Metode Metode Pengukuran Produktivitas Karyawan

Metode Metode Pengukuran Produktivitas Karyawan

Produktivitas karyawan dalam sebuah perusahaan merupakan hal penting dalam sebuah penilaian kontribusi karayawan untuk perusahaan tersebut. Sedangkan arti produktivitas kerja adalah kemampuan menghasilkan suatu kerja yang lebih banyak daripada ukuran biasa yang telah umum (The Liang Gie,1981 : 3), dan menurut KBBI produktivitas adalah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu, daya produksi dan keproduktifan. Hanson dalam Swansburg dan Swansburg (1999), menyatakan bahwa produktivitas dapat diukur dengan menghitung jumlah jam kerja dan hasilnya per hari. Seorang karyawan yang memiliki tingkat produktivitas dalam berkerja yang tinggi pasti akan sangat menguntungkan bagi perusahaan, sebagai contoh perusahaan menjual produk dimana karyawan yang memiliki produktivitas tinggi dalam menjual produk perusahaan tersebut tentu dapat menaikan penjualan perusahaan dan tentunya menguntungkan perusahaan tersebut. Dimana beberapa perusahaan menerapkan bonus jika produktivitas yang dicapai karyawan melebihi dari target, ini juga menjadi motivasi bagi karyawan untuk selalu melakukan yang terbaik bagi perusahaan tempat mereka berkerja. ( Baca : Tips Jaga Karyawan Semangat Untuk Bekerja )

Mengetahui tingkat produktivitas karyawan perlu dilakukan sebuah pengukuran, umumnya pengukuran produktivitas kerja para karyawan dinilai dari kehadiran setiap jam, setiap harinya, dan hasil kerja yang didapat selama berkerja. Pengukuran produktivitas ini juga dapat digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan kembali tingkat produktivitas sebuah perusahaan.

Perhitungan penilaian produktivitas tidak bisa dilakukan sembarangan, ada beberapa metode yang harus diperhatikan. Metode tersebut antara lain:

1. Metode feedback 360 derajat
Metode feedback bisa dibilang metode yang efektif untuk mendapatkan ukuran produktivitas karyawan, dikarenakan dalam metode ini karyawan dapat menerima masukkan dari rekan kerja di kantornya bahkan bisa dari jabatan yang di atasnya maupun di bawahnya. Namun agar lebih efektif penilan sebaiknya dilakukan kepada rekan kerja yang sering berinteraksi langsung saat berkerja. Metode ini juga bisa menilai kebiasaan karyawan tersebut dari berbagai sudut pandang.

2. Metode manajemen dengan objektif
Metode ini mengukur produktivitas dengan cara yang menunjukkan penampilan karyawan yang berkontribusi terhadap target dan tujuan bisnis, dan karyawan harus diinformasikan dahulu target-target yang harus dicapai. Evaluasi juga dilakukan dalam kurung waktu tertentu agar dilakukan tindak lanjut selanjutnya atau evaluasi.

3. Metode pengukuran produktivitas secara kuantitatif
Metode ini mengukur produktivitas dengan cara menghitung hasil produk yang dihasilkan dalam kurung waktu tertentu, metode ini cukup sederhana. Hasilnya bisa dilihat dari produk yang dihasilkan dengan kualitas yang baik atau tidak, atau jika dalam sebuah perusahaan penyedia layanan jasa maka apakah karyawan dapat memberikan layanan yang baik atau tidak.

Metode-metode tersebut lumayan rumit, tetapi saat ini di era teknologi yang makin berkembang terdapat solusi untuk membantu perkerjaan tersebut agar lebih mudah. Gamatechno memiliki solusi tersebut dengan produk yang disebut gtERP. gtERP adalah kumpulan sistem informasi yang dibuat untuk memudahkan pengelolaan perusahaan secara lebih efektif dan efisien, dimanapun dan kapanpun. Produk gtERP memiliki tiga jenis yaitu gtHr, gtFinance, dan gtGA.

    gtHR adalah software yang memberikan kemudahan dalam pengelolaan data karyawan, pencatatan proses mutasi, penilaian kerja, penyederhanaan pengelolaan gaji dan penghitungan PPh (Pajak Penghasilan) serta melakukan rekapitulasi kehadiran karyawan. gtEnterprise HR dibangun dengan tujuan agar pengelola perusahaan mengetahui kondisi karyawan dan pada akhirnya dapat mengambil keputusan yang tepat terkait dengan strategi
  • gtGA adalah aplikasi untuk mempermudah proses pengelolaan administrasi pada sebuah perusahaan. Dilengkapi dengan fitur pengelolaan mitra kerja (vendor), penilaian vendor, penyederhanaan proses pengadaan (procurement), pencatatan surat masuk & keluar, pencatatan peminjaman fasilitas dan ruang, hingga pada pencatatan penerimaan invoice.
  • gtFinance adalah software untuk mempermudah pengelolaan anggaran, keuangan dan akuntansi di perusahaan. Fitur meliputi pengaturan anggaran (budget control), dimulai dari proses perencanaan, pencatatan penggunaan anggaran hingga pelacakan penggunaan anggaran (budget tracking). Software ini dilengkapi dengan fitur penjurnalan otomatis yang akan dapat mempermudah beban kerja akuntan dan bagian keuangan. Terakhir adalah laporan (standar laporan keuangan) dapat dikumpulkan dan ditampilkan dengan lebih cepat dan akurat.

Penilaian produktivitas yang akurat akan sangat menguntungkan perusahaan ditambah dengan batuan teknologi yang akan membantu perhitungan dengan cepat.

Yang Menarik Lainnya
Leave a comment