Penerapan Smart City Indoensia

Smart City Indonesia: Inilah 7 Hal yang Terjadi dengan Adanya Smart City

Blog.Gamatechno.com – Ketika menyebut tentang smart city, pastilah yang muncul di benak adalah hal-hal yang bersifat modern, tertata, menyenangkan, dan sebagainya. Pada kenyataannya, hal itulah yang memang tujuan penerapan smart city. Ambil contoh Bandung di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil.

Bandung tampil tidak hanya sebagai sebuah kota modern namun juga artistik. Banyak taman yang bukan sekadar taman, masing-masing bertema sehingga peruntukannya pun beragam. Selain itu, ada ruang kontrol terpusat yang bisa mengamati kondisi di setiap lokasi, sehingga apabila ada masalah penanganannya bisa tanggap. Serta masih banyak lagi dampak positif yang hadir.

Berikut Gamatechno sajikan 7 hal yang mengalami perubahan sejak adanya smart city.

  1. Infrastruktur yang lebih baik

Smart city tentu saja membutuhkan sokongan infrastruktur yang berkualitas. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari fakta berbagai fasilitas publik menjadi lebih mudah diakses oleh semua pihak. Infrastruktur ini berhubungan langsung dengan mobilitas yang diharapkan. Perlu diingat pula bahwa infrastruktur tidah hanya terbatas pada pembangunan gedung. Namun juga perbaikan sistem transportasi lengkap dengan lajurnya, pembangunan infrastruktur teknologi yang akan mengintegrasikan berbagai lini pelayanan, hingga infrastruktur lain yang bisa dirasakan publik secara langsung.

  1. Semakin banyak kebutuhan tenaga ahli

Dengan keberadaan smart city, otomatis kebutuhan tenaga ahli jumlahnya semakin banyak. Berbagai fasilitas yang bersifat jaringan membutuhkan penanganan dan perawatan yang kontinu. Dengan hal ini, smart city sangat berperan dalam memperluas lapangan pekerjaan. Apalagi tenaga ahli di sini tidak hanya berperan dalam bidang pengembangan. Namun juga ikut berproses dalam mengikuti perkembangan zaman.

  1. Publik tahu kinerja pemerintahan

Transparansi adalah salah satu keunggulan dari terwujudnya smart city. Kinerja pemerintah bisa dilihat secara langsung —bahkan dikawal— oleh publik. Akuntabilitas ini merupakan kunci utama sehingga smart city berjalan di jalan yang seharusnya. Kehadiran publik akan menjadi kontrol kinerja pemerintah yang bersifat kontruktif sehingga semakin kondusif.

  1. Meningkatnya produktivitas dan pelayanan pemerintah

Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Kontrol dari masyarakat otomatis membuat standar kinerja masing-masing institusi menjadi semakin tinggi. Sekecil apa pun kesalahan yang dibuat, sedangkan publik bisa melakukan kroscek, bisa mehasilkan penilaian yang buruk. Dari sinilah kemudian smart city mendorong meningkatnya produktivitas dan pelayanan dari pemerintah. Apalagi jumlah pelayanan birokratis yang bersentuhan dengan publik tidaklah sedikit.

  1. Efisien dalam pengelolaan pemerintahan dan aset daerah

Penerapan smart city  memungkinkan pengelolaan yang lebih optimal. Efisiensi dalam pengelolaan pemerintah sekaligus inventarisasi aset daerah semakin mudah untuk dilakukan. Selain itu, sistem yang mengikat smart city juga bersifat fleksibel. Sehingga apabila sewaktu-waktu ada perubahan karena tuntutan perubahan zaman, antisipasinya bisa lebih cepat dilakukan.

Baca juga :  Solusi Smart Government Gamatechno

  1. Meningkatkan kualitas hidup warga

Smart city berorientasi pada kemudahan bagi setiap orang yang dilingkupinya. Termasuk dalam hal ini warga masyarakat. Keberadaan smart city akan meningkatkan kualitas hidup warga sebab berbagai infrastruktur yang dibuat hingga pelayanan lain berorientasi modern. Misalnya dengan kemudahan akses transportasi, tercukupinya kebutuhan dasar dan pendukung, hingga pembanguna yang mengedepankan kelestarian lingkungan.

  1. Partisipasi masyarakat aktif dan makin kritis dengan kinerja pemerintah

Smart city bukanlah kota pasif. Justru kota ini membutuhkan urun pendapat dari semua pihak. Baik itu pemerintah maupun masyarakatnya. Masyarakat bisa aktif memberikan masukan untuk membuat smart city semakin baik ke depannya. Pun apabila di perjalanannya nampak bahwa kinerja pemerintah tidak sesuai jalur, pendapat kritis juga bisa disalurkan.
Perubahan-perubahan berkat kehadiran smart city memang diarahkan untuk menjadikan kehidupan masyarakat yang semakin baik. Baik itu melalui integrasi sistem, efisiensi birokrasi, akses fasilitas, hingga peningkatan kualitas hidup warga. Tentu ke depannya akan ada penyesuaian-penyesuaian yang terjadi, smart city sudah disiapkan untuk menghadapi hal tersebut. Sistem smart city dibuat dengan memperhatikan perubahan zaman serta tidak mengesampingkan aspek lingkungan.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment