Masalah yang Dihadapi Saat Menyusun Masterplan TIK

Masalah yang Dihadapi Saat Menyusun Masterplan TIK

Blog.Gamatechno.com – Saat ini teknologi terus berkembang dan memainkan bagian integral di berbagai perusahaan dan instansi pemerintah. Trend era ini menunjuk ke arah yang berfokus pada integrasi pekerja, proses, dan teknologi yang akan berujung pada peningkatan mutu hasil pekerjaan.  Lebih jauh lagi, peningkatan mutu ini akan memberikan akses informasi yang lebih baik sehingga internal bisa membuat keputusan yang lebih baik pula. 

Beberapa tahun terakhir ini, banyak perusahaan yang semakin menaruh perhatian lebih pada penyusunan masterplan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ( BacaMengapa Tata Kelola TIK Harus Diterapkan di Daerah Anda ) . Namun, kenyataannya penyusunan masterplan TIK tidak selalu berjalan mulus. Selalu ada masalah yang muncul, terutama ketika masih berada di tahap awal. Berikut Gamatechno sajikan empat potensi masalah yang bisa muncul ketika menyusun masterplan TIK.

  1. Jajaran pimpinan masih belum sadar pentingnya memiliki masterplan

Tanpa tujuan, masterplan adalah sesuatu yang nihil. Sebab, Sebab, tanpa rencana yang berkelanjutan tidak akan ada langkah-langkah dan tahapan strategis, hasilnya tidak akan efisien. Di level ini, kehadiran jajaran pimpinan menjadi sangat penting. Di beberapa perusahaan, terutama yang baru merintis, masih ada pimpinan yang belum menyadari akan pentingnya melakukan penyusunan masterplan. Tanpa kesadaran dan strategi yang sinergis dari pucuk perusahaan, tidak akan ada sesuatu yang dihasilkan, akibatnya akan banyak keuntungan yang terbuang sia-sia.  

  1. Tidak mengerti bagaimana cara mengembangkan masterplan TIK

Masterplan TIK di perusahaan pasca era milenium baru adalah sebuah kewajiban. Namun, bidang ini cukup rumit untuk dilakukan secara mandiri karena melibatkan banyak aspek. Oleh sebab itu, tidak sedikit perusahaan yang tidak mengerti bagaimana cara mengembangkan masterplan TIK dari permulaan. Kalau tidak ada progres, masterplan yang ingin disusun pun hanya akan jalan di tempat atau bahkan tidak bekerja sama sekali. Cara mengatasi masalah ini akan berhubungan dengan poin selanjutnya.

  1. Mengembangkan masterplan tanpa bantuan profesional

Entitas profesional di bidang masterplan TIK adalah pilihan yang sangat tepat untuk memecah kebingungan yang ada. Pihak profesional yang dilibatkan tentu saja sudah paham betul dengan arah yang ingin dicapai oleh perusahaan. Maka, salah besar apabila perusahaan tidak melibatkan bantuan profesional dalam hal ini. Profesional dapat membantu perusahaan dalam menyusun masterplan secara optimal. Langkah ini akan bisa mewujudkan sistem masterplan TIK yang berkaitan langsung dengan kemampuan efisiensi serta kehandalan TIK yang dibangun. Keuntungan lainnya, jaringan masterplan TIK yang infrastrukturnya nampak kompleks bisa diurai dengan lebih mudah.

  1. Memilih jasa konsultan yang tidak berpengalaman dalam implementasi

Sebuah masterplan TIK harus bisa bersifat fleksibel dalam merespon pembaruan terbaru atau kemungkinan-kemungkinan lainnya yang bisa muncul secara dinamis dan cepat. Sampai di bagian ini, kesalahan yang bisa terjadi adalah memilih jasa konsultan yang tidak berpengalaman dalam hal implementasinya. Mengembangkan dan memperbarui konten di dalam sistem masterplan TIK membutuhkan waktu serta keputusan yang tepat dari konsultan pilihan. Maka, jangan pertaruhkan aset berharga masterplan TIK ke tangan yang tidak tepat. Namun pertanyaannya: apakah ada konsultan masterplan TIK yang sudah berpengalaman di Indonesia? Jawaban sederhananya: cukup banyak, salah satunya adalah Gamatechno. Gamatechno memiliki fokus pada pembangunan smartcity dan telah memiliki track record yang baik dalam hal penyusunan masterplan berbasis teknologi. ( Baca5 Hal yang harus anda perhatikan saat Memilih Konsultan IT

Itulah empat masalah yang sangat mungkin dihadapi dalam penyusunan masterplan TIK. Dengan masterplan TIK yang baik, maka akan berujung pada terciptanya kemudahan yang bisa dinikmati oleh seluruh pekerja di perusahaan maupun instansi pemerintah lain. Hasilnya? Produktivitas adalah hal yang pasti terjadi.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment