan pada malam hari. Pemandangan seperti ini akan sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

4. Grojokan Kedung Kayang

Grojokan Kedung Kayang magelangAir terjun Kedung Kayang terletak diantara gunung Merapi & gunung Merbabu sekitar 3km dari gardu pandang Ketep pass, berada di 950m dari permukaan air laut yang letaknya diantara kabupaten Magelang dan Boyolali, sekitar 3km dari gardu pandang Ketep pass. Tinggi air terjun Kedung Kayang sekitar 40 meter. Air terjun yang berasal dari 4 mata air dari lereng merbabu ini memiliki debit air yang deras sepanjang tahun dan bahkan dimusim kemarau pun masih mengalir.

5. Rumah Kamera

Ruang Kamera Magelang
Wisata ini berada di Jl. Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Tidak mahal, masuk ke wisata rumah kamera ini, Anda hanya dikenakan tarif lima ribu rupiah per orangnya. Melihat tempat ini mungkin Anda akan berfikiran jika pemilik rumah adalah fotografer atau orang yang hobi dengan foto, namun tebakan Anda akan salah karena pemilik rumah ini adalah seorang pelukis.

Didalamnya terdapat lukisan karya pemilik tempat tersebut, Pak Tanggol. Lukisannya sangat indah dan detil sekali, gambar-gambarnya pun sangat menyentuh bagi para pengunjung yang melihatnya

6. Gunung Tidar

 Gunung Tidar Magelang
Gunung Tidar merupakan salah satu tempat wisata yang ada kota Magelang. Gunung ini unik karna lokasinya berada di tengah-tengah kota. Walaupun tidak terlalu tinggi, namun gunung ini cukup asik untuk didaki. Atau lebih tepatnya, pemanasan sebelum mendaki.

Gunung Tidar ini sering dijadikan tujuan wisata religi umat muslim yang tinggal di beberapa daerah di Jawa Tengah. Karna, di sekitar gunung ini terdapat beberapa makam beberapa kyai yang cukup berpengaruh di jamannya. Seringnya, orang-orang yang datang berziarah ke Gunung Tidar dalam sebuah rombongan yang jumlahnya cukup banyak

7. Candi Selogrio

Candi Selogrio MagelangCandi Selogriyo adalah sebuah candi peninggalan purbakala di Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang,Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 M, pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Perjalanan untuk mencapai candi ini menanjak karena harus menaiki tangga dan bukit.

Dalam perjalan Anda dapat menikmati lukisan alam Candi Selogriyo yang berupa hamparan sawah dan gunung yang sangat indah. Di sekitar candi juga dapatditemui beberapa arca seperti Arca Ganesha, Arca Durga, Arca Nandiswara, Arca Mahakala, dan Arca Agastya.

8. Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Rafting Sungai ElloCandi Umbul memiliki keunikan jika dibandingkan dengan pemandian air panas yang juga banyak terdapat di daerah lain. Sesuai namanya, pemandian yang terletak di desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini merupakan situs purbakala berupa candi yang dibangun di area sumber air hangat.

Sejumlah batuan situs berjejer di tepian kolam menggambarkan berbagai relief tumbuhan, binatang, dan stupa bagian puncak candi. Secara keseluruhan candi ini masih menampakan nuansa sejarahnya.

9. Rafting Sungai Ello

Rafting Sungai ElloSelain terkenal dengan Wisata candi, Magelang juga terkenal dengan wisata arung jeram. Terdapat dua sungai yang bisa menjadi alternatif pilihan dalam wisata Arung Jeram Magelang ini. Sungai Progo dan sungai Elo, masing-masing sungai dengan rutenya mempunyai karakter tingkat tantangan yang berbeda.

Tingkat pemula dapat dinikmati wisatawan yang tidak dapat berenang sekalipun, tidak memiliki pengalaman arung jeram sebelumnya atau anak-anak usia 8 tahun ke atas. Tingkat expert dibutuhkan skill khusus baik kemampuan berenang maupun self rescue dan telah mempunyai pengalaman berarung jeram sebelumnya.

10. Alun-alun magelang

Alun alun Magelang, wisata magelangAlun-alun Magelang dijadikan sebagai pusat Kota Magelang karena letaknya yang sangat strategis di tengah kota. Banyak sekali kendaraan angkutan kota dengan berbagai jalur melewatinya. Dari Alun-alun Magelang ini orang dapat menjangkau Pecinan atau Jl. Pemuda. Kawasan Pecinan merupakan salah satu kawasan pusat perdagangan di Kota Magelang, yang sudah ada sejak zaman pemerintah Kolonial Belanda. Di sekelilingnya berdiri banyak sekali pusat perbelanjaan dan tempat umum lainnya.

Untuk melengkapi perjalanan ke kota Harapan Magelang, Anda bisa memanfaatkan aplikasi mobile city Pesona Magelang, aplikasi berbasis mobile seputar daerah wisata di Kota Magelang. Aplikasi ini akan mempermudah Anda ketika ingin jalan-jalan di kota Magelang. Tidak hanya tempat wisata saja, namun juga kuliner, hotel, transportasi, dan lain sebagainya. Dan tak ketinggalan fitur yang memudahkan untuk jalan-jalan ke surga wisata di Magelang, yaitu fitur navigasi. Fitur yang memastikan Anda tak tersesat selama perjalanan. 

Jadi tunggu apa lagi? Ayo kunjungi surga wisata di Magelang dan jangan lupa Aplikasi Pesona Magelang untuk menambah kenyamanan perjalananmu!

build smarter city

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment