Pentingnya Penggunaan Sistem Payroll dalam Manajemen Perusahaan

Pentingnya Penggunaan Sistem Payroll dalam Manajemen Perusahaan

Sebuah organisasi seperti perusahaan selalu memiliki sebuah sistem manajemen, salah satunya sistem payroll.  Sebuah software pasti sangat membantu operasional perusahaan tersebut, tak terkecuali dalam mengelola sistem payroll. Perusahaan yang besar membutuhkan karyawan untuk membantu menjalankan perusahaan tersebut, kemudian para pemilik perusahaan wajib mengatur payrollnya yang melibatkan para HRD (Human Resources Department). Payroll sendiri memiliki arti yaitu daftar gaji, tentu tidak hanya daftar gaji saja yang dicantumkan melaikan data-data karyawan juga. Pencatatan terkait payroll dengan cara manual akan dapat menghambat kinerja perusahaan tersebut dan bisa merugikan dalam kegiatan operasional perusahaan, walau tidak menutup kemungkinan masih ada perusahaan yang menggunakan cara manual. ( Baca : Panduan Lengkap Menyusun Laporan HR )

Pencatatan data secara manual jika hanya sedikit tidak akan terlihat kendala yang berarti, namun jika sudah banyak datanya akan sangat merepotkan baik bagi karyawan sediri maupun perusahaan. Manajemen perusahaan besar saat ini perlu Software HRD dan Payroll untuk membantu mengelola sistem payroll. Gamatechno tentu memili solusi tersebut dengan mengelurkan sebuah software untuk mebantu manajemen perusahaan terkait payroll yaitu gtHR.

Produk gtHR adalah sebuah software yang memberikan kemudahan dalam pengelolaan data karyawan, pencatatan proses mutasi, penilaian kerja, penyederhanaan pengelolaan gaji dan penghitungan PPh (Pajak Penghasilan) serta melakukan rekapitulasi kehadiran karyawan. gtEnterprise HR dibangun dengan tujuan agar pengelola perusahaan mengetahui kondisi karyawan dan pada akhirnya dapat mengambil keputusan yang tepat terkait dengan strategi SDM yang akan di terapkan pada perusahaan tersebut. Software  gtHR dirancang agar dapat mengelola database presensi karyawan, baik yang dilakukan dengan sistem barcode, fingerprint dan smartcard, dan kemudian mengintegrasikannya dengan sistem payroll karyawan. Kerumitan dalam penghitungan gaji dan mengetahui kapan karyawan habis kontrak, dapat diselesaikan dengan aplikasi ini. ( BacaAlasan Perusahaan Anda Butuh Software HRD dan Payroll )

Software ini tentu sangat penting dalam sebuah perusahaan, antara lain:

1. Hemat waktu
Sebuah software saat ini sangat membantu kebutuhan sehari-hari, seperti Software HRD dan Payroll. Perlu diketahui bagian HRD perusahaan dalam melakukan sistem payroll dengan cara manual, mulai menghitung kehadiran, gaji pokok, uang transport, uang makan, maupun bonus harus dihitung satu-satu dengan mengecek catatan-catatan yang ada. Cara manual ini harus sangat teliti, belum lagi jika ada kesalahan maka harus dicek kembali. Namun dengan Software gtHR dari gamatechno ini akan sangat menghemat waktu yang digunakan, karena proses perhitungan akan secara otomatis tersinkronkan seperti halnya untuk absen akan disinkronkan dengan sistem presensi perusahaan.

2. Hemat pegawai HRD
Software yang sangat membantu dan menghemat waktu ini berbanding lurus dengan jumlah pekerja yang terlibat. Pendataan dengan cara manual mengecek catatan-catatan memerlukan staf HRD yang banyak namun jika dengan gtHR ini jumlah HRD bisa semakin sedikit saja dikarenkan pekerjaan bisa dikerjakan dengan satu software dan akan diproses dengan cepat. Semakin sedikit karyawan HRD tentunya juga akan menguntungkan perusahaan tersebut.

3. Bersaing di era modern
Era modern saat ini tentunya bidang teknologi semakin berkembang, perusahaan yang menggunakan software yang membantu kegiatan operasional perusahaan akan berpengaruh dalan pencapaian target perusahaan. Perusahaan juga akan mengikuti perkembangan zaman sehingga bisa bersaing di era modern ini serta  siap menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

4. Mengurangi resiko ketidakakuratan
Pekerjaan yang dilakukan manual apalagi dengan data banyak akan sangat memerlukan tingkat ketelitian tinggi, sehingga jika ketelitian berkurang dapat mengakibatkan kesalahan dalam pendataan tersebut maka ketidakakuratan data pun terjadi dan dapat berakibat fatal. Software HRD dan Payroll dari gamatechno ini sudah dilakukan uji coba sebelum dikeluarkan sehingga data yang dikelola akan lebih akurat.

5. Mempermudah pelaporan
Software tentu telah terintegrasi dengan data-data penting yang terlibat secara detail, sehingga perusahaan dalam menyusun dan pengelolahan sistem pelaporan akan lebih mudah.

Itulah lima poin petingnya pengguna dalam menggunakan sistem payroll dalam manajemen perusahaan dengan Software HRD dan Payroll dari gamatechno yaitu gtHR. Tentu telah diketahui dalam kegiatan operasional perusahaan tidaklah mudah, seperti kegiatan payroll yang memerlukan tingkat ketelitian tinggi. Bantuan Softaware gtHR akan sangat membantu kegiatan sistem payroll berjalan dengan mudah, cepat, akurat sehingga akan sangat berdampak baik bagi perusahaan tersebut.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment