Penerapan Smart Tourism Dalam Pengelolaan Pariwisata Daerah

Penerapan Smart Tourism Dalam Pengelolaan Pariwisata Daerah

Blog.Gamatechno.com – Pemerintah meningkatkan target kunjungan pada tahun 2019 sebesar 20 juta wisatawan mancanegara. Jumlah tenaga kerja industri pariwisata juga ditargetkan naik dari 10,3 juta tahun 2014 menjadi 13 juta di tahun 2019.

Sebagai pengelola pariwisata daerah tentu ini jadi hal yang penting diperhatikan. Tingginya target ini memberi angin segar karena artinya pemerintah pusat fokus dukungperkembangan pariwisata daerah. Namun ini juga jadi pekerjaan rumah yang wajib diselesaikan dengan strategi yang tepat, agar target tersebut bisa terpenuhi.

Mengoptimalkan Industri Pariwisata dengan Sentuhan Teknologi

Indonesia merupakan negara dengan luas wilayah 1.905 Km2 yang terletak diantara dua benua dan dua samudera. Segala kondisi tersebut memberikan kekayaan alam dan potensi pariwisata yang beragam untuk Indonesia. Sehingga menjadikan peluang bagi Indonesia meningkatkan perekonomian melalui sektor industri pariwisata.

Kini, potensi wisata sudah banyak dikelola dengan baik dan menghasilkan pendapatan bagi masyarakat dan daerah sekitar. Namun apakah sudah bermanfaat maksimal? Pada era saat ini, merupakan suatu kewajiban untuk mengoptimalkan industri pariwisata dengan memanfaatkan teknologi. Apalagi ketika berbicara tentang smart tourism. Kata teknologi seakan menjadi hal yang selalu bersinggungan dengan konsep itu.

Besarnya pengguna gadget dan internet bisa dijadikan pintu masuk pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan peningkatan ekonomi daerah. Pada bidang pariwisata, selain fokus dalam perbaikan infrastruktur, peluang kemajuan teknologi dijadikan ujung tombak untuk mendongkrak nilai pariwisata daerah.

Bangun Smart Tourism untuk Peningkatan Taraf Ekonomi

Hadirnya teknologi dalam industri pariwisata telah menciptakan lingkungan baru dalam dunia pariwisata. Istilah populer yang merujuk pada kondisi tersebut adalah “Smart Tourism”. Smart Tourism merupakan salah satu pilar dari Smart City. Serta menjadi salah satu unsur penting dari Smart Economy. Smart Tourism didefinisikan sebagai platform pariwisata ICT terintegrasi. Platform tersebut mengintegrasikan peran teknologi informasi dalam memberikan informasi dan layanan yang efisien untuk wisatawan.

Smart Tourism memuat beberapa tujuan, pertama membuat data base terkait sumber daya pariwisata, didukung dengan perkembangan Internet of Things dan Cloud Computing yang berfokus pada peningkatan wisata melalui identifikasi dan pemantauan yang ada. Kedua, memajukan daerah destinasi wisata dengan inovasi industri pariwisata untuk promosi pariwisata, peningkatan pelayanan wisata dan manajemen pariwisata. Ketiga, memperluas skala industri pariwisata dengan platform informasi real time, mengintegrasikan penyedia jasa pariwisata dan peran masyarakat lokal.

Berdasarkan tujuan tersebut, jelas menyebutkan bahwa  membangun Smart Tourism mampu meningkatkan taraf ekonomi daerah.

Sebagai perusahaan yang fokus pada ICT, Gamatechno berupaya membangun Smart Tourism melalui beberapa tahapan. Salah satunya dengan konsep Government to Citizen (G2C) dalam pengimplementasian mCity. mCity merupakan salah satu platform promosi, informasi pariwisata, dan media pelayanan publik oleh pemerintah daerah kepada masyarakat. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi mcity.gamatechno.com

Code Heroes Merc

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*