Pantau Kondisi Ruas Tol Selama Mudik Dengan Aplikasi I-Toll

Pantau Kondisi Ruas Tol Selama Mudik Dengan Aplikasi I-Toll

Blog.Gamatechno.com – Bersilaturahmi dengan sanak saudara dan keluarga besar jadi prioritas bagi masyarakat Indonesia selama lebaran. Sejak berbulan-bulan sebelum lebaran, tiket kereta api untuk tanggal keberangkatan mendekati libur Lebaran telah sold out dibeli calon pemudik. Begitu juga dengan moda transportasi lain seperti pesawat terbang, kapal laut, maupun bus. Namun, tak hanya transportasi umum, banyak pula calon pemudik yang lebih memilih menggunakan transportasi pribadi untuk pulang ke kampung halaman.

Memilih mudik dengan transportasi pribadi menuntut persiapan yang lebih banyak. Salah satu yang perlu dipersiapkan pemudik adalah memastikan kondisi lalu lintas selama perjalanan.

Salah satunya yaitu informasi tentang jalan tol, karena mayoritas pemudik melewati jalan bebas hambatan ini. Padatnya jalan tol selama arus mudik ini perlu jadi hal yang diperhatikan oleh setiap pemudik. Tentu kita tak ingin bencana arus mudik tahun lalu di tol Brexit yang membawa puluhan korban karena kemacetan di tol terulang lagi bukan?

Untuk membantu pemudik ataupun pengguna jalan tol pada umumnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bekerja sama dengan Gamatechno meluncurkan aplikasi mobile “I-Toll”. I-Toll hadir untuk memberikan pelayanan lebih kepada pengguna jalan tol. Aplikasi I-Toll telah mulai dikembangkan sejak bulan Februari 2017 dan akan resmi dirilis pada 14 Juni 2017.

Informasi update langsung dari jalan-jalan tol di Indonesia

Kemacetan di Jalan Tol -ANTARA FOTO/ M Agung Rajas/ http://www.rappler.com

Dari sisi pengguna jalan tol, I-Toll merupakan aplikasi yang membantu pengguna jalan tol untuk mendapatkan informasi seputar kondisi jalan tol, seperti kemacetan, pantauan cctv, lokasi tempat istirahat, dan perkiraan waktu perjalanan. I-Toll juga membantu penguna jalan tol melaporkan kondisi dan situasi jalan tol melalui fitur laporan di dalamnya.

Dari sisi operator, I-Toll menjadi kanal penyebaran informasi secara real time, seperti saat terjadi kecelakaan ataupun kemacetan. Setiap informasi yang dikirimkan oleh operator tol dapat dipantau secara langsung oleh regulator tol. I-Toll juga menjadi feeder informasi seputar tol secara real time.  

Dari sisi regulator, I-Toll merupakan bentuk peningkatan layanan kepada pengguna jalan tol. I-Toll juga menjadi salah satu sumber data untuk menilai kualitas pelayanan operator tol kepada pengguna tol.           

Fitur Lengkap dari Live CCTV, Peta Lalu Lintas, Hingga sharing ke Social Media

Fitur CCTV realtime di Aplikasi I-Toll

I-Toll dilengkapi dengan beragam fitur yang bisa digunakan oleh pengguna jalan tol. Berikut ini merupakan fitur-fitur yang ada di I-Toll beserta fungsinya:

1.Peta Lalu-Lintas

Baca juga:  Rahasia Di Balik Fenomena Jasa Ojek Online yang Menjamur

Merupakan fitur yang menampilkan kondisi lalu-lintas di sekitar pengguna I-Toll. Informasi yang diberikan berupa pantauan langsung cctv dan lokasi Tempat Istirahat.

2. Bantuan Perjalanan

Merupakan sub-fitur yang digunakan untuk membantu pengendara dalam menentukan rute perjalanan terbaik, dan perkiraan waktu perjalanan Informasi bantuan perjalan disediakan oleh pusat dan analisis data milik BUJT.

3. Real Time Push Notification

Pengguna aplikasi I-Toll bisa memperoleh informasi seputar perjalan secara real time dari Command Center yang dimunculkan dalam newsticker.

4. Lapor

Melalui fitur ini, pengguna aplikasi I-Toll dapat mengirimkan berbagai laporan di perjalanan seperti macet, kecelakan, pemblokiran jalan, dan kondisi darurat. Laporan yang dikirimkan pengguna dapat dilengkapi dengan foto, teks, dan lokasi.

5. Seputar Tol

Melalui fitur ini, pengguna aplikasi I-Toll dapat membaca berita yang tersedia di dalam aplikasi.

6. Berbagi di media sosial

Pengguna I-Toll dapat membagikan pengalaman perjalanan mereka ke sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

7. Daftar Call Center

Fitur ini berfungsi untuk menampilkan informasi daftar call center pengelola jalan tol.

8. Waktu Perjalanan

Fitur ini berfungsi untuk menampilkan informasi estimasi waktu perjalanan dari setiap ruas tol secara aktual menggunakan teknologi analisa data dan License Platenumber Recognition (LPR).

I-Toll Siap Temani Perjalanan Mudik Aman Anda

I-Toll Aplikasi Resmi dari Badan Pengatur Jalan Tol Indonesia

Saat ini tercatat beberapa aplikasi serupa yang dukung informasi kepadatan jalan tol. Namun I-Toll sendiri hadir dengan keunggulan yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain. Berikut ini merupakan keunggulan I-Toll yang dapat dirasakan langsung oleh pengguna:

– Toll dapat memberikan pantauan CCTV di ruas tol secara real time di sepanjang jalur tol pulau jawa dan Makassar.

– Pengguna jalan tol mendapatkan informasi seputar tol secara  real time dari operator dan regulator tol.

– Pengguna jalan tol dapat mengirimkan berbagai informasi berisi kejadian di seputar jalan tol sehingga pengguna masyarakat terlibat dalam peningkatan kenyamanan, keamanan, dan kesalamatan di jalan tol.

– Penggunaan teknologi LPR dapat menampilkan perkiraan waktu perjalanan dengan lebih akurat.

Kedepannya Gamatechno akan terus berusaha melengkapi I-Toll agar semakin memberi manfaat optimal ke pengguna. Target kedepan akan ditambah lebih banyak lagi  live CCTV dari operator tol, penambahan fitur bantuan perjalanan yang lebih lengkap, tambahan perkiraan tarif perjalanan, hingga tambahan fitur penilaian kepuasan layanan tiap tol.

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan lupa install dulu aplikasi I-Toll sebagai pelengkap perjalanan mudik Anda. Dapatkan aplikasi I-Toll di link ini.

 

Baca juga:  7 Masalah Manajemen Bisnis Armada Taksi Ini Bisa Diatasi dengan Teknologi

 

Aplikasi mCity Gamatechno

One Comment

  1. wah baru tau saya kalauada aplikasi kayak gini, apa emang kurang dipublikasikan ya? Padahal bermanfaat banget

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*