Alasan Penting Bisnis Anda Perlu Miliki Manajemen Perusahaan Yang Baik

Alasan Penting Bisnis Anda Perlu Miliki Manajemen Perusahaan Yang Baik

Blog.Gamatechno.com – Manajemen bisa dideskripsikan sebagai sebuah proses sosial yang melibatkan tanggung jawab untuk masalah ekonomi serta operasional perencanaan dan regulasi yang efektif suatu perusahaan untuk mencapai tujuan utama. Manajemen memiliki proses yang dinamis dan terdiri dari beragam elemen serta aktivitas. Aktivitas manajemen berbeda dari fungsi operasional yang dilakukan oleh bagian marketing, keuangan, dan sebagainya.

Ahli memiliki ragam pandangan tentang fungsi manajemen. Berdasarkan George dan Jerry, ada empat fungsi fundamental dari manajemen, antara lain: perencanaan, pengaturan, menjalankan, dan pengontrolan.

Sedangkan Henry Fayol menyebut bahwa fungsi manajemen adalah untuk memperkirakan dan merencanakan, mengatur, memerintahkan, serta mengontrol. Di pendapat lain, Luther Gullick memberikan penekanan pada: perencanaan, pengaturan, penanganan staf, pengarahan, koordinasi, pelaporan, dan penganggaran.

Dari banyaknya pendapat, yang umum digunakan adalah milik Koontz dan O’Donnel yang menyebut: perencanaan, pengaturan, penanganan staf, pengarahan, serta pengontrolan. Manajemen ini umum digunakan di perusahaan.

Manajemen perusahaan adalah ranah bercakupan luas yang menawarkan banyak kesempatan bagi individu dari beragam minat dan keahlian. Saat ini manajer perusahaan yang tahu bagaimana cara “menangani” perusahaan sedang dibutuhkan di banyak tempat di seluruh dunia.

Manajemen perusahaan merupakan proses membangun strategi, rencana, prosedur, hingga kebijakan yang mengarahkan sebuah bisnis ke kepentingan jangka pendek dan jangka panjang. Tentu saja hal ini memerlukan koordinasi antara aspek manusia, finansial, serta sumber daya material untuk mencapai tujuan organisasi.

Tujuan Manajemen Perusahaan

Tujuan dari manajemen itu sendiri tergantung dengan tujuan instiutusi. Sebenarnya tanpa manajemen pun tujuan masih bisa tercapai, tetapi tentu akan sangat susah. Dengan manajemen yang baik dan benar, sebuah organisasi dimungkinkan untuk merencanakan dan menyeimbangkan dengan sumber daya yang ada. Dan di bagian ini, manajemen sebenarnya tidak hanya bisa diterapkan di perusahaan namun juga kehidupan sehari-hari. Kalau dirumuskan dalam poin-poin spesifik, tujuan dari manajemen perusahaan antara lain:

1. Menjadi lebih efisien

Ada alokasi jam kerja yang digunakan setiap hari. Dalam manajemen, sebisa mungkin waktu yang dimiliki dimaksimalkan penggunaannya. Perusahaan mengharapkan karyawannya tidak menyia-nyiakan waktu yang dimiliki. Dengan kemampuan manajemen waktu yang baik, perusahaan mampu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

2. Membuat keputusan yang tepat

Keputusan yang diambil oleh perusahaan dapat membuat perbedaan antara berhasil atau justru menemui kegagalan. Oleh karenanya, pengambilan keputusan adalah target vital yang harus dimiliki oleh perusahaan supaya kinerjanya bisa baik. Dengan manajemen perusahaan yang baik, analisis keputusan bisa lebih komprehensif.

3. Memperoleh keuntungan yang lebih besar

Ketika poin pertama dan kedua sudah tercapai, hasil dari manajemen perusahaan yang baik biasanya berbading lurus dengan keuntungan yang bakal diperoleh. Banyak perusahaan yang sukses dan untung besar di dunia berkaitan langsung dengan kemampuan manajemennya.

Pada akhirnya, ketika Anda semakin berpengalaman dengan kemampuan manajemen yang dimiliki, Anda akan menyadari bahwa manajemen tidak hanya bisa untuk membantu menguntungkan suatu perusahaan. Namun juga bisa berdampak pada kehidupan sehari-hari lainnya.

Leave a comment