Sedang Memilih Konsultan IT Untuk Perusahaan? Perhatikan 5 Hal Berikut

Sedang Memilih Konsultan IT Untuk Perusahaan? Perhatikan 5 Hal Berikut

Blog.Gamatechno.com – Salah satu cara meningkatkan kinerja perusahaan adalah dengan memakai teknologi baru. Perusahaan yang sadar bahwa jaman semakin berkembang, akan terus mendorong tim IT agar melakukan inovasi dalam menciptakan teknologi tepat guna sesuai dengan kebutuhan pasar. Namun tidak hanya mengikuti pola pasar, teknologi baru tersebut juga harus disesuaikan dengan bidang usaha perusahaan.

Baca juga: Alasan Penting Perusahaan Anda Butuhkan Konsultan IT

Agar pemakaian teknologi baru tersebut bisa efektif dan efisien, perusahaan membutuhkan jasa konsultan IT. Konsultan IT akan memberikan arahan kepada perusahaan sesuai dengan kebutuhan. Namun, mencari konsultan IT yang tepat bukanlah sesuatu hal yang mudah. Perusahaan harus memperhatikan 5 hal di bawah ini agar tidak salah pilih konsultan IT.

1. Berpengalaman dalam Implementasi

Salah satu indikator keberhasilan seorang konsultan IT adalah mampu menyelesaikan berbagai kasus dengan sangat baik. Kasus tersebut bisa dilihat dari kacamata geografis maupun jenis permasalahan. Seorang konsultan IT yang berpengalaman dalam menangani kasus di berbagai daerah dengan jenis kasus yang berbeda, membuktikan bahwa konsultan tersebut memiliki komitmen yang tinggi, mampu mengelola data dengan baik, dan mampu merangkumnya menjadi produk IT tepat guna yang dibutuhkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

2. Memiliki Banyak Mitra Kerja

Produk IT tidak mungkin diciptakan sempurna dalam satu waktu. Konsultan IT yang baik pasti memberikan pelayanan pasca konsultasi. Pelayanan tersebut dapat berupa penanganan kesalahan yang terjadi pada aplikasi maupun keluhan dari perusahaan. Hal-hal kecil inilah yang secara tidak sadar justru membuat mitra kerja menjadi loyal terhadap konsultan IT tersebut. Banyaknya mitra kerja yang loyal itulah yang dapat dijadikan salah satu tolak ukur konsultan IT yang tepat bagi perusahaan Anda.

3. Terbuka untuk Memenuhi Kebutuhan Secara Spesifik

Perusahaan tentu mengharapkan konsultan IT yang dipilih mampu memberikan solusi terhadap permasalahan perusahaan. Bahasa lainnya, konsultan mampu memberikan solusi tepat guna dan dapat diimplementasikan oleh perusahaan. Namun diketahui pula bahwa kebutuhan perusahaan pada setiap bagiannya jelas berbeda. Jadi, alangkah baiknya mencari konsultan IT yang mau berpikir terbuka dalam mengidentifikasi permasalahan dan melibatkan semua entitas perusahaan yang berkepentingan untuk berkoordinasi. Hal tersebut jelas akan meningkatkan kinerja perusahaan karena setiap bagian akan merasa dibutuhkan oleh perusahaan.

4. Kualitas Portfolio

Nama lembaga tidaklah cukup untuk membuktikan bahwa konsultan IT tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Seorang konsultan harus memiliki pengalaman kerja atau pengalaman lapangan yang cukup sehingga ia mampu memberikan pandangan dalam menyelesaikan permasalahan. Perusahaan sebaiknya tidak mengambil konsultan IT yang baru saja lulus atau pakar dalam bidang IT. Akan jauh lebih baik ketika perusahaan memilih praktisi yang memiliki portfolio bagus misalnya pernah bekerja sebagai karyawan di perusahan besar yang memiliki kinerja bagus atau memiliki beberapa aplikasi yang diterapkan di berbagai wilayah. Hal tersebut untuk menghindari trial and error yang dilakukan oleh pakar maupun fresh graduate.

5. Punya Formasi Profesional

Apabila konsultan IT yang dimaksud berada dalam sebuah tim, pilihlah konsultan IT yang memiliki formasi professional. Tim yang professional pasti dapat menempatkan individu di dalamnya sesuai dengan kemampuan, pengalaman, dan passion yang dimiliki individu dalam tim. Bahasa lainnya, tim yang professional akan mampu mengkoordinasikan setiap tanggung jawab dengan baik. Hal tersebut akan mempermudah tim dalam menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien.

Hasil akhir dari konsultan IT tidak semata-mata berasal dari konsultan IT itu sendiri. Keberhasilannya merupakan sinergitas antara perusahaan dengan konsultan IT dalam komitmen, kerja sama, dan keterbukaan kedua belah pihak dalam pemenuhan kebutuhan dan pengoptimalan kemampuan. Jadi jangan sampai perusahaan Anda salah dalam memilih konsultan IT. Alih-alih mendapat teknologi baru yang tepat guna, investasi perusahaan Anda justru bisa hilang begitu saja.

Dapatkan konsultan untuk implementasi teknologi di perusahaan Anda dengan pengalaman implementasi lebih dari 10 tahun di sini. 

img: pexels.com

Leave a comment