Manfaat Open Data Untuk Pemerintah Daerah Indonesia

Manfaat Open Data Untuk Pemerintah Daerah Indonesia

Blog.Gamatechno.com – Semakin modern suatu era, artinya semakin banyak hal yang mesti diantisipasi secara cepat oleh regulasi pemerintah. Di cakupan pemerintah daerah, transparansi data melalui open data jadi hal dasar yang harus dilakukan. Harus ada aturan jelas yang bertanggung jawab terkait dengan cara pengumpulan dan penggunaan data yang ada.

Open data memberikan pilihan pada publik tentang ragam sektor yang ditawarkan oleh sebuah institusi. Modifikasi open data juga bisa menghasilkan suatu terobosan baru yang lebih efisien. Bukti nyatanya bisa dilihat dari Kanada yang terselamatkan dari penggelapan pajak senilai 3,2 miliar dollar Kanada karena menerapkan konsep open data.

Bahkan, saat ini penerapan open data adalah salah satu elemen vital dalam mewujudkan suatu daerah hingga bisa berpredikat smart city.

Sejalan dengan laporan dari Machina, disebutkan bahwa pihak berwenang harus transparan pada apa yang sedang, telah, dan akan mereka lakukan. Dalam hal ini, otoritas harus berani mewujudkan data sharing, melibatkan pihak ketiga, serta pemanfaatan data yang tepat guna. Open data memungkinkan semua pihak untuk sama-sama mengakses dan mengawasi semua data publik yang ada.

Dengan open data, sebenarnya pemerintah di daerah secara langsung maupun tidak langsung akan memperoleh banyak manfaat. Berikut Gamatechno rangkum 9 manfaat yang bisa didapat berkat langkah open data.

1. Transparansi dan kendali demokratis

Manfaat transparansi jelas akan diperoleh. Ini adalah landasan utama mengapa open data itu penting. Di sini publik bisa melihat bahwa pemerintah yang berkuasa memang bisa dipercaya, publik memperoleh haknya untuk mengakses data. Selain itu karena bersifat terbuka, pemerintah juga tidak bisa bersikap semena-mena. Akan timbul kendali yang demokratis.

2. Meningkatkan Partisipasi publik

Berkat sifat datanya yang terbuka, publik bisa pro-aktif. Kalau misal sudah bagus, apresiasi pasti akan muncul dengan sendirinya, termasuk pembaruaan data dan sebagainya. Begitu pun sebaliknya, kalau dirasa masih ada yang belum sesuai, publik bisa menyalurkan kritik yang membangun. Open data membuat pemerintah daerah dan masyarakatnya memiliki hubungan yang sehat karena merasa ada timbal balik sepadan.

3. Menguatkan Repositori Secara Mandiri

Berkat manfaat di poin pertama dan kedua, dengan berbagai masukan yang ada, otomatis open data ikut memperkuat sumber informasi yang tersedia. Daerah bisa memperkuat repositori secara mandiri. Produk dan jasa swasta yang lebih baik atau baru bisa di wujudkan dengan data hasil masukan tersebut.

Karena data menjadi milik publik, otomatis juga berimbas pada aspek ekonomi, terutama kualitas produk dan jasa swasta yang muncul. Berbagai data penelitian serta survei pasar terbaru bisa langsung dipilih dan dipilah untuk kemudian diimplementasikan pada unit usaha.

5. Melahirkan Inovasi Baru

Open data memungkinkan akses pada berbagai bidang secara lebih terperinci. Detail-detail ini ketika bisa diakses oleh orang-orang yang tepat, bisa melahirkan inovasi-inovasi mutakhir. Misalnya produk baru, gebrakan sistem transportasi alternatif, dan sebagainya.

6. Efisiensi layananan pemerintah

Dengan open data, akan banyak birokrasi serta langkah berbelit yang bisa dipangkas. Hal ini jelas bakal meningkatkan efisiensi dari layanan pemerintah itu sendiri.

7. Efektivitas dari layanan pemerintah

Ketika efisiensi telah dicapai, efektivitas bakal mengikuti. Open data membuat berbagi skema yang sebelumnya ditangani secara lamban menjadi lebih efektif.

8. Pengukuran pengaruh dari kebijakan-kebijakan

Melalui open data pula, kebijakan yang hendak atau telah dilaksanakan bisa segera diketahui tingkat pengaruhnya di level masyarakat. Tingkat kepuasan ini bisa menjadi pembelajaran dan bekal untuk kebijakan-kebijakan yang akan di ambil di masa mendatang.

9. Pengetahuan baru dari kombinasi sumber data dan pola-pola dalam volume data yang besar

Jangan bayangkan open data lingkupnya kecil, open data artinya berbagai data dari berbagai bidang ikut terbuka bagi publik. Banyaknya lini yang diikutsertakan ini bakal membuat publik merasakan manfaat yang sangat besar karena bisa mengelaborasikan data secara lebih baik. Jangkauannya mulai dari kebijakan, informasi ilmu pengetahuan, hingga hasil-hasil riset teranyar.

Itulah 9 manfaat mengapa open data penting diwujudkan. Tingginya kepedulian masyarakat saat ini terhadap keterbukaan informasi harus bisa direspons secara positif oleh pemerintah daerah masing-masing. Lagi pula, masyarakat yang pro-aktif justru akan membawa banyak keuntungan bagi semua pihak.

 

build smarter city

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment