Alasan Seorang PR Harus Mengulas Hasil Campaign

Alasan Seorang PR Harus Mengulas Hasil Campaign

Pada saat inilah pemilik bisnis UKM harus mulai berpikir tentang tahun-tahun kedepan dan target pertumbuhan untuk perusahaan mereka. Kampanye seperti yang dilakukan oleh seorang Public Relation atau PR memainkan peran penting dalam mencapai pertumbuhan bisnis UKM, khususnya saat ini di era pemasaran digital.

Mengevaluasi dan mengukur PR untuk kampanye pemasaran saat ini merupakan hal yang kompleks, terutama dengan pertumbuhan digital yang terus meningkat. Era digital menjadikan pengukuran yang tepat untuk tujuan kampanye PR lebih menantang. Maka, menjadi penting pula untuk melatih karyawan untuk menjadi ’akrab’ dengan teknik kampanye yang memadai. (Baca : Tips Pengelolaan Karyawan untuk Usaha Kecil Menengah )

Dua hal penting yang harus dipahami dalam evaluasi kampanye adalah hasil apa yang akan dicapai dengan terselenggaranya program tersebut? Dan bagaimana kampanye tersebut dilaksanakan? Beruhubungan dengan hasil apa yang dicapai, bisa dilihat dari sikap dan perilaku publik yang sesuai dengan tujuan, adanya perubahan kesadaran akan brand-brand tertentu, atau pemenuhan fungsi media lainnya.

Evaluasi harus tetap dilaksanakan karena:

1. Evaluasi harus dilakukan agar pemilik bisnis dapat fokus dalam usaha yang dilakukan.
2. Evaluasi juga menunjukan efektif tidaknya pelaksanaan kampanye, baik dalam tahap perancangan maupun dalam tahap pelaksanaan.
3. Evaluasi dapat memberikan kepastian mengenai penggunaan biaya.
4. Evaluasi bisa membantu pemilik bisnis untuk menetapkan tujuan yang realistis, jelas dan terarah.
5. Evaluasi dapat membantu akuntabilitas pelaksana kampanye.

Seringkali evaluasi dilihat sebagai sesuatu yang dilakukan pada akhir kampanye. Agar evaluasi benar-benar efektif dan benar-benar bermakna, evaluasi harus melihat proses dari awal sampai akhir. Kita perlu melihat kampanye sebagai proses yang berkelanjutan daripada sesuatu yang baru saja dilakukan di akhir kampanye.

Penting juga untuk mengevaluasi secara objektif dan akurat dari sebelum dan sesudah memulai kampanye. Ini karena pemilik bisnis selalu membutuhkan garis dasar untuk mengukur keefektifan kampanye. Karena alasan inilah pengukuran kampanye sebelum serta pengukuran sesudah kampanye harus selalu dilihat sebagai komponen vital dalam proses evaluasi.

Rahasia untuk evaluasi yang benar-benar efektif dalam PR adalah mengevaluasi setiap bagian dari kampanye tertentu secara bertahap. Ini mengarah pada kualitas evaluasi yang lebih baik dalam hal pengukuran. Ini juga akan mempermudah untuk mengidentifikasi bagian mana dari kampanye yang berfungsi dengan baik dan bagian mana yang tidak. Buatlah proses evaluasi yang mudah untuk dicermati dengan cara ini juga.

Anggapan umum yang masih ada saat ini di Public Relations adalah kecenderungan untuk berpikir bahwa semakin banyak liputan media yang diperoleh untuk kampanye, semakin sukses kampanye tersebut. Namun kenyataannya hal ini tidak selalu benar. Tingkat liputan media tidak selalu merupakan ukuran sebenarnya dari efektivitas kampanye hubungan masyarakat atau komunikasi. Tujuan sebenarnya dari setiap kampanye PR adalah untuk berkomunikasi secara berpengaruh kepada target audiens untuk membuat mereka bertindak, berperilaku atau berpikir dengan cara yang berbeda dari sebelumnya dan meningkatkan hubungan pemangku kepentingan.

Jadi poinnya adalah jika liputan media tidak menghasilkan target audiens yang benar-benar mengalami perubahan tindakan dalam kampanye komunikasi PR, justru akan menimbulkan pertanyaan, apakah kampanye tersebut benar-benar efektif? Karena alasan inilah evaluasi kampanye PR selalu jauh lebih dalam daripada sekadar mengumpulkan dan memantau tingkat liputan media. ( Baca : Digital Advertising untuk Brand anda)

Sangat penting untuk mengakui bahwa evaluasi memiliki biaya keuangan. Pelaku bisnis menganggarkan biaya kampanye PR tetapi apakah mereka menganggarkan secara memadai dan akurat untuk biaya mengevaluasi kampanye? Evaluasi secara khusus juga memiliki biaya. Waktu karyawan yang dihabiskan untuk evaluasi dan alat analitik yang digunakan untuk mengevaluasi dan mengukur kampanye.

Maka ada baiknya ketika ingin melakukan kampanye PR, selalu alokasikan biaya dari perkiraan anggaran kampanye untuk evaluasi. Dalam hal berapa biaya itu, tergantung pada panjang kampanye, kompleksitas apa yang harus diukur dan juga jumlah data yang akan dianalisis dan tingkat keahlian staf melakukan evaluasi.

Untuk mengevaluasi kampanye PR secara efektif, tujuan selalu perlu ditetapkan dengan jelas dan disepakati sejak awal. Gunakan cara cerdas untuk membantu pemilik bisnis dengan evaluasi kampanye ini. Tetapkan sejak awal tujuan khusus, tujuan terukur, sasaran yang dapat dicapai, tujuan yang relevan, dan batasan waktu. Menggunakan cara ini sebagai kerangka kerja dari awal kampanye akan membantu memastikan adanya komponen penting pada tahap desain kampanye yang dibangun untuk evaluasi yang lebih kuat dan efektif.

Leave a comment